27 Desember Memperingati Hari Apa? Simak Disini!

Jika kamu ingin mengetahui di tanggal 27 Desember memperingati hari apa, maka kamu bisa simak pembahasan yang ada disini. Kami akan memberikan ke kamu pembahasannya secara detail ya. Untuk itu, jangan sampai lewatkan pembahasannya ya. Semua halnya ini sangat penting untuk diketahui lho.

Kalau kita perhatikan, di setiap tanggalan yang ada di kalender pastilah akan ada hari-hari peringatannya ya. Namun, di kalender memang tidak semua hari-hari atau peringatan yang ada ditulis. Hanya ada beberapa saja hari peringatan yang ditulisnya. Untuk itu, supaya kamu bisa mengetahuinya kami akan sampaikan ke kamu.

Di dalam artikel kami kali ini, nantinya akan memberikan ke kamu banyak informasi mengenai tanggal 27 Desember ya. Langsung saja simak pembahasan yang ada di bawah ini yuk. Jangan kamu lewatkan juga ya beberapa hal yang disampaikan disini.

27 Desember Memperingati Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional

27-desember-memperingati-hari-apa

Memang ya tahun 2022 ini sudah tidak terasa memasuki bulan desember. Bahkan hari ini saja sudah masuk ke tanggal 27 Desember ya. Dimana di hari ini berarti awal tahun sudah di depan mata. Untuk kamu yang memiliki libur panjang, pastinya kamu sedang menikmati liburan bersama keluarga dan orang-orang tersayang, ya.

Namun, tahukan kamu, di tanggal 27 Desember ini ada suatu peringatan untuk Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional. Hari besar ini merupakan hari yang diperingati untuk setiap tahunnya gitu ya. Namun, pastinya masih banyak kan ya yang belum mengetahui tentang Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional ini?

Kalau memang seperti itu, maka disini kami akan sampaikan ke kamu penjelasannya ya mengenai Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional ini. Akan ada banyak informasi yang penting terkait dari hari internasional ini. Langsung saja ya kita masuk ke pembahasannya ini.

Jadi, Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional ini adalah hari besar nasional yang ditetapkan oleh Majelis Umum PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Hari besar internasional ini pertama kali diperingati pada tanggal 27 Desember di tahun 2020, ya. Artinya memang hari besar nasional ini belum lama ditetapkannya.

Kamu tahu tidak sih kalau Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional ini ditetapkan karena salah satu penyebab yang mengharuskan hari peringatan besar nasional ini diadakan. Di tahun 2019, kan dunia pernah terkena wabah Covid-19 ya, dimana saat itu virus ini pertama kali dideteksi di Wuhan, China.

Di Wuhan, virus Covid-19 ini mewabah ke seluruh penjuru kota dan memberikan dampak kepada seluruh warganya. Virus Covid-19 ini menyerang bagian pernapasan dan kebanyakan orang yang terkena virusnya ini meninggal dunia. Oleh karena itu, latar belakangnya supaya bisa mencengah terjadinya kembali wabah tersebut. Selain itu juga, supaya bisa meningkatkan kesiapsiagaan terhadap epidemi ini ya.

Apakah Epidemi Itu?

27-desember-memperingati-hari-apa

Mungkin kamu masih bingung kan ya epidemi itu apa sih? Pasalnya kan dari tadi di pembahasan yang ada di atas selalu disebutkan ya. Untuk membuat kamu menjadi tahu dan paham tentang epidemi itu, kami akan sampaikan ke kamu pembahasannya secara mudah dan juga singkat ya.

Jadi, epidemi itu merupakan penyakit yang menular dan juga berjangkit secara cepat. Penyakit yang menular dan berjangkit dengan cepat ini bisa terjadi di daerah yang luas ya, tidak hanya di daerah yang padat saja gitu. Nah, peningkatan dari penyakit yang merupakan epidemi ini juga diatas normal.

Kan biasanya kalau penyakit yang bisa ditangani dengan cepat ini berjangkitnya dalam kurun waktu yang normal ya. Tetapi, kalau epidemi ini sudah masuk ke dalam peningkatan penyakit yang cepat dan juga secara tiba-tiba ya di suatu geografis yang tertentu gitu.

Untuk lebih memahaminya lagi, kami akan berikan contoh yang memang termasuk ke epidemi ya, yaitu penyakit Avian Influenza atau Flu Burung (HN51) yang pernah terjadi di negara Indonesia pada tahun 2012. Selain itu, penyakit Ebola yang pernah terjadi di Republik Demokratik Kongo pada tahun 2019. Atau penyakit SARS yang pernah terjadi di tahun 2003.

Tujuan Diadakannya Peringatan Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional

Dalam suatu keputusan yang diambil untuk banyak negara, pastilah akan memberikan banyak kebaikannya ya. Tidak hanya itu saja, pastinya juga nanti akan memiliki tujuan yang memang diharapkan bisa tercapai ya dari suatu hal yang sudah ditentukannya ini.

Seperti saja Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional yang sudah ditetapkan oleh PBB ini, dimana nantinya memiliki tujuan yang diharapkan bisa tercapai. Supaya kamu bisa mengetahuinya kami akan sampaikan ke kamu beberapa tujuan yang diharapkan dari Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional.

  • Bisa memperkuat untuk pencegahan dan juga memberikan edukasi untuk bisa menerapkan manajemen epidemi.
  • Diharapkan bisa meningkatkan kesadaran solidaritas dari berbagai penjuru. Baik antara individu, antara komunitas dan juga negara, dan juga organisasi-organisasi regional dengan organisasi yang ada di internasional.
  • Bisa meningkatkan tingkat kesiapsiagaan untuk mengatasi dan menangani epidemi yang terjadi.
  • Untuk menekankan pentingnya kerjasama antara negara-negara atau kerjasama internasional dalam melakukan penanggulangan epidemi.

Simak Artikel Yang Serupa :