Apa Yang Dimaksud Dengan Poster Menurut Para Ahli & Contoh

Poster sangat mudah ditemui di tempat-tempat umum, seperti jalanan, stasiun, terminal, rumah sakit dan sebagainya. Apa yang dimaksud dengan poster itu? Poster adalah semacam plakat berisi kata-kata ataupun gambar yang dipasang di tempat umum dengan tujuan untuk persuasi.

Persuasi berarti mengajak, menghimbau, bujukan dan tindakan sejenisnya yang bertujuan untuk meyakinkan serta mempengaruhi orang lain melakukan sesuatu. Dapat dikatakan juga bahwa arti poster adalah media pemberitahuan kepada orang lain yang berisi ajakan untuk melakukan sesuatu. 

Poster juga bisa berupa iklan yang isinya adalah ajakan kepada masyarakat untuk menggunakan suatu produk ataupun melakukan sebuah kegiatan. Misalnya, poster yang berisi himbauan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. 

Apa yang Dimaksud dengan Poster? Ini Kata Ahli

Apa yang Dimaksud dengan Poster Ini Kata Ahli

Jika mengacu pada penjelasan di atas, poster bisa berupa iklan komersial yang menawarkan suatu produk tertentu, tetapi dapat juga sebagai media untuk himbauan, kampanye dan sejenisnya, yang sifatnya non komersial.

Agar lebih memahami apa definisinya, simak pengertian poster menurut beberapa ahli berikut ini.

1. Menurut Arsyad

Menurut ahli yang bernama Arsyad, poster merupakan suatu media visual berbentuk 2 dimensi, yang berisi gambar ataupun pesan tertulis singkat, dimana tujuannya adalah sebagai alat untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu. 

Pesan-pesan tersebut disampaikan kepada masyarakat dengan tujuan agar bisa mempengaruhi dan memotivasi orang yang melihatnya. 

2. Menurut Sri Anitah

Pengertian poster menurut ahli yang bernama Sri Anitah yaitu gambar yang memadukan unsur-unsur visual, berupa gambar, garis ataupun kata-kata yang tujuannya untuk menarik perhatian orang. Poster juga digunakan untuk mengkomunikasikan pesan secara singkat.

3. Menurut Nana Sudjana

Poster adalah suatu perpaduan visual dari sebuah rancangan yang kuat, dengan menggunakan warna dan pesan. Tujuan poster adalah untuk menangkap perhatian orang-orang yang melihatnya agar bisa menanamkan sebuah gagasan pada ingatan orang-orang tersebut.

4. Menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud) memberikan pengertian poster yaitu suatu media yang terdiri dari lambang kata ataupun simbol yang sangat sederhana. Pada umumnya, poster berisi ajakan, anjuran ataupun larangan.

5. Menurut Arrie Widhayanti

Poster adalah plakat yang berupa gambar ataupun kata-kata yang dipajang di tempat-tempat umum, yang tujuannya adalah untuk membujuk, memotivasi maupun menarik perhatian orang lain. Pada prinsipnya, poster mirip dengan iklan, berupa pemberitahuan ide dan hal-hal penting bagi khalayak.

Poster mengandalkan perpaduan antara gambar maupun kata-kata untuk bisa mempersuasi orang lain.

Ciri-Ciri Poster

Ciri-Ciri Poster

Untuk bisa menjawab apa yang dimaksud dengan poster, kita perlu mengetahui juga apa saja yang menjadi ciri-cirinya. Ciri-ciri tersebut akan membedakan poster dengan bentuk media visual lainnya. Inilah beberapa ciri-ciri dari poster yang sebaiknya dipahami.

1.  Sederhana

Poster adalah media satu arah sehingga dibuat dengan memakai metode yang sederhana. Kesederhaan itu terlihat dari tampilan maupun ornamen yang digunakan dalam poster. Jika poster yang dibuat sulit dipahami oleh orang lain, artinya gagal dalam menyampaikan pesan.

Jadi, bisa juga diartikan bahwa sederhana yang dimaksud adalah orang-orang akan langsung paham apa pesan yang disampaikan ketika melihat poster tersebut. Dengan metode yang sederhana diharapkan orang yang hanya selintas saja melihatnya bisa langsung memahami pesannya.

2.  Menyampaikan Ide dan Memiliki Satu Tujuan Pokok

Poster digunakan untuk menyampaikan suatu ide tertentu, dan jika ide tersebut sudah sampai dan dipahami oleh masyarakat artinya tujuan telah tercapai. Hampir tidak ada satu poster yang berisi dua atau lebih ide sekaligus.

Contohnya, poster yang berisi tentang ajakan membuang sampah di tempatnya, maka jika orang sudah tidak membuang sampah sembarangan, artinya pesan tersampaikan dan tujuannya telah tercapai. 

3.  Berwarna

Tujuan dibuatnya poster adalah untuk menarik perhatian, maka sudah semestinya dibuat dengan warna. Jika diamati, dimana-mana poster selalu menggunakan warna-warna yang kreatif, sehingga siapapun yang melihatnya akan tertarik.

Jika pada zaman sekarang ini masih ada poster yang hanya memiliki warna hitam dan putih alias tidak berwarna, dapat dikatakan kuno. Poster yang tidak berwarna kurang efektir untuk menarik perhatian orang sehingga ide dan pesan sulit disampaikan.

4.  Mengandung Slogan

Ciri poster yang selanjutnya adalah harus mengandung slogan. Pada umumnya, poster mengandung slogan yang ditempatkan pada bagian akhir sebagai kata pamungkas. Poster akan terasa aneh jika tidak ada satupun slogan yang ada didalamnya.

5.  Menggunakan Tulisan yang Jelas

Kalau tulisan yang digunakan tidak jelas maka tidak bisa dikatakan sebagai poster. Bagaimana pesan dan ide yang ada pada poster bisa dipahami oleh orang lain jika tulisannya saja tidak jelas. Jadi, apa yang dimaksud dengan poster, salah satunya adalah dibuat dengan tulisan yang jelas.

6. Ada Motif

Apa yang dimaksud dengan poster, diantaranya adalah gagasan atau ide yang terdapat motif didalamnya. Ide dan gagasan yang ingin disampaikan itulah yang disebut sebagai motif. Pembuat poster akan menyertakan suatu motif tertentu baik secara tersurat maupun tersirat.

Motif yang ada tersebut akan dikembangkan menjadi sebuah ide dan diwujudkan melalui visualisasi pada poster.

7. Memakai Tulisan yang Variatif

Terakhir, ciri khas poster adalah menggunakan tulisan yang cukup variatif. Biasanya, dalam satu poster digunakan beberapa jenis tulisan atau font agar lebih menarik perhatian. Setidaknya satu poster dibuat dengan 2-3 jenis tulisan dengan ukuran yang juga bervariasi.

Tulisan dan ukuran yang variatif pada poster menunjukkan nilai estetika yang membuat orang ingin melihatnya. Jangan lupa gunakan pesan sederhana yang mudah dipahami oleh orang lain agar tujuan pembuatan poster bisa tercapai.

Pembuatan poster dilakukan dengan tujuan-tujuan tertentu, misalnya poster untuk para pelajar yang isinya memotivasi dalam pengajaran dan memotivasi agar siswa semakin giat belajar. Ide, gagasan, himbauan, ajakan dan sejenisnya sebisa mungkin berisi kreativitas.

Penggunaan poster cukup beragam, mulai dari informasi layanan masyarakat, informasi niaga, pendidikan, propaganda, kampanye, poster film, iklan komersial dan sebagainya. Informasi yang disampaikan melalui poster haruslah persuasif, tidak mengandung SARA dan sebagainya.

Apa Fungsi Poster? 

Apa Fungsi Poster

Pada dasarnya fungsi poster adalah untuk membuat siapapun yang melihatnya tertarik untuk membaca kemudian mengikuti ajakan, ide, gagasan, himbauan dan juga anjuran yang ada didalamnya. 

Desain poster yang dibuat warna-warni dengan tulisan yang variatif sudah sesuai dengan fungsi dari poster itu sendiri, yaitu untuk bisa menarik perhatian orang lain ataupun khalayak umum. Dengan desain yang bagus, pembuat poster berharap pembaca akan peduli dan memikirkan ide didalamnya.

Secara umum fungsi poster yaitu :

  • Sebagai media yang digunakan untuk menyampaikan informasi
  • Media untuk mempromosikan produk
  • Sarana untuk menuangkan kreativitas.

Kelebihan poster adalah lebih murah dibandingkan kalau harus memasang iklan melalui media, seperti koran, televisi, radio dan internet. selain itu, poster sifatnya fleksibel, artinya bisa dipasang di tempat-tempat yang sesuai dengan target.

Contohnya, poster berisi pesan untuk mencuci tangan dengan sabun dipasang di sekolah-sekolah, tempat umum, restoran, rumah sakit dan sebagainya. Poster yang isinya pesan untuk selalu rajin belajar bisa dipasang di kelas.

Sedangkan poster yang berisi iklan produk dipasang di tempat-tempat area publik, jalanan, daerah pemukiman, taman dan lain-lain yang sesuai dengan target pasarnya. Dengan penempatan poster yang tepat maka ide, gagasan, ajakan dan persuasi lainnya bisa diterima oleh target.

Tujuan Pembuatan Poster

Sudah sedikit dijelaskan bahwa poster dibuat dengan tujuan tertentu. Mengacu pada pengertian poster adalah media untuk menyampaikan suatu informasi, maka tujuannya adalah untuk memastikan apakah informasi didalamnya sudah dipahami dengan baik atau belum.

Apa yang dimaksud dengan poster tidak bisa dilepaskan dari apa yanng menjadi tujuannya yaitu : 

  1. Masyarakat bisa lebih mengetahui tentang kegiatan maupun acara yang akan diadakan. Contohnya seperti acara pameran, bazar, pekan olah raga, peringatan kemerdekaan, donor darah dan sebagainya.
  2. Membuat suatu jasa maupun produk dapat lebih dikenal oleh masyarakat dan mereka tertarik untuk menggunakannya.
  3. Mengingatkan kepada masyarakat tentang berbagai hal yang memang seharusnya dilakukan oleh target. Contohnya, poster gerakan cuci tangan dengan sabun untuk menjaga kesehatan, pentingnya menjaga protokol kesehatan dan lainnya.
  4. Menghimbau kepada masyarakat untuk menghindari hal-hal yang berbahaya dan bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain. Contohnya, poster untuk tidak mengebut di jalanan, poster untuk berhenti merokok, poster jangan membuang sampah sembarangan dan lainnya.

Komponen pada Poster

Komponen pada Poster

Kita sudah membahas banyak hal tentang apa yang dimaksud dengan poster, mulai dari pengertian, ciri-ciri, fungsi dan tujuannya. Poster bisa digunakan untuk berbagai kepentingan dan keperluan, baik komersial maupun non komersial.

Poster digunakan oleh perusahaan, organisasi, komunitas dan juga perorangan yang memiliki kepentingan untuk menyampaikan informasi, ide, gagasan, ajakan maupun anjuran pembuat poster. Agar bisa menarik perhatian orang, poster harus mengandung beberapa komponen berikut ini.

1.  Pesan

Hal utama yang harus ada pada poster adalah pesan ataupun informasi. Pada poster harus  terdapat suatu pesan yang akan disampaikan yang isinya menarik, informatif dan meyakinkan pemirsanya. Untuk menyampaikan pesan tersebut, poster dibuat dengan estetika yang bagus.

2.  Judul

Judul yang ideal pada poster adalah tidak lebih dari dua baris dengan menggunakan font setidaknya berukuran 48 point atau lebih besar. Judul tersebut dibuat dengan huruf tebal agar mudah dibaca orang dan menarik perhatian.

3.  Teks

Jumlah teks pada poster sebaiknya hanya terdiri dari 800 kata saja dan jangan sampai melebihi 1000 kata. Teks tersebut diatur sedemikian rupa agar tidak hanya berada dalam satu baris saja, melainkan dibuat menjadi beberapa bagian. 

4.  Grafis

Poster yang menarik disertai dengan grafis yang bagus. Grafis tersebut sebaiknya dimunculkan pada teks utama. Pemilihan grafis untuk poster harus dilakukan dengan seteliti mungkin agar menarik atensi. Pilihlah gambar yang beresolusi tinggi untuk digunakan sebagai grafis pada poster.

5. Layout atau Tata Letak

Komponen penting dalam poster adalah layout atau tata letak. Tata letak yang tepat akan menggambarkan tujuan dari poster tersebut. Beberapa alternatif tata letak pada poster misalnya kolom vertikal, berpusat pada grafis maupun bidang kontras.

Apa yang dimaksud dengan poster itu? Poster adalah semacam plakat berisi kata-kata ataupun gambar yang dipasang di tempat umum dengan tujuan untuk persuasi, yaitu ajakan, himbauan, anjuran, motivasi untuk meyakinkan orang lain agar melakukan sesuatu.

Baca Juga Artikel Lainnya: