Arti Worth It Itu Apa, Istilah Gaul Bahasa Inggris Viral

Ayovaksindinkeskdi. Id – Apa arti worth it? Kata worth it kini menjadi bahasa gaul bahasa Inggris yang viral di media sosial. Bahkan kata ini sering digunakan di kehidupan sehari-hari.

Worth it menjadi salah satu bahasa gaul yang berasal dari bahasa Inggris. Istilah ini sudah familiar di telinga warganet, terutama generasi millenials.

Bahasa Inggris kita menjadi bahasa yang banyak digunakan anak jaman now, untuk berkomunikasi dengan orang lain baik secara langsung atau melalui media sosial. Ada pula yang menyampurkan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris saat berbicara atau membuat postingan di media sosial.

https://www.ayovaksindinkeskdi.id/arti-worth-it-itu-apa-/
Ilustrasi. Arti worth it. (Canva.com)

Berkomunikasi dengan bahasa Inggris dan Indonesia kini seakan menjadi trend di kalangan anak-anak muda. Hal ini adalah sesuatu yang baik lantaran anak-anak muda membiasakan diri untuk bisa berbicara bahasa Inggris, yang memang menjadi bahasa Internasional.

Sayangnya, tak semua orang memahami maksud dari ucapan seseorang yang berbicara menggunakan bahasa Inggris atau campuran Inggris-Indonesia. Tak jarang anak-anak muda saat ini menggunakan istilah-istilah viral yang diselipkan saat berkomunikasi.

Salah satu istilah viral yang kerap digunakan adalah kata worth it. Meski sudah seliweran di media sosial, ternyata masih ada saja warganet yang bingung dan belum tahu apa arti worth it.

Untuk mengetahui arti dari worth it, Ayovaksindinkeskdi akan memberikan penjelasan mengenai arti worth it dan perbedaannya dengan worth dan worthy.

Arti Worth It Adalah

Wort it memiliki arti setimpal, pantas, sepadan, layak, atau cukup baik. Worth it dapat diartikan apa yang didapatkan setimpal dengan harga yang harus dibayar.

Kata worth it yang memiliki makna setimpal atau sepadan ini bisa digunakan untuk suatu barang atau produk, juga makanan dan minuman, yang dibeli dengan harga tertentu.

Setelah mencoba sesuatu yang dibeli, kamu akan menilai kualitas barang tersebut sepadan atau tidak dengan harga yang ditawarkan.  Jika menurutmu kualitasnya baik dan cocok dengan harga yang diberikan, maka bisa dibilang ‘Worth it’.

Sebaliknya, jika kualitas produk tidak baik dan harga yang ditawarkan tidak cocok, maka produk tersebut bisa dibilang ‘Not worth it’.

Contohnya:

A: Aku habis beli baju brand ini nih kemarin karena produk baru.

B: Eh itu kan mahal, gimana produknya worth it to buy  (layak untuk dibeli) nggak? Soalnya ada produk yang aku suka juga.

A: Kualitasnya bagus kok dan modelnya juga kekinian dan jarang ditemui dengan brand lainnya. Menurutku sih worth it to buy sih.

Apa Perbedaan Worth It dengan Worth dan Worthy?

Dalam bahasa Inggris, ada kata worth it, worth, dan worthy. Ingin tahu apa perbedaannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Arti kata worth adalah patut, berharga, dan layak. Kata worth bisa sebagai kata sifat dan kata benda. Worth it dan worth pada dasarnya sama.

Wort adalah kata sifat yang diikuti oleh kata benda. Kata it dalam worth it merupakan pronoun atau kata ganti dari kata benda. Sehingga worth it digunakan setelah kamu menjelaskan kata benda di awal kalimat.

Maksudnya adalah, saat menggunakan worth itu untuk menilai suatu benda, maka benda yang dinilai itu harus sudah dijelaskan dari awal.

Untuk mempermudah memahaminya, Ayovaksindinkes akan memberikan contoh, ‘I don’t want to buy this shoes. It’s not worth it’. Yang artinya ‘Aku nggak mau beli sepatu ini. Sepatu ini tidak layak’.

Sementara worthy juga bisa digunakan sebagai kata benda dan kata sifat. Kata worthy adalah kata sifat yang memiliki arti sesuatu yang layak untuk dihargai. Sementara worthy sebagai kata benda, yakni orang yang dihormati atau terpandang.

Kata worth it dan worth adalah jenis kata yang sama, dapat digunakan dalam situasi yang sama. Hanya saja, worth it atau wort harus diawali dengan kata benda terlebih dahulu.

Sementara worthy, bisa digunakan sebagai kata sifat dan kata benda, yang memiliki arti orang yang harus dihormati.

Demikian penjelasan mengenai arti worth it dan perbedaannya dengan worth dan worthy. Semoga membantu ya.

Baca Juga: