Jadwal Libur Nataru 2023 dan Tips Aman Pergi Liburan

Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sudah ditetapkan oleh pemerintah lewat SKB pemerintah. Jadwal libur ini dapat menjadi acuan bagi masyarakat yang ingin liburan. Berikut adalah tanggal dan jadwal Libur Nataru 2023.

Mungkin saat ini kamu dan keluarga sedang mempersiapkan segala sesuatu untuk pergi berlibur di penghujung tahun 2022 ini. Namun ada baik nya kamu mengetahui jadwal atau tanggal merah untuk perayaan Natal dan Tahun Baru 2023, untuk informasi lengkap nya simak ulasan di bawah ini.

Jadwal Tanggal Merah dan Libur Nataru 2023

Jadwal Libur Nataru 2023

Jadwal tanggal merah Natal dan Tahun Baru telah sudah diatur oleh pemerintah lewat SKB atau Keputusan Bersama, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Menteri Agama (Menag), dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 375 Tahun 2022, Nomor 1 Tahun 2022, Nomor 1 Tahun 2022.

Dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) pemerintah telah kembali meniadakan cuti bersama. Sehingga momen Natal 2022 hanya satu hari libur pada tanggal 25 Desember yang jatuh pada hari minggu.

Surat Keputusan Bersama (SKB) ini berisi tentang Perubahan Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Menteri Ketenagakerjaan, dan Reformasi Birokrasi Nomor 963 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021, dan Nomor 4 Tahun 2021 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022.

Menurut SKB 3 Menteri, cuti bersama Natal 2022 atau cuti bersama pada tanggal 26 Desember 2022 ditiadakan. Selain itu Hari Natal pada tahun 2022 jatuh pada tanggal 25 Desember 2022. Artinya tidak ada libur tambahan ataupun sebagai nya.

Begitu juga tidak ada cuti bersama di Tahun 2023. Karena, peringatan Tahun Baru 2023 jatuh pada tanggal 1 Januari 2023. Artinya, pada tanggal 2 Januari 2023 pekerja langsung masuk kerja tanpa ada libur tambahan.

Keputusan ini telah disetujui oleh Surat Keputusan Bersama Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Agama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1066 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022 dan Nomor 3 Tahun 2022 tentang cuti bersama dan Hari Libur Nasional.

Berikut ini Jadwal Tahun Baru 2023 dan cuti bersama Natal 25 Desember 2022

  • Minggu, 1 Januari Tahun Baru 2023
  • Minggu, 25 Desember 2022

Sebelum nya Menteri Koordinator Bidang Manusia dan Kebudayaan menyebut tanggal 26 Desember 2022 menjadi hari Raya Natal dan cuti libur bersama. Di sisi lain, jika masyarakat merencanakan libur setelah tahun baru maka sebaiknya memanfaatkan cuti bersama Tahun Baru Imlek.

Sementara itu berikut cuti bersama Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili jatuh pada Senin tanggal 23 Januari 2023.

  • Minggu, 22 Januari 2023 Tahun Baru Imlek 2574 Kongizli
  • Senin, 23 Januari 2023 Cuti Bersama Tahun Baru Imlek

Tips Aman Liburan Tahun Baru 2023

Tips Aman Liburan Tahun Baru

Untuk kamu yang ingin berlibur atau yang ingin berpergian liburan dengan kendaraan pribadi atau pun Transportasi lain nya. Berikut ini ada beberapa tips yang perlu kamu persiapkan agar liburan mu lancar, aman dan selamat sampai tujuan. Berikut simak tips nya di bawah ini.

1. Bawa Uang Tunai yang Cukup

Selama perjalanan tentu kita tidak akan tahu apakah selama perjalanan akan bertemu ATM atau tidak. Oleh karena itu kamu harus menyiapkan uang tunai yang cukup karena tidak semua toko bisa menyediakan mesin debit dan kartu kredit.

2. Bawa Makanan dan Minuman yang Cukup

Membawa makanan dan minuman yang cukup selama perjalanan itu juga penting. karena, kita belum tentu menemukan minimart, sehingga kamu disarankan untuk menyiapkan makanan ringan hingga makanan yang agak berat seperti roti dan bawa juga minuman yang cukup agar tidak terjadi yang tidak diinginkan di saat perjalanan jauh.

3. Tidak Melebihi Kapasitas

Agar kamu berkendara dengan nyaman dan selamat, hindari mengangkut penumpang dan barang melebihi kapasitas kendaraan. Jangan melebihi kapasitas penumpang, karena keselamatan penumpang yang menjadi taruhan nya.

4. Kondisi Tubuh

Ini bagian terpenting yang wajib disiapkan sebelum keberangkatan, kondisi tubuh juga perlu di perhatikan. Perjalanan panjang harus membutuhkan kondisi tubuh yang segar dan bugar. Pastikan kamu dalam keadaan yang fit sebelum perjalanan jauh.

5. Istirahat Jika Lelah

Perjalanan yang jauh dan macet sudah pasti akan sangat melelahkan saat menyetir, maka dari itu jangan terlalu memaksakan. Istirahat sejenak di rest area atau pom bensin terdekat. Apabila mengantuk akan membahayakan diri sendiri.

6. Baterai dan pulsa

Pastikan baterai ponsel atau alat komunikasi serta pulsa telepon kamu dalam kondisi cukup dan full. Karena di takutkan jika dalam keadaan genting telepon tidak dapat dipakai. Oleh karena itu sebaiknya kamu membawa powerbank untuk mengisi daya telepon.

7.Periksa Kondisi Mobil

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengecek kondisi mobil. Umumnya, sebelum kamu berpergian jauh sebaiknya cek keadaan mobil ke bengkel. Periksa bagian mobil pada mesin, oli, roda, rem, dll sebelum berangkat.

8. Hiburan

Macet adalah kondisi yang sangat membosankan saat dalam perjalanan yang jauh. Ada baik nya kamu memilah barang-barang apa saja yang sekira nya dapat menghibur dan dapat mencegah bosan saat di perjalanan jauh.

9. Pilih Waktu di luar Tanggal Merah

Di waktu-waktu libur tahun baru seperti ini, kita bisa memprediksi bahwa tempat wisata cenderung sangat ramai. Kamu bisa memantau kondisi dan tempat wisata yang ingin kamu kunjungi melalui media sosial. Kamu bisa memilih untuk mengambil cuti 1-2 hari untuk liburan di hari biasa.

10. Gunakan Kendaraan Pribadi

Agar liburan kamu aman sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Berpergian menggunakan kendaraan pribadi lebih aman daripada mengunakan kendaraan umum.

Kamu bisa menyewa mobil untuk liburan bersama keluarga dan teman. Jika kamu terpaksa menggunakan kendaraan umum seperti kereta dan pesawat maka tetap patuhi protokol kesehatan dan patuhi semua persyaratan yang ada.

Nah itulah tadi informasi penting mengenai Jadwal Libur Nataru 2023, Semoga dengan ini kamu jadi lebih siap lagi untuk menentukan jadwal keberangkatan kamu dan keluarga untuk pergi liburan.

Info Seputar Nataru 2023 Lainnya: