Cara Mudah Lolos Seleksi Berkas Rekrutmen BUMN 2023

Para pencari kerja kini sedang dimabuk euforia rekrutmen BUMN 2023. Simak cara lolos seleksi berkas rekrutmen BUMN berikut ini. 

Dibukanya rekrutmen BUMN 2023 menjadi angin sejak bagi para pencari kerja alias jobseeker

Kehadirannya amat ditunggu di tengah situasi badai PHK dan isu resesi yang membuat banyak orang ingin segera mendapat pekerjaan.

Pasalnya, bergabung di BUMN menjadi alternatif terbaik untuk bisa survive secara finansial. 

Para pegawainya akan mendapatkan jaminan kesehatan, jenjang karier, bahkan tunjangan dalam jumlah yang tidak sedikit. 

Kesempatan tersebut lantas tidak dapat disia-siakan begitu saja. 

Para pelamar harus membuat strategi bagaimana caranya agar bisa lolos hingga tahap akhir. 

Diketahui seleksi rekrutmen BUMN terdiri atas beberapa tes. 

Mulai dari seleksi berkas, tes online tahap 1, tes online tahap 2, TKB, wawancara dan tes kesehatan. 

Lantas, bagaimana caranya agar bisa lolos di seleksi pertama?

Tips Lolos Seleksi Berkas Rekrutmen BUMN 2023. 

seleksi-berkas-rekrutmen-bumn
seleksi-berkas-rekrutmen-bumn
  1. Menyiapkan berkas yang akan digunakan

Siapkan secara cermat berkas apa saja yang bakal dibutuhkan untuk melamar posisi di rekrutmen BUMN. 

Ada foto KTP, ijazah, transkrip nilai, pas foto, dan berkas-berkas pendukung lainnya. 

Seluruh berkas tersebut sebaiknya sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari, agar tidak ada yang terlupa. 

  1. Cari tahu ketentuan berkasnya

Ada beberapa berkas yang harus diinput dalam format pdf, sementara ada juga dalam bentuk jpeg. 

Selain itu, formatnya juga tidak boleh lebih dari 500 kb. 

Seluruh detail tersebut harus dikuasai penuh oleh para pelamar. 

Berkas yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan bisa diinput. 

Jika Anda merasa kesulitan, maka jangan ragu untuk meminta bantuan Google untuk mengubah formatnya. 

Bahkan Anda bisa menggabungan pdf dalam satu file sekaligus secara praktis. 

Intinya, harus banyak ide agar berkasnya sesuai kualifikasi. 

  1. Cari tahu sifat berkasnya

Pelamar harus memahami jika ada berkas yang sifatnya wajib dan tidak wajib. 

Berkas yang wajib biasanya ditandai dengan bintang merah kecil di atasnya. 

Sementara berkas yang tidak wajib, tidak akan disertai tanda khusus. 

Bahkan kini sudah ada tulisan wajib dan tidak wajib untuk setiap berkas yang bakal diupload. 

Dalam rekrutmen kali ini, berkas yang wajib adalah pas foto, KTP, ijazah, dan transkrip nilai. 

Sementara SKCK, surat rekomendasi dan dokumen pendukung masuk ke dalam kategori tidak wajib. 

  1. Pastikan sudah terupload

Pastikan seluruh berkas yang ada masukkan sudah terupload. 

Pasalnya, ada tombol khusus bertuliskan ‘upload’ per itemnya. 

Jika berhasil, akan tampak tulisan terunggah. 

Anda juga bisa mengecek ulang berkas yang sudah diunggah dalam kolom ‘preview’. 

Adapun jika Anda melakukan kesalahan, maka langkah yang bisa dilakukan adalah menggantinya dengan file yang benar. 

  1. Pastikan semua data terisi

Data keluarga, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan baiknya diisi secara semenarik mungkin. 

Pasalnya, lewat CV tersebut, Anda berkesempatan untuk menunjukkan kebolehan dan seluruh prestasi Anda. 

Hal ini penting mengingat saingan Anda bukanlah satu kota, melainkan seluruh Indonesia. 

Karena itu, harus ada terobosan baru dan pembeda dari diri Anda dengan kandidat lainnya. 

Harapannya, lewat CV yang menjual, para perekrut lebih tertarik dan meloloskan Anda untuk ke tahap selanjutnya. 

Tapi tetap ingat, isilah seluruh data secara jujur dan bertanggung jawab. 

Hal ini dilakukan demi mencegah adanya masalah yang tidak perlu di kemudian waktu hanya karena berbohong. 

Demikian cara agar lolos seleksi berkas rekrutmen BUMN Batch 2. 

Baca Juga: