Cek Bansos KTP 2023 Lewat HP – Sudah Cair Hingga 3 Juta

Untuk masyarakat yang ingin cek bansos KTP yang sudah cari di bulan ini, langsung saja cek caranya di bawah ini. Salah satu program yang dibuat oleh pemerintah untuk membantu rakyatnya adalah dengan mengadaakan program bantuan sosial atau bansos.

Ada beberapa jensi program bansos yang diberikan oleh pemerintah mulai dari PKH, BLT, BST, dan masih banyak lagi. Semua program bansos tersebut diperuntukkan untuk seluruh masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi terutama semenjam pandemi Covid-19 ini.

Dan beredar kabar bahwa sekarang ini bantuan sosial dari pemerintah sudah cari di bulan November ini. Masyarakat bisa mengecek apakah nama mereka terdaftar disana ataukan tidak melalui cek bansos KTP.

Kira-kira berapa nominal bansos yang didapat oleh masyarakat bulan ini? Untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai pembahasan cek bansos KTP ikuti terus pembahasan yang ada di ayovaksindinkeskdi.id.

Daftar Program Bantuan Sosial Dari Pemerintah

daftar-program-bansos-ktp

Salah satu cara pemerinta untuk mensejahterakan masyarakat adalah dengan mengadakan berbagai jenis program bantuan. Bisa kita rasakan sekarang ini semua bahan pokok dan juga barang-barang yang penting untuk hidup kita harganya sedang melambung naik.

Seperti yang baru ini berubah harganya adalah harga BBM yang sangat melambung naik. Perubahasan tersebut tentunya sangat dirasakan oleh masyarakat dengan kondisi ekenomi menengah ke bawah. Harga bahan pangan saja sudah melonjak harganya sehingga mengakibatkan perubahan yang signifikan dalam hal lainnya.

Untuk membantu meringankan beban masyarakat maka pemerintah kembali mengadakan program bantuan sosial yang dibagi menjadi beberapa jenis. Program ini diperuntukkan bagi masyarakat yang memang membutuhkan.

Buat kamu yang belum program bantuan sosial apa saja yang sudah disalurkan oleh pemerintah kepada masyarakat. Mungkin penjelasan yang admin ayovaksindinkeskdi.id berikan disini bisa membantu kalian untuk menambah informasi.

Bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah kepada seluruh masyarakat ini berupa bantuan dalam bentuk tunai dan juga non-tunai. Pertama, ada program PKH, BST atau bantuan sosial tunai, dan juga bantuan subsidi BBM. Untuk mengadakan program bantuan ini, pemerintah telah menyalurkan dana hingga triliunan.

Untuk nominal dana atau bantuan yang didapat dari setiap bantuan sosial ini berbeda-beda dan disesuaikan dengan jenisnya. Tidak semua masyaraat menerima banson ini karena hanya orang yang sudah memenuhi syarat lah yang bisa mendapatkan bantuan ini.

Kita sebagai masyarakat juga harus bijak dan jangan mengaku keluarga miskin hanya untuk mendapat bantuan padahal sebenarnya masih mampu. Biarkanlah program bantuan ini benar-benar diterima oleh masyarakat yang membutuhkan.

Syarat Dan Ketentuan Penerima Bansos Pemerintah

Sasaran utama dari progam bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah adalah masyarakat yang berada did alam ekonomi kurang mampu dibandingkan dengan yang lain.

Ada beberapa syarat dan juga ketentuan yang dibuat oleh pemerintah mengenai siapa saja masyarakat yang berhak untuk menerima bantuan tersebut. Yang jelas untuk para pegawai aparatur sipil negara mulai dari PNS, anggota POLRI, TNI, dan juga pegawai BUMN tidak boleh mengikuti program bantuan ini.

Semua penerima bantuan ini sudah di data melalui DTKS dan masyarakat yang merasa belum terdaftar, tetapi sudah memenuhi syarat bisa langsung mengajukan diri secara online maupun datang langsung ke kantor kelurahan setempat.

Dan yang pasti penerima bansos ini aadalah warga negara Indonesia ya yang sudah memenuhi seluruh persyaratan yang diberikan. Bagi siapa saja yang mereka berhak untuk menerima bantuan, tetapi belum pernah sama sekali mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah.

Maka silahkan ajukan diri karena itu juga merupakan hak kalian selagi kamu memang memenuhi seluruh syarat yang diberikan.

Tidak sulit kok persyaratan untuk mengajukan diri sebagai penerima bansos ini. Dan yang paling utama kamu bukan berasal dari keluarga mampu ya.

Beberapa Cara Cek Bansos KTP Dari Pemerintah

Jika kamu merasa sudah daftar menjadi peserta penerima bansos dan sudah mendengar kabr bahwa bantuannya sudah cair. Untuk memastikan kamu termasuk penrima bansos di bulan ini atau tidak, maka langsung saja cek bansos KTP. Hanya dengan menggunakan KTP saja kamu sudah bisa mengetahui hasilnya.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin cek bansos KTP ini baik melalui aplikasi maupun tanpa aplikasi. Dan caranya juga sama-sama hanya membutuhkan NIK yang ada di KTP saja.

Dengan cara-cara ini juga kamu bisa mengecek secara berkala apakah bansos yang sudah kami sebutkan di atas tadi itu sudah dapat dicairkan ataukah belum. Jadi, untuk kamu yang masih bingung mengenai cara cek penerima bansos itu bagaimana.

Jangan lewatkan pembahasan kali ini karena di bawah inia dalah penjelasan yang paling utama dan sangat sayang jika kamu lewatkan. Dari langkah berikut ini juga banyak cara hal yang bisa kamu dapat.

Apalagi untuk kamu yang baru pertama kali ingin cek bansos KTP karena baru saja mendaftar sebagai peserta penerima bansos. Dan jangan tunggu lama-lama maka simak cara lengkapnya melalui penjelasan di bawah ini.

Cek Bansos Menggunakan KTP Melalui Website Resmi

cara-cek-penerima-bansos

Pemerintah telah membuat website yang akan memudahkan masyarakat untuk cek nama penerima bansos atau mengecek apakah bantuan tersebut sudah cair atau belum.

Kamu tidak perlu pusing lagi kalau ingin memastikan kamu termasuk penerima bansos atau tidak. Karena dengan memanfaakan situs yang sudah tersedia di internet dan bisa diakses kapan saja.

Kalian dapat mencari tahu apakah kamu ataukah keluargamu atau orang terdekatmu mendapatkan bantuan sosial tunai, PKH, ataupun bantuan subsidi BBM dari pemerintah.

Tanpa perlu berlama-lama langsung saja simak berikut ini adalah cara cek bansos KTP melalui website dengan mudah dan praktis.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah buka website cek bansos di Google atau mesin pencarian yang serupa.
  • Atau kamu bisa pakai link website cek bansos https://cekbansos.kemensos.go.id/ berikut ini agar tidak perlu cari websitenya lagi.
  • Untuk cek penerima bansos, maka kamu harus perlu mengisi atau melengkapi semua pernyataan yang dibutuhkan.
  • Tentukan wilayah penerima manfaat. Mulai dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan juga desa.
  • Dalam memilih wilayah tersebut jangan sampai ada yang salah karena takutnya datamu tidak keluar padahal kamu adalah salah satu penerima manfaat.
  • Setelah semuanya sudah terisi, masukkan nama penerima manfaat. Tuliskan nama lengkap atau nama yang sesuai dengan di KTP ya.
  • Lalu tuliskan kembali kode unik yang tertera di layar ke kotak yang sudah disediakan.
  • Kalau semuanya sudah terisi maka kamu barulah bisa klik “Cari Data”.

Kalau kamu termasuk penerima manfaat atau BLT maka akan ada keterangan yang muncul di layar dan juga sebaliknya. Tidak susah kan untuk cek bansos KTP ini? Dan kamu bisa mengecek punya orang lain asalkan orang tersebut memang sudah mendaftar menjadi peserta penerima manfaat bansos dari pemerintah.

Cara Cek Bansos KTP Dengan Aplikasi

cara-mengecek-bansos-ktp-dengan apk

Ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk cek apakah bansos sudah cair atau belum. Atau ingin cek penerima bansos dengan KTP. Sudah tersedia aplikasi khusus yang dibuat oleh pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi mengenai bantuan sosial yang mereka berikan.

Aplikasi ini juga dapat kamu manfaatkan untuk cek penerima bansos beserta dengan data-data yang lainnya. Supaya kamu tidak bingung lagi mengenai cara untuk melihat apakah kamu termasuk penerima bansos atau tidak melalui aplikasi ini.

Pembahasan mengenai langkah-langkahnya sudah admin siapkan disini dan kamu tinggal ikuti saja caranya satu per satu. Pastikan kamu baca dengan baik apa yang kami jelaskan di bawah ini. Jika sudah paham maka barulah kamu bisa ikuti caranya.

  • Download aplikasi Cek Bansos di Google Play Store melalui perangkat masing-masing. Kalau sudah punya aplikasinya ya tidak usah unduh lagi.
  • Berikutnya buka aplikasi Cek Bansos yang sudah di download. Lalu di laman pertama kamu akan diminta untuk registrasi akun atau login.
  • Jika belum memiliki akun, maka silahkan buat akun lebih dulu.
  • Caranya adalah klik register lalu isi semua data yang dibutuhkan mulai dari nama, NIK, dan juga masukkan foto selfie ke dalam kolom yang tersedia. Lalu kamu akan diminta untuk buat username dan juga password.
  • Selanjutnya silahkan login kembali menggunakan username dan password yang sudah dibuat.
  • Kemudian pilih fitur “Search” dan cari data penerima bansos.
  • Silahkan cari apakah ada nama kalian tertera di dalam daftar tersebut atauka tidak.

Aplikasi Cek Bansos ini juga tidak hanya bisa digunakan untuk mengecek data penerima bansos atau tidak. Melainkan masyarakat juga bisa mengajukan usulan untuk menjadi peserta penerima manfaat bantuan sosial jika sebelumnya tidak pernah.

Cara Mencairkan Dana Bansos PKH

Apa langkah selanjutnya yang bisa dilakukan jika ternyata kamu adalah penerima manfaat dari bantuan sosial pemerintah? Tentu saja langkah berikutnya adalah kamu harus mencairkan dana bantuan yang diberikan.

Untuk proses pencarian ini tidak bisa dilakukan sekaligus karena pastinay penerima manfaat di wilayahmu itu banyak kan. Oleh karena itu, petugas nanti akan memberikan jadwal untuk melakukan proses pencairan sehingga tidak terjadi kerumunan.

Lalu bagaimana cara untuk mencairkan dana bansos ini? Untuk tiap program bantuan sepertinya ada tempat pencarian tersendiri yang telah ditentukan oleh pemerintah. Seperti bansos subsidi BBM ini proses pencairan bisa melalui kantor pos.

Masyarakat juga bisa mencairkan dana bantuan sosial tersebut melalui beberapa bank yang sudah ditunjuk oleh pemerintah, seperti BRI, BNI, dan yang lainnya, Untuk jadwal pencairan uang ini bisa kamu tanya langsung di bank terdekat ataupun di kantor kelurahan.

Dan untuk persyaratan yang harus dibawa biasanya hanya KTP dan juga surat pernyataan. Proses pencairan ini juga ada batas berlakunya dan untuk periode bantuan sosial yang sudah cair bulan ini.

Dana bisa dicairkan hingga akhir Desember tahun 2023 dan jangan sampai kamu melewatkannya ya. Mengenai nominal yang akan diterima bergantung dengan jenis bantuan sosial apa yang kamu dapat.

Pastikan kamu datang ke lokasi pencairan sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan ya.

Berapa Nominal Bansos PKH Bulan November 2023

Banyak nih yang penasaran dengan berapa jumlah nominal bantuan yang akan diterima oleh para penerima manfaat bansos. Mengenai nominal bantuannya itu berbeda-beda tiap kategori.

Untuk bantuan sosial subsidi BBM penerima akan mendapatkan uang tunai sebesar 600 ribu rupiah yang diberikan dalam jangka waktu dua kali. Dengan kata lain, satu kali pencarian adalah 300 ribu rupiah.

Kalau bantuan sosial tunai atau BST ini nominalnya berbeda lagi dengan bantuan subsidi BBM. Kamu bisa mendapatkan uang sebanyak 500.00 ribu rupiah pada saat pencairan. Dan untuk nominal bantuan yang berdasarkan kategori adalah PKH.

Tiap keluarga bisa mendapatkan bantuan PKH ini jika termasuk ke dalam kategori yang disyaratkan. Mengenai jumlah dana yang diberikan pun berbeda-beda. Adapun jumlah nominal bantuan sosial dari program PKH adalah sebagai berikut.

  • Bantuan untuk ibu hamil atau yang sedang dalam masa nifas adalah sebesar 750 ribu rupiah tiap tahap atau dalam satu tahun akan mendapat 3 juta rupiah.
  • Bantuan bagi anak usia dini sebesar 750 ribu rupiah dan dalam satu tahun total bantuannya sebesar 3 juta rupiah.
  • Bantuan bagi anak sekolah dasar, SMP, dan SMA adalah 225 ribu rupiah, 375 ribu rupiah, 500 ribu rupiah tiap pencarian yang dilakukan secara bertahap.
  • Bantuan untuk penyandang disabilitas adalah sebesar 600 ribu dengan jumlah bantuan dalam satu tahun adalah 2, juta rupiah.
  • Bantuan untuk yang lanjut usia sebesar 600 ribu rupiah tiap pencairan.

Ada kemungkinan satu keluarga anggotanya merupakan penerima manfaat sesuai dengan kategori tersebut. Namun, pemerintah memberikan batasan bagi satu keluarga yang bisa menerima manfaat sekaligus hanyalah 4 orang saja.

Cara Daftar Menjadi Penerima Bansos PKH

cara-daftar-jadi-penerima-bansos

Buat kamu yang belum terdaftar menjadi penerima bansos maka bisa langsung mengajukan diri Hal ini juga sudah diungkap oleh Menteri Sosial RI agar program bantuan sosial bisa diterima oleh masyarakat yang memang membutuhkan.

Bagaimana cara untuk mendaftar menjadi peserta penerima bansos PKH ini? Kamu harus mendaftarkan dirimu ke DTKS melalui beberapa cara. Silahkan simak cara yang akan kami sampaikan berikut ini.

Sebelum itu pastikan dulu kalau kamu memang sudah memenuhi syarat calon penerima manfaat dan jangan menyalahgunakan program ini ya. Supaya bantuan sosial yang disalurkan oleh pemerintah memang didapat oleh mereka yang membutuhkan.

Membuat Akun

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun terlebih dahulu melalui aplikasi cek bansos. Pembuatan akun ini bisa dilakukan dengan cara melengkapi data diri yang tertera disana, memasukkan nomor telepon dan alamat email, dan yang lainnya.

Pastikan email yang kamu masukkan itu aktif ya karena aplikasi ini akan mengirimkan pemberitahuan untuk aktivasi dan kamu harus menyetujuinya agar proses bisa dilanjutkan.

Mengajukan Diri Ke DTKS

Kalau kamu sudah membuat akun maka barulah bisa melanjutkan proses pengajuan diri melalui aplikasi itu juga. Sebelumnya kamu bisa login dulu menggunakan nama pengguna dan password yang sudah kamu buat sebelumnya.

Kemudian pilih menu Daftar Usulan dan tekan yang bagian Tambah usulan. Selanjutnya lengkapi semua data dan juga informasi yang diminta dengan jujur ya. Dan kamu harus memasukkan foto rumah tampak depan. Kemudian konfrmasi dengan cara tekan bacaan Tambah usulan.

Mengecek Data Penerima

Jika kamu sudah terdaftar menjadi calon penerima manfaat, maka kamu bisa mengecek apakah ada namamu di dalam data penerima manfaat ketika waktunya pencairan.

Nah, cara cek bansos KTP atau penerima manfaat bisa kamu lihat di pembahasan yang sebelumnya ya.

Semoga pembahasan ayovaksindinkeskdi.id bisa membantu kalian khususnya yang sedang mencari informasi tentang cek bansos KTP dan penerima manfaat PKH serta bantuan sosial lainnya.

Berita Terkait :

Originally posted 2022-11-11 22:49:41.