Pendaftaran Rekrutmen BUMN 2023: Berkas, Alur & Syaratnya

Pendaftaran rekrutmen BUMN Batch 2 akhirnya kembali dibuka. Simak berkas, alur dan syarat yang diperlukan berikut ini. 

Rekrutmen tersebut dibuka mulai 1-7 Desember mendatang lewat laman resminya rekrutmenbersama.fhcibumn.id. 

Hal ini praktis menyedot animo publik untuk segera berbondong-bondong mendaftar. 

Pasalnya, bisa bekerja dan menjadi bagian di BUMN merupakan impian bagi banyak orang. 

Berbagai benefit menggiurkan diberikan kepada mereka yang lulus seleksi bersama tersebut. 

Mulai dari jenjang karier yang jelas, gaji yang kompetitif, tunjangan, dan lainnya. 

Karena itulah, tidak heran jika para pencari kerja atau jobseeker mulai bergerilya, bergegas untuk mendaftar. 

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan untuk mendaftar rekrutmen BUMN? Simak ulasan lengkapnya berikut ini untuk Anda. 

Syarat Pelamar Pendaftaran Rekrutmen BUMN

pendaftaran-rekrutmen-bumn
pendaftaran-rekrutmen-bumn
  • Teridentifikasi sebagai warga negara Indonesia (WNI). 
  • Usia pelamar lulusan D3 maksimal 27 tahun, S1/D4 maksimal 30 tahun, dan S2 maksimal 35 tahun per 1 Desember 2023. 
  • Perolehan IPK mencapai 2,75. 
  • Berada dalam kondisi yang sehat jiwa dan raga, serta bebas narkoba. 
  • Bersedia untuk ditugaskan di seluruh Indonesia. 
  • Melampirkan SKCK dari kepolisian jika ada. 
  • Menyertakan dokumen pendukung seperti sertifikat keterampilan, penghargaan, dan rekomendasi kerja jika ada. 

Pastikan Anda telah memenuhi kualifikasi awal di atas. 

Selain untuk efisiensi waktu, hal ini juga untuk menghindari keributan yang tidak perlu di kemudian hari. 

Setelah itu, siapkan beberapa berkas yang bakal dibutuhkan. 

Berkas Pendaftaran Rekrutmen BUMN

  • Foto profil dalam bentuk jpeg, syarat ini bersifat wajib. 
  • KTP dalam bentuk pdf, syarat ini bersifat wajib. 
  • Ijazah atau surat keterangan lulus dalam bentuk pdf, syarat ini pun wajib. 
  • Transkrip nilai dalam bentuk pdf, ini juga wajib. 
  • SKCK, dokumen pendukung dan surat rekomendasi sifatnya opsional. 

Pastikan Anda telah menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan agar pada saat proses pendaftaran bisa berjalan lancar. 

Setelah itu, Anda perlu membuat lamaran secara online di laman resminya. 

Langkah Pendaftaran Rekrutmen BUMN

  • Mengunjungi laman resmi rekrutmen BUMN. 
  • Membuat akun terlebih dahulu dengan mengklik bagian ‘Register’. Anda akan dimintai alamat email dan password, harap isi dengan baik. 
  • Setelah itu, Anda perlu melakukan aktivasi email yang telah dikirimkan linknya oleh admin rekrutmen. 
  • Selesai aktivasi, maka selanjutnya mengisi seluruh CV menggunakan berkas yang sudah disiapkan. 
  • Isi secara perlahan dan berhati-hati mulai dari riwayat hidup, data keluarga, dan lainnya. Jangan sampai ada yang terselip. 
  • Pastikan semuanya sudah terisi dan lakukan review ulang. 
  • Jika sudah selesai, maka Anda simpan datanya dan mulai memilih lamaran. 
  • Klik ‘lamar sekarang’ di bagian lowongan yang sesuai dengan kualifikasi Anda. 
  • Lamaran selesai dan Anda diminta tetap menunggu update terbarunya. 

Perlu diingat, dalam rekrutmen kali ini pelamar hanya dapat mengisi satu lowongan saja. 

Karena itu, perlu pertimbangan matang-matang dalam memilihnya. 

Anda perlu memikirkan peluang agar bisa masuk ke perusahaan BUMN impian. 

Perhatian kualifikasi pendidikannya, persyaratannya, dan jumlah kuota yang tersisa. 

Pastikan Anda sudah sesuai dengan kriteria yang sedang dicari perusahaan. 

Selain itu, kuota juga terus bertambah setiap harinya. 

Anda perlu melangkah lebih cepat agar tetap kebagian kuota pendaftar. 

Jangan sampai karena terlalu lama berpikir dan menimbang, justru membuat Anda kehilangan kesempatan. 

Segera lamar sekarang juga dan mulailah berfokus untuk tes selanjutnya. Semoga bermanfaat ya. 

Baca Juga: