Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 48 Kuartal I 2023

Ayovaksindinkeskdi.idPendaftaran Kartu Prakerja kembali akan di buka pada kuartal I di bulan Januari 2023 ini. Denni Puspa Purbasari selaku Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksanaan Program Kartu Prakerja menyampaikan. Jika pendaftaran Gelombang 48 Program Kartu Prakerja akan di buka pada kuartal I bulan Januari 2023 ini.

Dalam waktu yang terpisah Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan. Program Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 48 Kuartal I 2023 akan di laksanakan secara Offline, Online dan juga Gabungan.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 48 (Januari 2023)

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 48

Bagi Masyarakat yang ingin menjadi peserta Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 48 Kuartal I 2023. Maka pada bulan Januari 2023 ini sudah bisa mendaftarkan diri, hanya saja belum ada tanggal pasti kapan Kuartal I Program Kartu Prakerja akan di buka.

Namun Masyarakat juga harus selalu aktif mencari berita informasi mengenai pembukaan gelombang ke 48 ini. Melalui situs atau di akun media sosial Kartu Prakerja @prakerja.go.id. Agar tidak ketinggalan informasi mengenai pembukaan gelombang ke 48 tersebut.

Kartu Prakerja sendiri adalah program pemerintah Indonesia yang dikeluarkan untuk memberikan bantuan pelatihan dan pendampingan bagi masyarakat yang ingin memperoleh pekerjaan atau meningkatkan keterampilan.

Program Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 48 Kuartal I 2023 ini ditujukan bagi masyarakat usia 18-35 tahun yang belum memiliki pekerjaan atau sedang mencari pekerjaan. Peserta yang terdaftar dalam program ini akan mendapatkan bantuan biaya pelatihan serta dana setelah lulus dari pelatihan yang diikuti.

Selain itu, program ini juga menyediakan fasilitas pendampingan bagi peserta untuk mempermudah proses pencarian pekerjaan. Program ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan masyarakat dan meningkatkan kesempatan kerja bagi para peserta.

6 Perubahan Skema Program Kartu Prakerja Tahun 2023

6 Perubahan Skema Program Kartu Prakerja Tahun 2023

Akan ada hal yang berbeda dari Program Kartu Prakerja di tahun 2023 dengan tahun – tahun sebelum nya. Hal ini di sampaikan di akun resmi media sosial Instagram @Prakerja.go.id.

Pada salah satu postingan dari akun media sosial tersebut mereka menyampaikan hasil Rapat Komite Cipta Kerja yang telah memutuskan untuk melanjutkan Program Kartu Prakerja pada Tahun 2023 (Triwulan Pertama) dengan Skema Normal (Bukan Bansos).

Skema Normal yang di maksud adalah Program Prakerja tidak lagi masuk ke dalam kategori Semi Bansos, jadi masyarakat yang merupakan penerima manfaat Bansos seperti PKH, BPUM, dan BSU dapat mengikuti Program Kartu Prakerja.

Berbeda pada tahun sebelum nya, pada tahun 2023 ini Program Kartu Prakerja akan menjalankan sistem pelatihan Offline yang mana nanti nya para pendaftar akan mengikuti pelatihan secara tatap muka secara langsung.

Namun pelatihan secara Offline ini hanya akan di mulai pada 10 Provinsi di Indonesia yaitu, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Bali, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan juga Papua.

Untuk lebih detail di bawah ini kami sudah merangkum 6 Perubahan Program Kartu Prakerja di Tahun 2023 yang berbeda dengan tahun – tahun sebelum nya. Berikut adalah informasi nya:

1. Program Kartu Prakerja Bukan Program Bantuan Sosial (Bansos).

Sejak awal di berlakukan nya Program Kartu Prakerja di tahun 2020 sampai tahun 2022 kemarin, Program ini menjalankan misi atau fungsi ganda yaitu sebagai “Program Peningkatan Kompetensi Angakatan Kerja” dan sebagai “Program Bantuan Sosial atau Semi Bansos“.

“Mulai bulan Januari tahun 2023 Program Kartu Prakerja hanya akan fokus kepada Peningkatan Kompetensi Angkatan Kerja saja”. Dengan kata lain Program ini bukan lagi program Semi Bansos.

2. Penerima Bantuan Sosial Saat Ini Dapat Mendaftar Program Kartu Prakerja

Seperti yang di utarakan pada Poin 1 di atas jika program ini bukan lagi program Semi Bansos, dengan kata lain Masyarakat yang menerima manfaat Bantuan Sosial (Bansos) seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dan juga Subsidi Upah (BSU) serta Bantuan Sosial lainnya Dapat mendaftar Program Kartu Prakerja.

3. Nilai Manfaat Menjadi Lebih Besar

Berbeda pada tahun sebelum nya, saat ini nilai manfaat dari Program Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 48 Kuartal I 2023 menjadi semakin tinggi yaitu sebesar Rp.4,2 Juta Rupiah. Namun biaya untuk pelatihan menjadi lebih besar dari pada insentif yaitu sebesar Rp.3,5 Juta Rupiah atau lebih detail nya sebagai berikut:

  • Total Nilai Manfaat Rp.4,2 Juta Rupiah.
  • Biaya Untuk Pelatihan Rp.3,5 Juta Rupiah.
  • Biaya Insentif Penggantian Transportasi dan Internet Rp.600 Ribu Rupiah.
  • dan Insentif Pengisian Survei Rp.100 Ribu Rupiah.

4. Terdapat Opsi Pelatihan Offline

Bagi peserta yang mendaftar Program Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 48 Kuartal I 2023, saat ini bisa memilih model pelatihan tatap muka atau Offline, namun belum seluruh wilayah bisa menggunakan opsi ini. Sampai saat ini baru ada 10 Provinsi yang bisa melakukan pelatihan Offline, yaitu:

  • DKI Jakarta,
  • Jawa Tengah,
  • Jawa Barat,
  • Jawa Timur,
  • Sumatera Utara,
  • Kalimantan Barat,
  • Bali,
  • Sulawesi Selatan,
  • Nusa Tenggara Timur,
  • dan juga Papua.

Daerah lain selain dari 10 wilayah di atas hanya bisa melakukan pelatihan secara Online, sedangkan bagi masyarakat yang berdomisili di 10 wilayah tersebut kini dapat memilih pelatihan Offline atau Hybrid (gabungan).

5. Pelatihan Online Tidak Lagi Berbentuk Video

Berbeda pada tahun lalu di mana peserta Program Kartu Prakerja yang mengikuti pelatihan Online hanya akan menonton video dari rumah, namun saat ini pelatihan Online akan menggunakan Webinar.

6. Waktu Pelatihan Minimal 15 Jam

Jika pada Program Kartu Prakerja di tahun sebelum nya memiliki waktu minimal pelatihan 6 Jam saja, maka pada skema baru ini akan di terapkan waktu minimal mengikuti pelatihan Program Kartu Prakerja hingga 15 Jam.

Standar waktu ini di terapkan agar masyarakat yang mengikuti Program Kartu Prakerja benar – benar bisa mendapatkan ilmu sesuai dengan minat yang di pilih masing – masing pelamar.

Nah itulah informasi mengenai Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 48 Kuartal I 2023 serta perubahan skema yang akan di terapkan mulai tahun ini. Semoga dapat bermanfaat untuk kamu dan sampai jumpa.

Informasi Menarik lainnya:

Originally posted 2023-01-15 03:13:39.