Cara Daftar Prakerja Lewat HP 2023 Android & iPhone Mudah

Cara daftar Prakerja lewat HP ini memang sedang banyak dibicarakan ya. Banyak sekali orang-orang yang ingin mendaftarkan dirinya tetapi belum mengetahui caranya. Untuk itu, ayovaksindinkeskdi.id akan sampaikn informasi secara lengkap mengenai cara daftarnya disini ya.

Memang di zaman sekarang ini, jika kita ingin mendapatkan suatu informasi kita akan semakin mudah mendapatkannya. Karena memang di dalam internet sekarang ini sudah banyak informasi yang disampaikan. Mulai dari berita-berita yang sedang viral sampai informasi mengenai program-program pemerintah ya.

Salah satunya saja seperti program Prakerja ini ya. Dimana banyak sekali orang yang ingin mendapatkan dan mengikuti program prakerja ini. Tentunya program ini memang sangat membantu bagi orang-orang yang membutuhkan pelatihan dan lainnya. Kamu juga ingin mengetahuinya kan?

Oleh karena itu, di pembahasan yang ayovaksindinkeskdi.id sampaikan kali ini, kamu akan mendapatkan banyak info-info penting yang selama ini kamu cari. Untuk itu, jangan kamu lewatkan pembahasan kali ini, ya. Semua bagian sama pentingnya, maka dari itu simak sampai selesai, ya. Oke?

Penjelasan Mengenai Program Prakterja

cara-daftar-prakerja-lewat-hp

Mungkin untuk kamu yang tadinya hanya mengetahui lewat obrolan-obrolan lewat begitu saja tentang program Prakerja ini, kamu ingin mengetahui lebih dalam kan ya tentang programnya ini? Nah, jika kamu ingin mengetahuinya lebih dalam, maka kami akan menyampaikan pembahasannya ini.

Memang sih ya, kalau kita lihat sekarang ini akan semakin banyak sekali orang-orang yang menginginkan ikut dalam program Prakerja ini. Karena memang akan mendapatkan banyak hal yang membuat kamu bisa lebih maju ke depan lho ya. Simak langsung yuk pembahasannya ini.

Jadi, Prakerja ini adalah program yang dibuat pemerintah dengan nama program Kartu Prakerja. Dimana program kartu Prakerja ini merupakan program yang dilakukan untuk mengembangkan kompetensi kerja dari sumber daya manusia di Indonesia.

Program Kartu Prakerja ini merupakan program yang sedang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan atau Kemnaker. Program Kartu Pekerja ini merupakan program yang memang dibuat khusus untuk para jobseeker atau orang yang sedang mencari pekerjaan ya.

Prakerja ini juga khusus dibuat untuk orang yang memang masih belum mendapatkan pekerjaan setelah lulus atau masih fresh graduate ya. Tetapi semakin kesini, program ini tidak hanya diajukan atau ditujukan untuk fresh graduate saja lho ya. Program ini juga bisa digunakan oleh orang yang mengalami PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja.

Kan di dua tahun belakangan ini, di Indonesia terdampak pandemi ya dimana banyak sekali tenaga kerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja atau PHK. Oleh karena itu, banyak sekali yang membutuhkan lowongan pekerjaan dan uluran bantuan dari pemerintah. Jadilah Kartu Prakerja juga bisa didaftar oleh korban PHK ini.

Dengan mendaftar ke dalam program Prakerja ini, nantinya kamu bisa mengikuti pelatihan-pelatihan yang dibiayai oleh pemerintah sebesar Rp1.000.000. Kamu bisa memanfaatkan pelatihan yang ada sebagai bahan membuka peluang usaha atau lapangan pekerjaan ya.

Selain biaya pelatihan, peserta dari Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif sebesar Rp600.000 yang akan diberikan berangsur. Jadi, total insentif yang akan didapatkan adalah Rp2.400.000.

Syarat Yang Harus Dipenuhi Untuk Mendaftar Prakerja Gelombang 48

Syarat-Yang-Harus-Dipenuhi-Untuk-Mendaftar-Prakerja-Gelombang-48

Untuk kamu yang ingin mendaftarkan program Kartu Prakerja ini, kamu nantinya akan mendapatkan beberapa syarat yang ditentukan. Iya dong ya, namanya juga kan untuk hal-hal yang resmi seperti ini. Pastinya nanti akan memberikan ke calon pendaftarnya beberapa hal yang harus dilaksanakan.

Pasalnya kan kalau ingin mendaftarkan kartu prakerja ini tidak bisa sembarangan ya. Kan program pemerintah ini tidak ingin disalahgunakan dan juga tidak akan menjadikan program ini sia-sia. Karena kan nantinya kalau semua orang bisa melakukan pendaftarannya dan tidak ada syaratnya, maka akan gagal programnya ini.

Akan menjadi sia-sia lah ya tujuan yang akan dilakukannya ini. Bukan kah begitu? Jadi, sebaiknya sebelum mendaftar kamu harus memahami dan mengetahi ya tentang syarat-syarat yang bisa kamu siapkan untuk melakukan pendaftarannya ini. Supaya kamu bisa melakukan pendaftarannya ini dengan lancar.

Oya, selain itu juga, di dalam proses pendaftaranya ini akan ada seleksi tentang berkas-berkasnya gitu. Untuk itu, kalau kamu mendaftar dengan berkas yang tidak lengkap, maka nantinya tidak akan bisa lolos ke tahapan yang selanjutnya gitu lho ya.

Bisa dibilang persyaratan ini merupakan tahapan yang harus kamu lakukan dengan benar, ya. Karena ini kalau di awal saja sudah tidak benar, maka hasilnya akan tidak lancar juga, ya. Langsung saja yuk kita sampaikan beberapa persyaratan untuk melakukan pendaftar Program Prakerja di bawah ini.

  • Pendaftar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki usia paling rendah 18 tahun.
  • Menyiapkan scan dari KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang dimiliki.
  • Pendaftar program Prakerja tidak sedang terikat di pekerjaan atau instansi formal lainnya. Seperti pendidikan atau lainya.
  • Tidak sedang menerima bantuan sosial akibat pandemi atau bantuan lainnya.
  • Bukan merupakan seorang pejabat negara, prajurit TNI, Polri, Pimpinan dan Anggota DPRD, kepala desa dan perangkat desa, karyawan BUMN dan BUMD.
  • Pendaftar merupakan buruh atau pekerja yang terkena PHK yang butuh peningkatan kompetensi kerja atau pelaku usaha kecil dan mikro.

Kriteria Orang Yang Bisa Mendaftarkan Program Prakerja

Kriteria-Orang-Yang-Bisa-Mendaftarkan-Program-Prakerja

Nah, seperti yang sudah kami sampaikan ya ke kamu kalau untuk mendaftarkan diri ke Program Prakerja ini harus memenuhi persyaratannya ya. Nah, untuk persyaratannya kan kamu sudah tahu ya apa saja yang dibutuhkan. Tetapi, untuk kamu yang memang ingin mengetahui informasi tentang deretan orang yang bisa mendaftarkan diri ini, maka disini jawabannya.

Untuk kamu yang memang tertarik kan ya untuk mendaftarkan diri ke dalam Program Kartu Prakerja ini, maka kamu akan bisa menyimak beberapa informasi mengenai deretan orang yang memang bisa mendaftarkan diri dalam program Prakerja ini, ya. Langsung saja simak deretannya ini.

  • Jobseeker atau orang yang sedang mencari pekerjaan.
  • Buruh atau pekerja yang memang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja dan sudah di rumahkan.
  • Pekerja yang bukan menerima upah atau gaji, seperti pelaku usaha mikro dan pelaku usaha kecil.
  • Buruh atau pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Jadi kamu sudah mengetahui kan ya kalau tidak semua warga negara Indonesia bisa mendapatkannya. Ada beberapa kriteria yang nantinya akan bisa mendapatkan Program Prakerja ini. Ingin mengetahui pembahasannya lebih lanjut lagi? Kalau begitu ya kamu bisa simak pembahasan yang ada selanjutnya ini ya.

Tata Cara Daftar Kartu Prakerja Lewat HP Mudah Dan Cepat

Kalau kamu sudah mengetahui tentang syarat-syarat yang bisa kamu penuhi untuk mendaftarkan diri ke Program Kartu Prakerja, kriteria orang yang bisa dapatkan program ini dan lainnya. Sekarang ini kamu sudah bisa melakukan pendaftarannya lho ya. Untuk mendaftarkannya kamu akan bisa melakukan banyak sekali langkah-langkahnya ya.

Untuk kamu yang ingin mendaftar, pastinya kamu akan berpikiran susah ya untuk mendaftarnya ini? Eits, tetapi kamu tidak seharusnya berpikiran seperti itu, pasalnya kan memang ya untuk melakukan pendaftarannya ini mudah saja hanya melalui situs online gitu. Kamu tidak perlu datang ke suatu tempat gitu.

Bahan untuk mendaftarnya bisa dengan menggunakan handphone saja lho ya. Bukan kah sangat menyenangkan ya untuk melakukan pendaftarannya ini? Kalau memang seperti itu, ya kamu bisa menggunakan langkah-langkah yang ada di bawah ini ya.

Cara Daftar Prakerja Lewat HP 2023 Untuk Membuat Akun

cara-daftar-prakerja-lewat-hp

Cara pertama yang akan bisa kamu lakukan ini adalah mendaftar program prakerja, ya. Untuk mendaftarnya ini kamu akan bisa melakukannya dengan mudah. Seperti yang sudah kami sampaikan ke kamu cara-caranya ini mudah sekali. Memang sih akan sedikit panjang ya, tetapi nanti akan mudah kok.

Kamu bisa langsung lakukan klik tentang apapun yang benar dan kamu juga bisa langsung memasukkan data diri yang sesuai dengan aslinya saja ya. Oke deh, kalau begitu langkah-langkahnya di bawah.

  1. Langkah pertama kamu harus membuka saja Browser yang kamu gunakan di HP.
  2. Kamu bisa langsung saja membuka situs https://www.prakerja.go.id/.
  3. Nanti kamu akan langsung diarahkan ke halaman utama, ya.
  4. Selanjutnya, kamu bisa memilih yang Daftar Sekarang.
  5. Kamu akan langsung dimintai data-data diri yang memang nantinya penting untuk program satu ini. Hal yang harus kamu masukkan adalah kata sandi, email yang masih aktif, dan nama lengkap.
  6. Klik saja tanda centang yang ada di pernyataannya.
  7. Kemudian, kamu bisa klik Daftar.
  8. Kalau sudah, kamu bisa mengecek kotak masuk email untuk dapat melakukan verifikasi email.
  9. Selesai, akun prakerja akan siap untuk digunakan.

Sangat mudah kan untuk membuat akun Prakerja di dengan menggunakan HP ini? Kamu bisa langsung terapkan ya supaya bisa mendaftarkan diri secara langsung di program ini.

Langkah Untuk Login Ke Kartu Prakerja Dengan Menggunakan Android

cara-daftar-prakerja-lewat-hp

Untuk kamu yang ingin melakukan login ke Kartu Prakerja, maka kamu bisa melakukan beberapa tahapannya ini ya. Untuk melakukannya kami akan sampaikan ke kamu langkah-langkah untuk cara daftar kartu prakerja di tahapan login ke kartu prakerja ini ya. Simak yuk langkahnya.

  1. Setelah membuat akun, maka kamu bisa membuka lagi situs https://www.prakerja.go.id/ ini ya.
  2. Selanjutnya, kamu bisa memilih icon titik tiga > Masuk.
  3. Nanti kamu akan diminta untuk memasukkan e-mail dan password yang ada di akun kamu.
  4. Setelah itu, kamu bisa lakukan verifikasi KTP ya. Kamu isi semua data-data yang dibutuhkan seperti NIK, Nomor KK (Kartu Keluarga), dan juga tanggal lahir kamu.
  5. Ketika sudah, klik Lanjutkan.
  6. Isi semua data diri sampai semuanya lengkap, ya di dalam Formulir Pendaftaran.
  7. Lakukan verifikasi KTP dengan cara Unggah e-KTP asli kamu.
  8. Kamu bisa masukkan nomor HP. Masukkan nomor handphone aktif.
  9. Kamu klik Kirim.
  10. Nanti akan langsung muncul kode verifikasi, ya.
  11. Kamu bisa masukkan kode OTP yang didapatkan tadi dan mengklik Verifikasi.
  12. Mengisi semua pernyataan dasar yang ada dengan benar. Kalau sudah klik Oke.
  13. Bisa langsung Verifikasi Status Pendidikan yang kamu miliki, ya.
  14. Langsung memulai Tes Kemampuan Dasar dan Motivasi.
  15. Setelah selesai melakukan tes, kamu akan mendapatkan hasilnya dan jika lolos, kamu bisa ikut pelatihannya.

Baca Artikel Lainnya :

Originally posted 2023-01-08 13:49:00.