Contoh Surat Izin Sekolah SD, SMP, SMA yang Benar (File Docx)

Untuk kamu yang memang ingin membuat surat izin sekolah, pastinya kamu membutuhkan contoh surat izin sekolah kan? Kalau begitu, kamu jangan khawatir karena disini kami akan berikan ke kamu contoh dari surat izin yang bisa kamu gunakan. Langsung saja simak yuk.

Kalau di suatu instansi pastinya kita membutuhkan surat izin untuk melakukan sesuatunya. Seperti saja di sekolah, nantinya kamu akan bisa membuat berbagai macam surat izin gitu kan? Kalau untuk melakukan hal apa-apanya gitu, nanti kamu akan bisa membuat suratnya gitu, ya.

Oleh karena itu, untuk kamu yang memang ingin membuat surat izin sekolah gitu, di bawah ini kami akan berikan ke kamu macam-macam contoh dari suratnya. Maka nanti kamu bisa melihat contoh dari suratnya tersebut. Supaya mudah dan tidak ada kesusahan lagi Oke?

Oya, tidak hanya contoh-contoh dari surat izin saja ya, tetapi juga nanti kamu akan bisa mendapatkan informasi yang penting dan harus kamu ketahui, ya. Langsung saja masuk ke dalam pembahasannya yuk. Jangan sampai ketinggalan, ya.

Bagian-Bagian Dari Surat Izin Sekolah yang Harus Diketahui

contoh-surat-izin-sekolah

Hal pertama yang memang harus kamu ketahui untuk membuat surat izin ini adalah bagian-bagiannya. Mungkin buat kamu yang baru pertama kali membuat surat izinnya ini, maka kamu belum sebegitu paham kan ya tentang bagiannya itu. Jadi, kalau kamu belum paham tentang bagiannya, nanti malah ada yang kurang lagi dari surat izin yang kamu buat.

Kan kalau kita ingin mengajukan surat izin gitu, kita haruslah memberikan surat izin yang memiliki bagian atau struktur yang lengkap ya. Kalau dari strukturnya saja belum lengkap, bagaimana kamu bisa membuat surat yang baik dan benar gitu. Jadi, bisa dibilang ya bagian atau strukturnya ini penting untuk diketahui, ya.

Nah, supaya kamu bisa mengetahuinya, kami akan berikan ke kamu beberapa struktur dan juga bagian-bagian yang ada di dalam surat izin sekolah ini. Karena memang seperti yang kami sampaikan strukturnya ini penting untuk diketahui, ya. Oke deh kalau begitu langsung saja simak strukturnya atau bagian-bagiannya.

Kop Surat

Kalau menulis surat, di awal suratnya pasti ada kop surat. Dimana kop surat ini merupakan salah satu bagian yang berisi nama instansi, logo instansi, alamat, nomor telepon/fax, dan juga kode pos. Nah, kamu bisa mengisikan semua data si pengirim di kop surat tersebut.

Namun, kalau misalkan kamu membuat surat yang tidak berasal dari instansi gitu, maka kamu nantinya akan bisa membuat Titimangsa, yaitu isinya tanggal dan juga tempat dimana surat tersebut ditulis, ya. Fungsi dari kop surat ini adalah untuk mengetahui siapa dan juga darimana surat ini dibuat.

Nomor Surat dan Perihal

Kedua, kamu nantinya akan mengisikan nomor surat dan juga perihal dimana di dalamnya berisi nomor surat, nama instansi, kode surat dan juga tahun yang sedang berjalan. Selain itu, nanti ada juga perihal dari surat yang dikirimkan tersebut. Jadi, kan nantinya akan jadi lebih lengkap ya informasi suratnya tersebut.

Isi

Kalau bagian yang ketiga ini merupakan bagian yang harus ada lho ya di dalam surat. Jadi, di dalam surat nantinya kamu akan berisi pembukaan, isi dan penutup, ya. Jadi, nanti di dalam suratnya ini kamu akan bisa menemukan isi-isi surat yang akan disampaikan oleh si pengirim.

Identitas dari Pengirim Surat

Di suatu surat yang dibuat, nantinya kamu akan bisa menemukan identitas si pengirim surat ya di bagian paling bawah. Jadi, kalau kamu ingin membuat surat yang baik dan benar, maka kamu harus meletakkan identitas dari pengirim suratnya, ya.

Nah itulah struktur atau bagian dari surat izin sekolah yang akan bisa kamu ketahui. Kalau kamu sudah mengetahui struktur atau bagiannya ini nanti kamu sudah bisa langsung membuat surat izin dengan baik dan benar, ya. Oleh karena itu, kamu pahami terlebih dahulu, ya bagiannya. Selanjutnya kamu bisa ketahui cara buatnya, ya.

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Benar

contoh-surat-izin-sekolah

Setelah mengetahui struktur atau bagian dari surat izin sekolah yang nantinya akan dibuat, tentunya kamu harus tahu cara membuat surat izinnya ini ya. Untuk membuat surat izin sangatlah mudah kalau kamu sudah mengetahui caranya dengan jelas. Memang sih akan memberikan ke kamu sedikit pr untuk berpikir, ya.

Tetapi, ya kalau kamu memang sudah paham benar-benar tentang struktur dan juga caranya maka disini kamu tidak akan merasa kesulitan lagi lho ya. Bisa langsung simak saja pembahasannya di bawah ini, ya. Ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat surat dengan mudah.

  1. Kamu harus membuat tanggal penulisan suratnya terlebih dahulu yang bisa diletakkan di kanan atas atau kiri atas.
  2. Untuk membuat surat izin sekolah, kamu akan langsung tuliskan tujuan, yaitu wali kelas siswa tersebut.
  3. Langsung membuat salam pembukanya.
  4. Tuliskan kembali nama siswa dan juga alamat dari siswa. Biasanya akan ditempatkan di bawah salam pembuka.
  5. Kemudian, kamu tuliskan isi dari suratnya, yaitu alasan mengapa siswa tidak bisa masuk ke sekolah.
  6. Di paragraf paling akhir, kamu nantinya bisa tuliskan salam penutup.
  7. Langsung masukkan nama si pengirim dan juga tanda tangan dari pengirim surat.
  8. Selesai.

Itulah cara membuat surat untuk izin sekolahnya, kamu bisa langsung membuat surat izinnya dengan menggunakan cara-cara yang ada di atas tadi, ya.

Beberapa Contoh Surat Izin Sekolah Untuk SD, SMP, SMA Singkat

Setelah mengetahui bagian dari isi surat dan juga cara untuk membuat suratnya tersebut, maka kamu bisa langsung membuat suratnya, ya. Namun, untuk membuat surat tersebut, nantinya akan bingung ya kalau belum melihat referensinya gitu. Siapa nih yang memang seperti itu?

Kalau kamu memang salah satu orang yang suka susah untuk membuat sesuatu tanpa melihat referensi terlebih dahulu, maka disini kami sediakan ke kamu contoh-contoh yang bisa kamu lihat untuk surat izin sekolahnya. Untuk itu, langsung saja di bawah ini ada contoh yang bisa kamu lihat dan menjadi referensi, ya.

Download surat izin sekolah dalam bentuk file word .docx –> Download Disini

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Ada Kepentingan Keluarga

Salah satu surat izin yang memang banyak dicari-cari oleh orang tua untuk membuat surat izin adalah surat izin kepentingan keluarga. Kan terkadang kita mengalami kepentingan keluarga yang mendadak, ya sehingga ana-anak tidak bisa mengikuti pembelajaran seperti biasanya.

Oleh karena itu, kamu bisa membuat surat keterangan atau surat izin ke sekolah supaya pihak dari sekolah juga bisa mengetahui dan absen di anak tidak kosong. Untuk itu, di bawah ini ada contoh untuk surat izin karena ada kepentingan keluarga, ya.

Bandar Lampung, 18 November 2022

Perihal : Permohonan Izin Sekolah

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru Kelas <kelas siswa>

<Nama Sekolah Siswa>

di Tempat

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, Kami yang bertandatangan di bawah ini dan selaku orang tua dari :

Nama : <nama siswa yang sakit>
Kelas  : <kelas siswa yang sakit>

Ingin menyampaikan bahwa siswa yang bernama di atas, tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran yang diadakan seperti biasanya dikarenakan sedang ada keperluan keluarga yang mendesak. Terhitung dari tanggal <surat dibuat sampai tanggal yang telah ditentukan>.

Demikian surat yang kami buat dan untuk digunakan sebagaimana mestinya. Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak/Ibu guru atas perhatiannya. Semoga Bapak/Ibu bisa memakluminya.

Hormat Saya

<nama orang tua siswa>

Contoh Surat Izin Sekolah Tulis Tangan Karena Sakit

Nah, kalau yang satu ini, nantinya kamu juga bisa membuat surat izin sekolah untuk anak yang sedang sakit. Kamu bisa membuat surat izin dengan tulis tangan saja, ya. Mungkin kan kamu tidak sempat untuk membuat surat yang diketik gitu, maka kamu nantinya akan bisa menulis tangan saja suratnya.

Untuk membuat suratnya, kamu bisa melihat contoh format dari surat izin sekolah dengan menuliskan format di bawah ini. Langsung saja simak contoh dari surat izin sekolah karena sakit di bawah ini.

Bandar Lampung, 18 November 2022

Perihal : Permohonan Izin Sakit

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru Kelas <kelas siswa>

<Nama Sekolah Siswa>

di Tempat

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, Kami yang bertandatangan di bawah ini dan selaku orang tua dari :

Nama : <nama siswa yang sakit>
Kelas  : <kelas siswa yang sakit>

Ingin menyampaikan bahwa siswa yang bernama di atas, tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran yang diadakan seperti biasanya dikarenakan sedang sakit. Terhitung dari tanggal <surat dibuat sampai tanggal yang telah ditentukan>.

Demikian surat yang kami buat dan untuk digunakan sebagaimana mestinya. Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak/Ibu guru atas perhatiannya. Semoga Bapak/Ibu bisa memakluminya.

Hormat Saya

<nama orang tua siswa>

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Sakit Dengan Surat Keterangan Dokter

Kalau yang satu ini, nantinya kamu akan bisa membuat surat izin sekolah karena sakit juga. Namun, kali ini kamu harus menggunakan surat keterangan dokter ya. Kan biasanya ada sekolah yang menerima surat sakit tetapi harus ada lampiran yang berupa surat keterangan dari dokter, ya.

Nah, surat yang akan kamu tuliskan itu nantinya akan kamu tambahan lampiran berupa surat keterangan dokternya. Untuk format penulisannya, kami akan berikan ke kamu salah satu contoh suratnya di bawah ini. Langsung saja simak contoh yang ada di bawah ini.

Bandar Lampung, 18 November 2022

Perihal     : Permohonan Izin Sakit

Lampiran : Surat keterangan dokter

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru Kelas <kelas siswa>

<Nama Sekolah Siswa>

di Tempat

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, Kami yang bertandatangan di bawah ini dan selaku orang tua dari :

Nama : <nama siswa yang sakit>
Kelas  : <kelas siswa yang sakit>

Ingin menyampaikan bahwa siswa yang bernama di atas, tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran yang diadakan seperti biasanya dikarenakan sedang sakit. Terhitung dari tanggal <surat dibuat sampai tanggal yang telah ditentukan> dan kami lampirkan beserta surat keterangan dokter.

Demikian surat yang kami buat dan untuk digunakan sebagaimana mestinya. Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak/Ibu guru atas perhatiannya. Semoga Bapak/Ibu bisa memakluminya.

Hormat Saya

<nama orang tua siswa>

Baca Artikel Serupa Lainnya :

Originally posted 2022-11-18 10:41:33.