Ayovaksindinkeskdi.id – Simak contoh soal PTS PPKN kelas 8 semester 2 lengkap dengan kunci jawabannya. Contoh soal PTS PPKN kelas 8 semester 2 ini bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran siswa jelang ujian.
Hanya hitungan hari lagi murid Sekolah Menengah Dasar (SD) akan menjalani masa Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Ulangan Tengah Semesters (UTS). Oleh karena itu, perlu mempersiapkan diri salah satunya dengan mengerjakan beberapa contoh soal PTS PPKN kelas 8 semester 2 sebagai referensi.
PTS sendiri dilakukan agar para guru bisa mengevaluasi peserta didik terkait pencapaian nilai berdasarkan dengan kompetensi dasar. Soal PTS biasanya diambil dari materi yang telah dipelajari oleh siswa.
Namun perlu diingat, bahwa contoh soal PTS PPKN kelas 8 semester 2 yang diberikan kami ini bukanlah sebuah bocoran. Hanya sebagai soal latihan untuk persiapan peserta didik sebelum menghadapi ujian PTS.
Selain untuk peserta didik, artikel pendidikan ini juga dapat digunakan oleh guru sebagai referensi dalam pembuatan soal PTS semester genap, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berikut di bawah ini adalah contoh soal PTS PPKN kelas 8 semester 2 dilansir dari websiteedukasi.com.
Contoh Soal PTS PPKN Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawabannya
Pilihlah jawaban yang paling tepat dan benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada lembar jawaban yang tersedia!
- Di abad ke-15, negara di Eropa banyak yang melakukn ekspedisi untuk mencari sumber ekonomo yang baru di seluruh dunia, hal itu disebabkan oleh:
A. Mencari daerah yang baru untuk dikuasai
B. Melakukan perdagagan dengan negaraa belahan dunia yang lain
C. Rusaknya ekonomi Eropa karena peperangan juga berkembangnya teknologi pelayaran
D. karena alasan rekreasi
- Sejak didirikannya VOC atau Vereenigde Oost-Indische Compagnie Belanda mulai menjajah Indonesia, pada tanggal berapakah itu?
A. 20 Mei 1605
B. 27 Juli 1602
C. 20 Maret 1602
D. 14 Februari 1602
- Pengertian politik devide et impera yang dilakukan oleh VOC adalah..
A. Politik balas budi
B. Politik tebang pilih
C. Politik adu domba
D. Politik etis
- Kerja paksa atau rodi untuk membangun jalan di sepanjang pulau Jawa yakni Anyer-Panarukan demi kepentingan militer terjadi di bawah pimpinan Gubernur Jendeal
A. Van Den Bosch
B. Daendels
C. Van Deventer
D. Baron Van Houvell
- Sistem tanam paksa yang mewajibkan raykat untuk menanami dari ladang atau sawahnya dengan tanaman yang telah ditentukan dan hasilnya untuk pemerintah disebut juga dengan
A. Kerja rodi
B. Cultuurstelsel
C. Devide et impera
D. Politik etis
- Pahlawan bernama Sultan Hasanuddin merupakan pahlawan yang berasal dari
A. Sulawesi Selatan
B. MalukU
C. Goa
D. Lombok
- Beberapa orang Belanda yang menyadari penderitaan yang dialami rakyat Indonesia karena pernah tinggal di Tanah air, yang bukan salah satu dari orang tersebut adalah
A. Baron van Houvell
B. Van Deventer
C. Douwes Dekker
D. Van Den Bosch
- Buku yang menggambarkan penderitaan rakyat Lebak, Banten karena ulah penjajahan Belanda ditulis oleh
A. Multatuli
B. Van den Bosch
C. Van Deventer
D. Daendels
- Siapa nama Pengusul Politik Balas Budi
A. Multatuli
B. Van Den Bosch
C. Van Deventer
D. Daendels
- Yang bukan termasuk program dari Politik Etis yaitu
A. TransmigrasI
B. Edukasi
C. Irigasi
D. Vaksinasi
- Program Politik Etis yang membuat munculnya tokoh Kebangkitan Nasional adalah
A. Transmigrasi
B. Edukasi
C. Irigasi
D. Vaksinasi
- Organisasi pertama bersifat nasional modern di Indonesia adalah Boedi Oetomo didirikan oleh:
A. Dr. Soetomo
B. Himpunan Mahasiswa STOVIA
C. Van Deventer
D. Tirto Adi Soerjo
- Boedi Oetomo awalnya bergerak pada bidang
A. Social
B. Keagamaan
C. Politik
D. Perlawanan fisik terhadap penjajah Belanda
- Secara tersirat, Boedi Oetomo mengembangkan program untuk
A. Kemerdekaan bangsa
B. Perlawanan terhadap penjajah
C. Kehormatan bangsa
D. Keadilan sosial
- Yang bukan termasuk tahap pembinaan persatuan bangsa Indonesia yakni
A. Perasaan marah terhadap penjajah
B. Perasaan senasib
C. Kebangkitan nasional
D. Sumpah pemuda
- Apa bentuk Negara Indonesia
A. Monarki
B. Federal
C. Negara kesatuan
D. Negara merdeka
- Yang bukan termasuk contoh nilai religius yang harus dimiliki oleh Indonesia yakni:
A. Percaya dan takwa pada Tuhan sesuai agama serta kepercayaannya menurut dari dasar kemanusiaan yang sangat adil dan juga beradab.
B. Hormat dan menghormati serta bekerja sama antara pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup.
C. Tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaan kepada orang lain
D. Berani membela kebenaran dan keadilan
- Kedaulatan berada pada tangan rakyat, artinya setiap warga mempunyai kebebasan bertanggung jawab dengan penyelenggaraan pemerintahan, sehingga bisa terwujud kesatuan dan persatuan Indonesia. Hal ini adalah perwujudan dari nilai:
A. Kesamaan derajat
B. Demokrasi
C. Produktivitas
D. Keseimbangan
- Setiap warga negara memiliki hak, kewajiban, dan kedudukan yang sama di depan hukum. Masyarakat menilai bahwa usaha penegakkan HAM paling menonjol yakni penegakan hak kebebasan beragama, mengeluarkan pendapat, kepastian hukum dan perlindungan, serta bebas dari perlakuan tak manusiawi. Hak untuk mendapatkan kehidupan yang layak, aman dari ancaman ketakutan, dan mendapatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan.
Hal ini adalah perwujudan dari nilai ….
A. Kesamaan derajat
B. Demokrasi
C. Produktivitas
D. Keseimbangan
a. Perlindungan kepada masyarakat untuk beraktivitas menuju kemakmuran
b. Prasarana dan sarana yang bisa mendorong masyarakat untuk produktif dan kreatif
c.Terciptanya peraturan undang-undang untuk meningkatan masyarakat sejahtera
Tiga hal di atas adalah perwujudan dari nilai … - A. Kesamaan derajat
B. Demokrasi
C. Produktivitas
D. Keseimbangan
- Yang bukan termasuk ke dalam faktor pembentuk keunggulan bangsa Indonesia adalah
A. Sumber daya manusia atau SDM
B. Sumber daya alam atau SDA
C. Kebudayaan
D. Pendapatan nasional
- Apabila merasa bangga menjadi bangsa Indonesia, maka sikap kita seharusnya yakni
A. Rajin dalam bekerja
B. Rajin untuk membaca buku
C. Menjunjung tinggi dari nama baik bangsa serta negara
D. Sekolah setinggi-tingginya
- Rasa cinta terhadap bangsa Indonesia disebut juga dengan
A. Nasionalisme
B. Chauvinism
C. Sukuisme
D. Rasisme
- Apa yang sudah diperjuangkan serta ditorehkan oleh para pemuda di dalam mendorong sebuah Kebangkitan Nasional di tahun 1908 akan semakin berarti jika kita sebagai salah satu generasi dari penerus bangsa harus
A. Bekerja keras
B. Menorehkan prestasi di berbagai bidang
C. Bekerja cerdas
D. Tiada mengenal putus asa
- Kini, usaha untuk memperingati Haru Kebangkitan Nasional 1908 adalah upaya semua orang untuk mengingat dan menjadi pendorong agar bangsa Indonesia kembali bangkit untuk membangun Indonesia yang mandiri dan maju serta …..
A. Bisa berdiri sejajar dengan negara lain
B. Bisa mengolah semua kekayaan alam memakai teknologi
C. Bisa menjadi negara kompetitif
D. Dapat melawan ketidakadilan dunia
Demikian, contoh soal PTS PPKN kelas 8 semester 2 dan jawabannya. Gunakan contoh soal PTS PPKN kelas 8 ini untuk bahan belajar, sebelum ujian PTS dimulai. Semoga membantu, ya.
Baca Juga: