5 Tips Bekerja Tanpa Stres untuk Freshgraduate

Terjun di dunia kerja adalah hal baru bagi para freshgraduate atau sarjana yang baru lulus. Simak 5 tips bekerja tanpa stres yang mungkin Anda butuhkan.

Dunia kerja dan kampus adalah dua hal yang berbeda. 

Jika di kampus, Anda selalu dikelilingi oleh lingkungan yang santai dan bersama teman-teman, maka di dunia kerja harus terbiasa berjuang sendirian. 

Bukan karena Anda tidak lagi memiliki teman, melainkan rekan-rekan Anda yang lain juga punya pekerjaan yang harus diselesaikan. 

Bagi orang yang baru lulus kuliah, hal ini menjadi semacam culture shock, karena adanya perubahan budaya dan lingkungan kerja. 

Tapi jangan khawatir, itu adalah hal yang wajar untuk dirasakan para pemula. 

Meski wajar, jangan pernah membiarkannya menumpuk secara berlarut-larut hingga mempengaruhi diri Anda. 

Anda perlu menarik batas dan mencari celahnya agar bisa selamat tanpa perlu mengalami stres berkepanjangan. 

Tips Bekerja Tanpa Stres

tips-bekerja-tanpa-stres
Pixabay
  • Perhatikan alurnya

Kadang yang harus dilakukan pertama kali saat bekerja bukan langsung melakukan apa yang diperintahkan, melainkan memahami terlebih dahulu alurnya. 

Apa yang harus dikerjakan, hulu hingga hilir pekerjaan yang dilakukan dan apa saja yang harus diperhatikan. 

Semuanya perlu dipahami secara mandiri saat terjun ke dunia kerja. 

Anda perlu paham jika dunia kerja adalah proses dari hulu ke hilir yang jenjang kerja dan kaitannya harus diperhatikan. 

Cari tahu Anda bekerja di bagian mana, berkaitan dengan bidang apa saja, bertanggung jawab pada apa, dan lain-lain. 

Jika sudah mulai mengerti, maka selanjutnya hanyalah pembiasaan. 

  • Jangan perfeksionis

Sikap perfeksionis hanya akan menghambat Anda untuk bisa bergerak maju dan penyebab stres. 

Anda terkungkung pada satu masalah tertentu yang sebenarnya tidak perlu. 

Mungkin bagus jika perhatian pada detail-detail pekerjaan, namun jangan ragu untuk segera menepisnya jika dirasa sudah sangat menghambat diri sendiri. 

Ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, bukan hanya yang sedang stuck karena Anda terlalu perfeksionis. 

Saat Anda mulai perfeksionis, ingat ada banyak antrean tugas lain yang menunggu untuk diselesaikan.

  • Jangan bertanya

Peribahasa malu bertanya sesat di jalan barangkali tepat untuk pada pemula.

Jangan ragu untuk bertanya pada orang yang lebih mengerti, baik senior maupun atasan terkait pekerjaan yang Anda lakukan. 

Tanya apa saja yang mengganjal di pikiran Anda secara bijak dan telah melalui beberapa pertimbangan khusus. 

Ini dilakukan agar Anda bisa bertanya secara tepat dan terhindar dari kesan tukang tanya. 

Kadang memang bukan kita yang lamban mengerti, melainkan instruksi atau arahan yang disampaikan memang masih kurang jelas dan meminta penjelasan lanjutan. 

  • Kerjakan sebisanya

Kerjakan semua tugas yang diberikan sebisanya saja. 

Tidak perlu ngoyo dalam bekerja, karena toh gaji Anda tidak akan ada kenaikan signifikan. 

Anda bisa bekerja sesuai porsinya dan menangani hal-hal yang diperlukan. 

  • Jangan showoff

Menunjukkan beragam prestasi mungkin menjadi kebanggan tersendiri. 

Sayangnya, ini menjadi bumerang saat dibawa ke dunia kerja. 

Ingat, teman-teman kantor bukanlah kawan dalam artian sebenarnya. 

Sudah banyak kasus orang yang dikhianati dengan adanya teman kantor yang iri atas prestasi seseorang. 

Maka dari itu, sebaiknya Anda biasa-biasa saja dan bahkan tidak perlu pamer. 

Selain itu, ini juga untuk menghindari tugas-tugas tambahan dari bos. 

Bos biasanya punya mangsa untuk dimakan dan dijadikan tumbal. 

Tugas tambahan tersebut tentu saja tidak mendapatkan bayaran satu peser pun untuk Anda.

Baca Juga: