Kuota Boros? Cara Menghemat Kuota Internet HP Android

Ayovaksindinkeskdi.id – Paket kuota internet sangat boros? Ini cara menghemat kuota internet untuk HP Android.

Saat ini semua orang menggunakan smartphone dan pastinya selalu mengakses internet menggunakan kuota internet.

Dengan menggunakan kuota internet, semua orang dengan mudah berselancar di internet terutama media social. Di Indonesia sendiri sudah tersedia beragam provider yang menyediakan paket data internet.

Harga paket data internet pun bervariasi setiap provider. Pilihan paket internetnya pun beragam, mulai dari paket harian, bulanan, hingga mingguan.

Tak jarang jika kuota internet mingguan atau bulanan yang dibeli kerap habis sebelum waktunya. Sehingga mau tidak mau, kamu harus rela mengeluarkan biaya lagi untuk membeli paket kuota internet.

https://www.ayovaksindinkeskdi.id/cara-menghemat-kuota-internet-/(opens in a new tab)
Ilustrasi. (Pixabay)

Paket kuota internet akan cepat habis jika pengguna memainkan banyak aplikasi di HP. Dan pastinya bukan hal baru jika saat ini orang-orang akan berlama-lama bermain media social, seperti TikTok, Instagram, Facebook, Twitter, hingga games.

Hal tersebut pun akan cepat membuat paket kuota internet kita habis. Adakah cara menghemat kuota internet?

Ayovaksindinkeskdi akan memberikan cara menghemat kuota internet untuk HP Android, agar tetap hemat dan tidak boros biaya. Simak tipsnya di bawah ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Cara Hemat Kuota Internet di Android

1. Gunakan Paket Kuota Hemat

Agar kuota internet HP Android mu bisa lebih irit salah satunya dengan cara memillih paket kuota internet dengan harga terjangkau.

Setiap provider biasanya telah menyediakan jenis paket kuota internet yang beragam dan kerap menyediakan promo.

Terlebih jika kamu adalah salah satu pelanggan setia provider tersebut, pasti akan mendapatkan banyak promo paket kuota internet melalui SMS atau aplikasi provider masing-masing. Sehingga tidak salahnya kamu bisa memilih promo paket kuota internet tersebut.

2. Koneksi WiFi

Cara lain kamu bisa memanfaatkan koneksi WiFi yang ada di public, tempat kerja, atau rumah. Cara ini bisa membuat paket kuota internet mu lebih hemat. Pasalnya, kamu cukup terkoneksi dengan WiFi yang tersedia untuk mengakses internet, sehingga tidak memakan kuota internet di HP mu.

Kamu bisa mengunduh atau update system HP, bermain media social sepuasnya tanpa perlu menyalakan mobile data.

Ada tips yang perlu diperhatikan jika ingin menyambungkan HP mu ke WiFi yang ada di kantor dan ruang public. Pastikan kamu tak mengakses informasi sensitive saat menggunakan WiFi. Dan harus pastikan nama WiFi yang terpercaya.

3. Gunakan Kuota Internet Seperlunya

Alternatif lainnya adalah dengan cara mengontrol penggunaan kuota internet mu. Jika kamu membeli paket kuota internet bulanan, kamu perlu untuk membatasi pemakaian internet agar biaya untuk membeli paket data atau pulsa bisa terkontrol.

Contoh, jika perbulannya kamu membeli paket kuota 3,56 Gb, artinya pemakaian per hari kuota mu rata-rata hanya 118Mb.

Tips lain jangan menonton film streaming atau video yang berdurasi panjang dengan waktu berjam-jam, kecuali kamu terhubung dengan WiFi.

4. Nonaktifkan Fitur Update Otomatis

Ada fitur update aplikasi otomatis di HP Android. Jika kamu mengaktifkan fitur itu dengan mode WiFi dan mobile data, maka aplikasi yang terunduh di HP mu akan terupdate otomatis, jika memang aplikasi tersebut tengah melakukan pembaruan. Termasuk system HP Android  mu akan terupdate otomatis jika ada pembaruan.

Disarankan untuk menonaktifkan mode mobile data. Dan hanya mengaktifkan mode WiFi, agar proses update system tidak menguras kuota utama.

Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, buka ‘Pengaturan/Settings’, cari opsi ‘Software Update’. Nonaktifkan opsi ‘Auto Download over WiFi atau mobile data’.

5. Berhenti atau Hapus Aplikasi Tertentu

Kamu bisa stop atau berhenti beberapa aplikasi tertentu yang menyedot kuota internet, namun jarang digunakan.

Kamu bisa menyortir aplikasi yang diunduh di HP mu, melalui opsi ‘Pengaturan’ ke aplikasi untuk menonaktifkan aplikasi tersebut agar tidak bisa diakses oleh internet.

Caranya buka ‘Pengaturan’, lalu pilih ‘Aplikasi’. Cari aplikasi yang ingin dinonaktifkan dan klik, pilih ‘Allow background data usage’ dan centang nonaktif.

6. Aktifkan Mode Data Server

Di Android ada fitur mode data server, yang berfungsi untuk membantu menghemat kuota internet.

Pemakian kuota internet mu bisa diatur langsung dari ‘Pengaturan’.

Buka ‘Pengaturan’, pilih ‘Koneksi’, pilih ‘Data Usage’. Kemudian pilih ‘Data Saver’ dan centang Turn On Now.

Demikian cara menghemat kuota internet untuk HP Android. Semoga bisa membantu ya.

Baca Juga:

Originally posted 2022-12-29 14:29:02.