Cara Mengatasi Black Screen Windows 10 Hanya Muncul Kursor

Jika kamu saat ini sedang mengalami kendala atau masalah pada layar laptop yang tiba-tiba menjadi hitam, maka ini dia Cara Mengatasi Black Screen Windows 10 dengan mudah.

Terkadang layar laptop sering kali tiba-tiba berubah menjadi hitam tanpa alasan dan tentu saja ini membuat panik. Kalau sudah begini, kamu harus segera mengatasinya karena dikhawatirkan nantinya malah menimbulkan masalah baru.

Pada pembahasan kali ini admin ayovaksindinkeskdi.id akan menjelaskan beberapa Cara Mengatasi Black Screen Windows 10 yang bisa kamu lakukan. Sebelumnya kenali dulu apa penyebab dari munculnya layar hitam pada laptop dengan sistem operasi windows 10 ini.

Apabila saat ini kamu sedang mengalami masalah tersebut di laptop kalian, maka jangan panik langsung saja simak Cara Mengatasi Black Screen Windows 10 saat booting dan penyebab lainnya di bawah ini.

Penyebab Munculnya Layar Hitam di Laptop Pada OS Windows 10

penyebab-black-screen-pada-windows-10

Masalah padda laptop yang cukup membuat para pengguna menjadi panik adalah ketika layar laptop menjadi hitam atau mengalami black screen. Terutama jika hal ini terjadi ketika kamu baru saja mau menghidupkan laptop atau pada saat sedang menggunakan laptop tersebut.

Kendala ini sudah sering dijumpai di beberapa perangkat dan cara mengatasinya juga berbeda-beda. Sebelum itu, kamu juga harus tau apa yang bisa menyebabkan laptop menjadi layar hitam secara tiba-tiba.

Kebanyakan masalah seperti ini muncul begitu saja padahal sebelumnya laptop masih bisa digunakan dan baik-baik saja. Ketika laptop kalian mengalami black screen, maka tidak ada yang bisa dilakukan kan.

Biasanya pada saat muncul layar hitam kamu tidak akan melihat menu apapun dan terkadang yang terlihat hanyalah kursor saja. Siapa yang tidak panik kalau sudah begini? Pasti kamu merasa laptopmu rusak dan tidak bisa diperbaiki.

Sebenarnya kalau kamu mengalami masalah seperti maka tidak perlu panik karena ada banyak cara untuk memperbaikinya. Selagi laptopmu masih baik-baik saja tidak pernah kebanting kena masalah yang lainnya.

Maka kamu masalah black screen masih bisa diperbaiki dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Supaya kendala layar hitam pada laptop ini tidak terulang kembali. Kamu harus tau dulu apa pemicu atau penyebab terjadinya black screen pada Windows 10.

Tidak mungkin kan sebuah masalahterjadi begitu saja tanpa ada sebab dan akibatnya. Untuk itulah disini kami akan membahas beberapa penyebab utama yang membuat laptopmu menjadi black screen.

Instalasi Windows Yang Gagal

Jika instalasi windows para perangkat kalian gagal dilakukan, maka hal ini bisa memicu timbulnya banyak masalah termasuk black screen. Pada saat menginstall windows ini memang harus dilakukan dengan sempurna agar sistem operasi perangkat kalian bisa berjalan dengan lancar.

Apabila ternyata proses penginstalan windowsmu tidak sempurna atau bahkan gagal, maka ini bisa menjadi penyebab utama laptop kalian menjadi black screen dan tidak bisa muncul apa-apa.

Pending Windows Update

Buat kamu yang suka menunda memperbarui windows maka sebaiknya ubah kebiasaan buruk tersebut. Ketika kamu menunda proses pembaruan windows, maka itu akan meningkatkan space penyimpanan kalian.

Karena kamu jarang update windows itu membuat space laptopmu menjadi berkurang sehingga terjadilah pending windows update. Kalau sudah begini akan susah lagi untuk memperbarui windows dan kamu harus memberikan penyimpanan yang lebih banyak lagi.

Akibat dari pending windows update ini bisa membuat laptop kalian menjadi black screen ketika ingin dihidupkan untuk pertama kali. Apabila kamu mengalami kegagalan ataupun penundaan proses pembaruan windows akan ada masalah yang muncul termasuk black screen ini.

Oleh karena itu, pengguna sangat dianjurkan untuk selalu update windows 10 ketika memang ada pembaruan dan jangan menunda-nundanya.

Adanya Software Error

Penyebab selanjutnya yang bisa membuat laptop black screen adalah karena adanya error pada software. Ini bisa disebabkan karena kamu mengunduh aplikasi atau games yang ukurannya cuku berat.

Sehingga sistem perangkat kalian tidak mampu untuk menjalankan permainan tersebut dan munculan error. Ketika error ini lama tidak terdeteksi maka bisa menyebabkan kegagalan pada sistem operasi dan membuat layar laptop menjadi black screen.

Apabila kamu mau mengunduh aplikasi ataupun software yang ukurannya cukup besar maka pastikan perangkatmu memadai untuk menjalankan software tersebut.

Overheating

Penyebab utama dan yang paling sering dilakukan oleh para pengguna sehingga menyebabkan laptop menjadi black screen adalah karena overheating. Overheating ini terjadi karena kamu terlalu lama memakai laptop sehingga perangkatmu menjadi panas.

Ketika sudah kepanasan, maka yang terjadi adalah laptop kalian menjadi lemot dan lama kelamaan bisa black screen secara tiba-tiba. Tanda-tanda laptop overheat adalah perintah menjadi lemot dan kursor tidak bisa digerakkan,

Pada saat kamu mematikan laptop dalam kondisi overheat, maka ada kemungkinan ketika dihidupkan kembali akan muncul layar black screen.

Nah, biasanya ini terjadi karena kamu memainkan laptop dan memakai aplikasi yan membuat perangkat menjadi cepat panas. Misalnya, melakukan meeting video dengan aplikasi ataupun menonton film dan mendegrakan musik selama seharian tanpa jeda.

Serta kkamu melakukan hal tersebut dalam keadaan laptp sedang diisi daya beterainya.

Overheating ini adalah penyebab black screen yang bisa kamu hindari. Jangan memakai laptop dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa mengistirahatkannya sama sekali.

Sekarang, kalian sudah tau kan apa penyebab black screen pada windows 10.

Cara Mengatasi Black Screen Windows 10 Tapi Hidup

cara-mengatasi-black-screen-pada-windows-10

Jika saat ini laptop yang kamu gunakan sedang mengalami black screen, maka ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mengatasinya. Cara Mengatasi Black Screen Windows 10 ini efektivitasnya berbeda sesuai dengan perangkat dan penyebab dari masalah tersebut.

Ada yang memakai satu cara saja sudah bisa normak kembali laptopnya, tetapi ada juga yang sudah memakai berbagai cara tidak kunjung ada perubahan. Oleh sebab itu, admin ayovaksindinkeskdi.id akan memberikan beberapa Cara Mengatasi Black Screen Windows 10 tapi hidup ataupun pada saat booting.

Simak baik-baik tutorial yang kami berikan di bawah ini dan semoga saja ada cara yang bekerja maksimal untuk perangkat kalian ya.

Apabila semua cara yang sudah kami berikan ini tidak mau bekerja juga di laptop kalian. Maka jangan ragu untuk datang langsung ke teknisinya agar diperbaiki oleh mereka.

Matikan Komputer Lalu Hidupkan Kembali

Apabila saat menggunakan laptop untuk mengerjakan sesuatu dan laptopmu tiba-tiba berubah menjadi layar hitam dan hanya ada kursornya saja. Maka jangan panik, coba lakukan cara ini.

Matikan komputer langsung dengan cara menekam tombol power hingga layar menjadi mati bukan hanya hitam saja. Kalau sudah, tunggu beberapa dan jangan langsung dihidupkan.

Setelah tunggu sekitar 20 menit, cobalah lagi untuk hidupkan laptop dengan menekan tombol power. Apabila langsung muncul logo dari merk laptop, dan tidak ada black screen. Artinya cara yang kami berikan ini berhasil untuk kamu lakukan.

Kamu bisa mencoba cara ini beberapa kali dan kalau masih tidak bisa juga. Kamu bisa mencoba alternatif yang lainnya.

Tekan Tombol Enter Berulang Kali

tekan-tombol-enter

Cara yang kami berikan ini bisa kamu lakukan jika kondisi layar hitam ini sudah muncul pada saat kamu menghidupkan laptop pertama kali. Biasanya kan yang muncul itu langsung layar windows ataupun merk laptopnya ya.

Nah, jika yang muncul hanyalah layar hitam, maka itu artinya laptop kalian mengalami black screen. Apa yang harus dilakukan kalau sudah mengalami hal seperti ini.

Disini kamu lihat dulu apakah keyboard pada laptop itu hidup atau tidak. Bagaimana caranya? Coba klik tombol Capslock dan lihat apakah lampu statusnya itu masih menyala.

Kalau menyala artinya keyboard kalian masih berfungsi dari masalahnya hanya di layar saja. Untuk mengatasinya, kamu bisa klik tombol enter berulang kali hingga muncul tampilan windows di layar.

Hal ini bisa kamu barengi juga dengan matikan lalu hidupkan kembali laptop. Setelah itu ulangi lagi tekan tombol enter berulang kali. Efektivitas cara ini bergantung juga pada penyebab dari black screen di laptop kalian.

Jadi, belum tentu cara yang tekan tombol enter berulang kali ini bekerja di laptop kalian.

Gunakan Tombol Shortcut Key Board

gunakan-kombinasi-tombol-shortcut

Selanjutnya, kalau kamu mengalami masalah layar hitam, tetapi keadaan laptop masih hidup dan keyboard juga aktif fungsinya. Maka kamu bisa menggunakan bantuan dari tombol shortcut pada laptop.

Cara Mengatasi Black Screen Windows 10 dengan kombinasi tombol shortcut?

Langkah-langkahnya cukup mudah kok teman-teman karena kamu hanya perlu menekan kombinasi tombol shortcut secara bersamaan.

Silahkan tekan tombol Windows Logo + Ctrl + Shift + B dan tunggu hingga terdengar bunyi bip. Fungsi dari tombol shortcut ini adalah untuk merefresh monitor laptop kalian.

Cara ini bisa mengatasi black screen pada windows 10 apabila penyebab dari munculnya layar hitam tersebut bukan karena hal yang fatal.

Cara Mengatasi Black Screen Windows 10 Saat Booting

Jika kamu mengalami black screen pada saat sedang melakukan booting atau sebelum login ke dalam windows. Maka ada Cara Mengatasi Black Screen Windows 10 lain yang bisa kamu gunakan.

Karena pada saat ini yang muncul di layar hanyalah kursor biasa saja dan itu membuat kamu cukup panik, kan. Disini kau hanya bisa memanfaatkan fungsi dari keyboard untuk mengatasi masalah tersebut.

Bagaimana caranya? Silahkan simak tutorialnya berikut ini.

  • Pertama, pastikan kamu sudah menghidupkan laptopmu yang mengalami masalah black screen.
  • Selanjutnya tekan kombinasi keyboard Ctrl + ALT+ DEL secara bersamaan.
  • Setelah itu silahkan akan muncul pilihan menu dan juga tombol turn off yang ada di ujung layar.
  • Klik ikon turn off yang ada di ujung layar. Setelah itu klik bacaan restart dan tombol shift secara bersamaan dan tunggu prosesnya hingga kamu melihat ada beberapa pilihan menu di layar.
  • Kemudian pilih menu “Use Device”.
pilih-use-device
  • Lalu pilih bacaan “UEFI Removable Device” dan tunggu hingga kamu berhasil melihat logo windows atau merk perangkat laptopmu.
pilih-removeble
  • Selesai, jika sudah muncul logo merk laptop maka artinya cara ini berhasil kamu lakukan.

Ini merupakan Cara Mengatasi Black Screen Windows 10 pada laptop asus yang bisa kamu coba juga. Siapa tahu saja cara ini bisa bekerja di laptopmu dan memperbaiki masalah black screen pada perangkat kalian.

Jangan takut untuk mencoba setiap caranya karena cara yang kami berikan ini tidak akan menghilangkan data dan juga file pada perangkat kalian kok.

Semoga pembahasan ayovaksindinkeskdi.id kali ini bisa membantu ya.

Artikel Terkait :

Originally posted 2023-01-03 19:44:34.