5 Cara Jitu Agar Betah di Kantor Baru

Bergabung ke kantor baru mungkin menjadi tantangan tersendiri untuk sebagian besar orang. Simak beberapa cara agar betah di kantor baru. 

Berpindah dari kantor yang satu ke kantor lainnya adalah hal lumrah dalam dunia kerja. 

Alasan kepindahan tersebut bisa bermacam-macam ragamnya. 

Ada yang mencoba menjadi penghidupan yang lebih layak, ada yang karena alasan pribadi, atau ada yang ingin sekedar mencari suasana baru. 

Namun, yang namanya masuk ke dalam lingkungan baru, tentu perlu adaptasi dan penyesuaian agar bisa terbiasa dan betah di kantor.

Hal inilah yang biasanya menjadi tantangan yang cukup besar bagi seseorang, terutama bagi mereka kaum pendiam nan introvert. 

Mereka kebingungan bagaimana caranya agar bisa betah di kantor yang baru secara cepat dan tanpa halangan. 

Ini memang membutuhkan suatu strategi khusus, yang telah kami rangkum beberapa di antaranya untuk Anda. 

Cara Agar Betah di Kantor Baru

cara-betah-di-kantor
Pixabay

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yakni sebagai berikut:

  • Tidak terburu-buru

Kadang seseorang ingin terburu-buru bisa akrab dan nyaman di kantornya yang baru. 

Padahal, seharusnya tidak perlu begitu. 

Nikmati seluruh prosesnya dalam beradaptasi di tempat yang baru. 

Anda bisa meresapinya secara perlahan-lahan dan membuatnya alamiah sesuai ritme aslinya. 

Memburu-buru sesuatu biasanya hanya akan membuat Anda melupakan banyak bagian penting yang ada di dalamnya. 

Santai saja dan ikuti alurnya. 

  • Jangan kaku

Sulit memang jika punya pembawaan sifat yang kaku. 

Namun, Anda bisa melatihnya agar tidak terlalu kentara dan membuat orang di sebelah Anda sungkan untuk mengajak bicara. 

Anda bisa mencoba mencairkan suasana agar bisa akrab dengan rekan-rekan yang ada di kantor. 

Bagaimana pun, mereka adalah partner Anda bekerja selama beberapa waktu bahkan tahun ke depan. 

Anda perlu membiasakan diri untuk terus menjalin komunikasi secara cair bersama mereka. 

  • Jangan terlalu dekat

Sayangnya, jangan pernah menjadikan teman kantor sebagai sahabat dekat atau karib saat awal bergabung. 

Buat batasan sekedar teman saja terlebih dahulu. 

Pasalnya, Anda masih belum tahu bagaimana sikap aslinya di belakang Anda. 

Salah salah orang, Anda bisa menjadi trending topic di kantor karena rahasia Anda dibocorkan oleh dia. 

Karena itu, bertemanlah dengan semua orang yang ada di sana, tapi buat batasan untuk jangan terlalu dekat. 

Anda boleh menjalin kedekatan intens, ketika sudah waktunya dan punya pengetahuan banyak tentang sifat dia dan orang-orang di kantor. 

  • Cari gaya kerja sendiri

Yang paling penting agar bisa nyaman saat bekerja adalah menemukan gaya Anda sendiri. 

Ada orang yang merasa nyaman dan betah di kantor saat sambil mendengarkan musik. 

Sementara ada juga orang yang lebih nyaman saat sambil menyeruput kopi kekinian terbaru. 

Semua hal tersebut sah-sah saja untuk dilakukan. 

Bahkan jika bisa mendongkrak produktivitas Anda akan lebih baik hasilnya. 

Anda perlu menemukan gaya kerja yang sesuai dengan diri Anda dan jalanilah kehidupan dengan cara tersebut ke depannya. 

Pahami jika semua orang punya gayanya sendiri. 

  • On time

Anda harus datang dan pulang tepat waktu sesuai jadwalnya. 

Tidak perlu menunggu lebih lama hanya karena rekan-rekan Anda belum selesai. 

Yang penting, pekerjaan Anda sudah selesai, maka silakan pulang sesuai jadwal. 

Hal ini bisa membuat Anda menjadi lebih betah di kantor karena tidak terbebani dengan beban kerja yang baru. 

Istilah kerennya saat ini adalah teng-go. 

Baca Juga: