Simak detail berkas yang harus disiapkan untuk melamar kerja di perusahaan bagi para freshgraduate maupun yang telah berpengalaman.
Melamar pekerjaan adalah hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan.
Pasalnya, Anda sebagai pelamar harus bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan orang yang ada di luar demi mendapatkan pekerjaan tersebut.
Karena itu, pada saat melamar pekerjaan, pastikan semua berkasnya siap dan sesuai kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Berkas yang sesuai ditunjang dengan kemauan yang kuat akan melahirkan sebuah perpaduan yang tepat.
Peluang Anda untuk bisa masuk ke perusahaan impian menjadi tampak lebih jelas.
Setidaknya dengan melampirkan persyaratan berupa berkas lamaran kerja bisa membuat Anda lebih siap.
Lantas, ada berkas apa saja yang harus diperhatikan para pelamar demi mendapat kursi di perusahaan? Simak detailnya berikut.
Berkas Lamaran Kerja Selengkapnya
1. CV alias Curriculum Vitae
Singkatnya, berkas yang satu ini berita tentang seluruh riwayat diri Anda secara lengkap.
Mulai dari riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, biodata, dan berbagai detail diri yang lainnya.
Para rekruiter berusaha untuk mengenal Anda lewat CV dan berharap seluruh kelebihan Anda dituliskan di sana.
Logikanya, ada banyak sekali pelamar yang harus direview satu persatu berkasnya.
Recruiter tidak punya banyak waktu untuk mengenal Anda secara mendalam, karena itu diperlukannya sebuah curriculum vitae Anda.
2. Ijazah
Berkas yang satu ini dibutuhkan untuk mengonfirmasi jika Anda memang betul lulusan dari perguruan tinggi yang tertera dalam CV.
Ijazah menjadi bukti legal bahwa Anda telah mengenyam sebuah pendidikan tertentu sebelum akhirnya melamar kerja.
3. Transkrip Nilai
Mirip seperti ijazah, berkas ini juga menjadi bukti jika Anda pernah belajar di perguruan tinggi.
Nilai-nilai Anda akan dipajang, sebegai pertimbangan para rekruiter akan keseriusan Anda.
Pasalnya, nilai yang tertera di sana sebagai bukti dan cerminan tanggung jawab Anda selama kuliah.
IPK juga akan tampil secara terang-terangan di sana.
4. Surat Lamaran Kerja
Surat lamaran kerja wajib hukumnya untuk dilampirkan dalam sebuah lamaran kerja.
Ibarat orang yang mau masuk ke dalam rumah orang lain, diperlukan salam pembuka.
Nah, lamaran kerja pun demikian.
Ini menjadi salam sapa dari pelamar kerja kepada calon perusahaan yang akan menaunginya ke depan.
Lamaran kerja yang ditulis secara baik akan mencerminkan karakter dan attitude sang pelamar.
Semakin baik dan tertata bahasanya, maka akan semakin baik pula untuk diterima.
5. Pas Foto Terbaru
Berkas pas foto terbaru juga dapat Anda lampirkan dalam lamaran kerja.
Ini sebagai bukti jika Anda benar-benar serius untuk melamar pekerjaan dan tidak fake.
Karena itu, pilih foto terbaik dan kalau perlu buat sedikit editan agar tampak menarik.
Namun, jangan terlalu banyak editan hingga membuat rekruiter pangling saat bertemu Anda secara langsung.
6. Portofolio
Lampirkan seluruh karya yang pernah Anda miliki.
Ini menjadi ajang pembuktian bakat.
Buktikan jika Anda memanglah orang yang pantas berada di sana dengan portofolio yang ciamik.
Jika Anda masih freshgraduate, jangan ragu untuk melampirkan portofolio saat magang atau menjadi panitia sebuah acara.
7. Identitas pribadi
Meski tampak sedikit trickey, identitas pribadi seperti KTP dapat Anda masukkan dalam lamaran kerja.
Hanya saja untuk berjaga-jaga, maka pastikan perusahaan yang Anda lamar bukanlah penipuan.
Ini sebagai bentuk kehati-hatian dari penipuan yang saat ini semakin marak dalam lingkungan para pencari kerja.
Itulah 7 berkas melamar kerja yang perlu disiapkan untuk yang baru mencoba melamar kerja dan yang berpengalaman, semoga manfaat.
Baca Juga: