CNY Artinya Apa: Perbedaan Chinese New Year & Lunar New Year

Ayovaksindinkeskdi.id – CNY artinya apa? Kata CNY banyak bermunculan saat mendekati Hari Tahun Baru Imlek. Apa arti CNY? Simak penjelasannya di artikel ini.

Belum lama ini, seluruh umat Konghucu di Indonesia telah merayakan Hari Raya Imlek atau Hari Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023.

Kemeriahan Tahun Baru Imlek 2023 kali ini sangat terlihat. Pasalnya, masyarakat bisa menyaksikan hiburan atraksi khas dari perayaan ini setelah dua tahun sempat tida bisa merayakan Imlek dengan meriah, karena pandemi Covid-19.

Perayaan Imlek merupakan perayaan tahun baru pada penanggalan China, yang berdasarkan sistem lunar atau peredaran bulan berkaitan dengan pesta penyambutan musim semi atau juga disebut Sin Cia.

Perayaan Imlek di Indonesia biasa dirayakan oleh masyarakat Tionghoa ataupun umat agama Konghucu. Tradisi perayaan Imlek ini diketahui sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Tradisi CNY Artinya Apa itu masuk ke Indonesia melalui masyarakat Tionghoa dari China saat bermigrasi ke Indonesia.

Perayaan Imlek ini sempat ada massa tidak boleh dirayakan secara terbuka di Indonesia, dan telah ditetapkan sebagai hari keagamaan.

Kini berita perayaan tersebut telah menjadi libur nasional yang kini selalu dirayakan setiap tahunnya.

Baca Juga:

CNY Artinya Apa? Singkatan dari Chinese New Year

CNY Artinya Apa? Singkatan dari Chinese New Year
Ilustrasi. Simak CNY artinya apa, apa itu CNY, apa arti CNY. (Unsplash.com)

Perayaan Imlek 2023, terlihat sangat meriah dari tahun sebelumnya. Kemeriahan perayaan ini sangat dirasakan masyarakat yang tak menganut perayaan ini.

Di media sosial, banyak sekali warganet yang ikut mengucapkan Hari Raya Imlek. Dan menyematkan doa terbaik di tahun kelinci ini.

Pengucapan Hari Raya Imlek pun beragam, mulai dari ‘Selamat Tahun Baru Imlek’, hingga ‘Happy CNY’. Tahukan CNY Artinya Apa dalam kalimat pengucapan Hari Raya Imlek?

Meski perayaan Imlek ramai dirayakan oleh masyarakat, ternyata masih ada orang-orang yang tidak mengetahu arti kata CNY.

Kata CNY adalah singkatan dari Chinese New Year yang memiliki arti CNY adalah Tahun Baru China.

Selain kata Chines New Year, orang-orang juga banyak mengucapkan Hari Raya Imlek dengan sebutan Lunar New Year.

Apakah Chinese New Year dan Lunar New Year memiliki makna yang sama? Ternyata dua ucapan Imlek tersebut memiliki perbedaan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan Chinese New Year dan Lunar New Year

Arti kata CNY atau Chinese New Year merujuk kepada istilah yang lebih spesifik. CNY adalah acara tahun baru ketika budaya Tiongkok (China) dan tradisi dirayakan.

Sementara Lunar New Year merupakan istilah yang lebih umum. Istilah ini mencakup semua perayaan yang menadai tahun baru dalam kalender lunar.

Di luar Tiongkok, Tahun Baru Imlek disebut dengan sebutan Lunar New Year itu tidak dianggap sebagai hal yang menyinggung dan sensitif.

Lantaran mengabaikan budaya lain, yang semuanya itu memiliki kepercayaan, tradisi, dan perayaan unik sendiri-sendiri.

Baca Juga:

Lunar New Year dan Chinese New Year kerap digunakan secara sinonim dan mengacu kepada hal yang sama. Padahal keduanya tidak persis sama.

Lunar New Year kerap digunakan di negara lain. Sementara negara di luar China seperti Vietnam memiliki sebutan sendiri untuk Tahun Baru Imlek, yakni Tet. Sedangkan dalam bahasa Korea yakni Seollal.

Arti dan Makna Perayaan Tahun Baru Imlek di Negara Asia

Tahun Baru Imlek tidak hanya dirayakan di Indonesia dan negara China, namun juga dirayakan oleh negara Korea, Vietnam, Malaysia, dan Singapura.

Tradisi perayaan Imlek ini terkadang berbeda dari negara-negara lain, sesuai dengan identitas budaya masing-masing negara.

Di negara China, Tahun Baru Imlek disebut dengan Chūnjié, yakni Chinese New Year atau Festival Musim Semi.

Perayaan CNY Artinya Apa ini terkenal karena sebagai memulai tanda baru pada siklus 12 tahun zodiak hewan China.

Kegiatan yang sangat populer di perayaan ini adalah memasang lentera dan bait Festival Musim Semi.

Lalu makan malam bersama yang penuh dengan makanan keberuntungan dan berkat. Menyalakan petasan dan kembang api, juga memberikan angpau atau amplop merah.

Sementara di Vietnam, Tahun Baru Imlek dikenal dengan sebutan Tahun Baru Vietnam atau Tết.

Zodiak hewan Vietnam termasuk kucing, namun bukan kerbau, kelinci, atau sapi. Saat perayaan ini, orang Vietnam memiliki kue khas tradisional sendiri yakni bánh chưng.

Orang Vietnam juga akan menghias rumah mereka dengan hoađào atau pohon bunga persik atau hoamai bunga Mai kuning.

Sedangkan di Korea, Tahun Baru Imlek disebut dengan Seollal. Saat perayaan ini, banyak orang Korea yang mengenakan pakaian tradisional Korea yakni hanbok.

Selain itu menyembah tetua, melakukan ritual leluhur, dan makan makanan tradisional seperti tteokguk yakni sup berisi irisan kue beras dan jeon atau pancake.

Baca Juga;

Akhir Kata

Korea, Vietnam, dan Jepang biasanya merayakan Tahun Baru Imlek pada waktu yang sama atau hampir sama.

Namun, ada beberapa negara atau budaya lain yang menggunakan kalender lunar sendiri. Dan Tahun Baru jatuh di waktu yang berbeda.

Dalam kalender Islam, kalender lunar Mongolia, kalender Yahudi, semua memiliki siklus dan bulan yang berbeda.

Oleh karena itu, perayaan Tahun Baru Imlek setiap negara jatuh di tanggal yang berbeda.

Demikian penjelasan CNY artinya apa, sekaligus perbedaan dari arti CNY atau Chinese New Year dan Lunar New Year. Semoga membantu ya.