Tips Belajar Public Speaking Otodidak Online Gratis yang Baik

Ayovaksindinkeskdi.id – Bagaimana seorang introvert belajar public speaking ? Yuk simak tips belajar publick speaking di artikel ini.

Sebenarnya introvert tidak ada hubungannya dengan bisa atau tidak berbicara didepan umum atau dengan orang banyak. Lantaran introvert adalah mengambil energi dari dalam diri sedangkan ekstrovert mengambil energi dari luar diri. Jadi, kita semua memilki kesempatan yang sama untuk mengembangkan diri.

Kemampuan public speaking bukanlah merupakan bakat dari lahir. Kemampuan public speaking didapat dari hasil belajar menyampaikan ide dan dirinya kedepan orang-orang dengan baik. Public speaking adalah sebuah keahlian yang bisa dipelajari dan dilatih setiap saat.

belajar-public-speaking

Salah satu contoh tokoh dunia yang merupakan seorang introvert tetapi memiliki kemampuan public speaking adalah Barack Obama dan Emma Watson. Mereka dikenal karena pidato yang sangat mengispirasi banyak orang.

Jadi, proses belajar public speaking bisa diawali dengan belajar berbicara didepan orang lain. Seperti didepan kelas saat presentasi tugas.

Serta rutin praktek sesering mungkin agar memiliki jam terbang banyak sehingga bisa menguasainya. Jangan takut mengambil kesempatan-kesempatan untuk berbicara didepan umum.

Cara Belajar Public Speaking Online Gratis Secara Otodidak

Tapi kan aku panik jika berbicara didepan umum? Bagaimana ya, tutorial agar bisa lancar publick speaking atau berbicara di depan umum?

Terkadang pertanyaan seperti ini yang malah membuat diri semakin cemas dan takut. Adapun beberapa cara belajar public speaking yang sudah dirangkum oleh kami silahkan disimak ya :

Buat rileks pita suara sebelum berbicara

Cara belajar public speaking yang pertama yaitu dengan melakukan pijatan kepada leher perlahan 30 menit sebelum melakukan sesi berbicara depan umum. Serta lakukan pemanasan sedikit terhadap otot leher, pundak, dan badan.

Latihan sebelum presentasi

Ini bisa kalian lakukan didepan cermin dan didepan teman dekat kalian, untuk membiasakan diri kalian dengan topik yang ingin dibicarakan depan umum. Jangan lupa melatih gerak tubuh disaat sedang berbicara.

Minum minuman hangat

Meminum minuman hangat seperti air hangat ditambah madu agar tenggorokan lega. Serta hindari minuman yang membuat tenggorokan kering.

Olahraga suara

Hal ini bisa dilakukan dengan bernyanyi dari nada rendah ke nada tinggi. Tidak harus memiliki suara yang bagus karena ini hanya latihan suara. Kemudian bisa disertai dengan latihan teknik napas dari perut untuk mengurangi kecemasan sebelum berbicara.

Beberapa tips diatas bisa disertai dengan keyakinan dan kepercayaan didalam diri bahwa public speaking itu adalah kemampuan yang didapat dari hasil latihan. Kunci dari kemampuan public speaking yang baik adalah latihan.

Buat jadwal latihan seminggu sekali, seminggu dua atau tiga kali, atau mungkin setiap hari. Latihan yang sesering mungkin akan membuat kalian terbiasa untuk mengatur nada bicara, gerak tubuh, dan ekspresi wajah.

Lawan rasa malu dan beranikan diri untuk mengambil kesempatan tampil berbicara didepan umum. Tiap-tiap orang mempunyai kelebihan didalam diri. Jadi, kenali apa kelebihan yang kamu miliki agar menjadi nilai lebih didalam kemampuan public speaking.

Contohnya, kalian orang yang lucu atau humoris. Saat tampil berbicara didepan orang kalian bisa keluarkan sedikit sisi humoris agar dapat mencairkan suasana.

Bagi introvert public speaking adalah hal yang menakutkan. Namun, jika selalu takut kapan diri kita akan berkembang ? Padahal kita semua memiliki kemampuan yang sama jika mau terus berlatih.

Lawan rasa takut itu, tanamkan dalam diri bahwa kita mampu dan bisa. Persiapkan dengan matang sebelum tampil menjadi pembicara di depan umum.

Demikian beberapa tips yang bisa kalian coba praktikkan. Jadi untuk para introvert bisa mulai belajar public speaking mengasah diri untuk berani mengungkapkan ide-ide yang dimiliki. Semoga membantu ya.

Baca Juga: