Memberikan Ucapan Natal Yang Baik Dari Muslim Dan Hukumnya

ayovaksindinkeskdi.id – Bagi ummat kristen tentunya bulan desember adalah waktu yang sangat dinanti karena didalamnya ada hari raya besar yakni Natal. Lalu Bagaimanakah cara Meng Ucapan Natal Yang Baik Dari Muslim

Dinegara indonesia sendiri beragam agama kumpul menjadi satu salah satunya adalah ummat kristiani dan muslim.

Sedari dahulu banyak perbedaan yang menjadi kontroversi terkait mengucapkan selamat natal bagi ummat muslim. Bahkan ada yang memiliki keyakinan kafir dan lain sebagainya.

Akan tetapi bagaimana jika ingin melakukan toleransi dalam bermasyarakat, karena ummat kristen ini misal tetangga dekat.

Atau jika memiliki teman karib kristen dan ingin menghargai hari raya mereka apakah boleh mengucapkan hari natal.

Bagi kamu yang masih bingung maka sangat cocok jika artikel ini dibaca karena akan membahas secara lengkap terkait ucapan natal bagi muslim.

Hukum Mengucapkan Natal Bagi Muslim

Hukum-Mengucapkan-Natal-Bagi-Muslim

Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa mengucapkan hari raya natal masih banyak perdebatan terkait hukum boleh atau tidaknya.

Maka dari itu didalam artikel ini juga dibahas terkait hukumnya mengucapkan hari raya untuk agam lain baik dari MUI dan juga dari pendapat para mazhab Islam.

Mengucapkan Natal Menurut MUI

Sebelum masuk dalam penjelasan terkait ucapan natal yang baik dari muslim maka pahami terlebih dahulu hukum mengucapkannya menurut Majlis Ulama Indonesia “MUI”.

Fatma MUI sempat dikeluarkan saat ada kegiatan ijtima para ulama menurut ketua MUI Jatim yakni “KH Ma’ruf Khozin”.

Beliau berpendapat ketika mengucapkan selamat hari raya kepada pemeluk agama lain, hal ini termasuk bagian dari kegiatan sosial.

Jika dipahami memang tidak bisa dipungkiri karena negara indonesia memiliki 5 agama yang diakui secara sah dan berketuhanan sesuai pancasila.

Tentunya hal ini tidak dapat berjauhan selagi niatnya untuk sosial yakni mempererat hubungan antar manusia.

“Demi terjalin dan terciptanya kehidupan masyarakat yang penuh harmonis, rukun, serta damai,” tambahnya.

Contoh Ucapan Natal Yang Baik Dari Muslim

Contoh-Ucapan-Natal-Yang-Baik-Dari-Muslim

Setelah mengetahui boleh atau tidaknya mengucapkan selamat hari raya untuk agama lain. Maka selanjutnya didalam artikel ini akan diberikan beberapa contoh ucapan selamat hari raya agama lain yang boleh dipakai ummat muslim.

Ucapan Natal Untuk Sebuah Harapan Dan Kasih Sayang

  • “Selamat Hari Raya dan tahun baru, semoga kamu sukses selalu. Semoga terang dihari raya ini akan menetap di hati sanubari dan menjadi wasilah terang bagi keluarga serta sesama.
  • “Selamat bahagia dihari raya 2022, semoga damai hari ini membersamai seluruh umat dan kebahagiaan selalu dirasakan karena Tuhan telah hadir bersama kita.”
  • “Semoga Tuhan membawa banyak kebaikan dan kebahagiaan untuk keluarga kita di hari raya ini! Selamat hari raya
  • “Di sela hiruk-pikuk kesibukan dunia ini terdapat keindahan yang nyata di antara orang-orang yang tercinta. Semoga keindahan dan sukacita yang dirasakan ini terus bersama kita selamat hari raya dan tahun baru!”
  • “Semoga hari raya Anda selalu bersinar dan liburan Anda selalu dipenuhi dengan cinta dan kasih sayang Selamat hari raya…
  • “Semoga kamu yang menajalankan hari raya selalu bahagia, sukses, dan tetap sehat. Semoga dihari raya ini penuh dengan semangat tentang kebaikan! Selamat hari raya…
  • “Semoga kebahagiaan yang teraman besar ini menjadi awal dari tahun yang diberkahi dan sehingga hanya yang ada kedamaian. Selamat hari raya..
  • “Selamat hari raya. Semoga kesuksesan selalu membersamaimu.
  • “Pikiran positif dan harapan yang terbaik untuk hari raya dan tahun baru yang indah di dalam hidupmu. Semoga yang ada hanya kedamaian, cinta, dan kebaikan selalu ada pada dirimu.
  • “Selamat hari raya semoga semua yang terbaik membersamai langkahmu di hari ini, esok dan nanti.”

Ucapan Natal Untuk Sahabat Yang Terkasih

  • Engkau ialah orang baik yang pernah aku kenal. Semoga semangat dihari raya ini terus memberimu kebaikan.”
  • “Harapan untukmu dariku di hari raya ini adalah memperoleh banyak kebahagiaan dan kesenangan. Semoga di tahun baru ini, kamu semakin dianugrahi kebahagiaan Terima kasih untukmu engkau telah menjadi teman yang terbaik diantara yang terbaik.”
  • Hari raya ini menjadi istimewa saat didampingi oleh orang-orang yang terkasih. Meski diriku sendiri tidak ikut merayakannya, Akan tetapi harapanku kamu bisa merasakan kesenangan di hari raya ini.
  • “Selamat hari raya untuk sahabat karibku, engkau telah bekerja keras untuk keluarga dan juga dirimu.
  • Harapanku semoga duniamu penuh dengan kehangatan dan kebaikan di hari raya yang sejuk ini. Semoga hari rayamu terus penuh dengan kedamaian dan cinta dan kasih sayang.
  • “Selamat hari raya untuk sahabatku yang merayakannya saat ini, semoga liburan kalian diberkahi.
  • Terus berharap semoga engkau selalu damai dan sejahtera bukan hanya untuk hari raya ini, Akan tetapi untuk tahun baru dan kelanjutan hidupmu yang akan datang. Selamat hari raya untuk dirimu dan keluarga!
  • “Semoga engkau tetap merasakan kasih dan sayang dalam kegiatan selama hari raya ini. Dan semoga makhluk-makhluk tuhan serta bintang-bintang di langit yang bersinar lebih terang memberikan cahaya untukmu dan terus memberikan harapan yang baru didalam hidupmu.
  • “Semoga engkau selalu dalam kebahagiaan, hidup selalu sehat dan penuh dengan warna di hari raya ini. Engkau dapat menikmati semua waktu bersama keluarga, sahabat dan juga orang-orang yang saat ini kamu cintai.
  • “Semoga hari raya ini terus membawamu dalam keadaan damai dan terus membawa sinar terang seperti cahaya lilin yang menerangi dalam kegelapan.

Penutup

Demikianlah artikel yang dapat disampaikan terkait Ucapan Natal Yang Baik Dari Muslim. Semoga bermanfaat.

Mohon kiranya kritik dan saran membangun serta mohon diluruskan jika ada perkataan atau kalimat yang kurang tepat dalam penyampaian diartikel ini.

Cukup Sekian Dan Terimakasih

Baca Juga :