Arti Jazakallah Khairan Adalah (Keutamaan, Arab, Jawaban)

Jazakallah Khairan jika dipahami secara mendalam ternyata bukan hanya sekedar ucapan terimakasih saja, namun terkandung doa yang sangat baik.

Kalimat yang sering kali diucapkan oleh sesama muslim pada saat bertemu adalah Assalamualaiku, namun selain itu ada kalimat yang juga kerap kali diucapkan oleh muslim yakni Jazakallah Khairan.

Ucapan tersebut sering sangat baik jika diamalkan saat bertemu dengan rekan atau siapapun yang telah membantu atau memberikan sesuatu yang baik.

Sebagai bentuk rasa terimakasih kepada yang memberikan kebaikan sehingga layak dan pantas untuk diberikan ucapan doa Jazakallah.

Bagi kamu yang masih belum tahu terkait arti yang sebenarnya dari kalimat Jazakallah Khairan maka simak penjelasan didalam artikel ini.

Arti Dan Makna Jazakallah Khairan

Arti-Dan-Makna-Jazakallah-Khairan

Pada saat orang lain membentu atau memberikan sesuatu yang baik maka sebaiknya penerima memberikan ucapan minimal terimakasih.

Akan tetapi alangkah baiknya jika mengucapkan terimakasih dibarengi dengan ucapan doa sebagai wujud syukur atas kebaikan yang telah diberikan.

Padahal sangat dianjurkan oleh Rosulullah SAW didalam haditsnya yang diriwayatkan oleh “HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad

Bahwa Rosulullah SAW Bersabda :

مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرْوُفٌ فَلْيُجْزِئْهُ، فَإِنْ لَمْ يُجْزِئْهُ فَلْيُثْنِ عَلَيْهِ؛ فَإِنَّهُ إِذَا أَثْنَى عَلَيْهِ فَقَدْ شَكَرَهُ، وَإِنْ كَتَمَهُ فَقَدْ كَفَرَهُ، وَمَنْ تَحَلَّى بَمَا لَمْ يُعْطَ، فَكَأَنَّمَا لَبِسَ ثَوْبَيْ زُوْرٍ

Artinya : “Siapa yang memperoleh kebaikan dari orang lain, hendaknya dia membalasnya. Jika tidak menemukan sesuatu untuk membalasnya, hendaklah dia memuji orang tersebut, karena jika dia memujinya maka dia telah mensyukurinya. Jika dia menyembunyikannya, berarti dia telah mengingkari kebaikannya. Seorang yang berhias terhadap suatu (kebaikan) yang tidak dia kerjakan atau miliki, seakan-akan ia memakai dua helai pakaian kepalsuan.” (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad)

Kembali lagi kepada arti dan makna jazakallah khairan yakni berasal dari bahasa arab جزاك الله خيرا yang memiliki kandungan doa untuk seseorang.

Sedangkan artinya adalah “Semoga Allah SWT Membalas Kebaikan Kalian” pengucapan jazakallah khairan ditunjukkan kepada satu orang yang memberikan kebaikan.

Jika yang memberikan kebaikan adalah orang yang lebih dari 3 maka penucapannya جزاكم الله خيرا hampir sama namun berbeda pada dhomir yang menunjukkan arti banyak saja.

Ini juga sangat penting diketahui agar dikemudian hari tidak lagi salah dalam mengucapkan doa kepada orang yang telah memberikan kebaikan

Keutamaan Mengucapkan Jazakallah Khairan & Tulisan Arabnya

Keutamaan-Mengucapkan-Jazakallah-Khairan

Diatas sudah dijelaskan terkait arti dan makna Jazakallah Khairan tentunya tinggal pengemalan saja agar terbiasa saat mengucapkannya.

Segala sesuatu yang dianjurkan oleh Rosulullah SAW maka akan ada keutamaan didalamnya. Tidak ubahnya seperti kalimat Jazakallah Khairan yang memiliki banyak keutamaan jika diamalkan.

Salah satunya adalah meninggikan pujian kepada orang yang telah memberikan kebaikan.

Sebagaimana yang tercantum didalam hadits Rosulullah SAW :

عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى الثَّنَاءِ

Artinya: Usamah bin Zaid berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barang siapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: “Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian.” (HR. Tirmidzi)

Selain itu ada beberapa hal yang menjadi keutamaan dalam mengucapkan kalimat Jazakallah Khairan.

  • Semakin mengakui dan mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT
  • Hubungan terhadap orang yang telah berbuat baik semakin erat berkat doa yang di ucapkan
  • Mengikuti sunnah Rosulullah SAW pada saat mendoakan orang yang telah berbuat baik
  • Ucapan yang terkadung dalam kebaikan untuk orang yang baik

Jawaban atau Balasan Ucapan Jazakallah Khairan

Balasan-Ucapan-Jazakallah-Khairan

Umumnya ketika ada yang mendoakan maka akan dibalas juga dengan doa yang baik. Tidak ubahnya saat mendapatkan ucapan Jazakallah Khairan maka sebagai umat muslim yang baik akan membalas doa tersebut dengan yang baik.

Lalu bagaimanakah cara membelas atau menjawab ucapan Jazakallah Khairan agar tidak salah dan tidak menyalahi aturan.

Rosulullah juga telah mengajarkan kepada ummatnya untuk mendoakan kembali orang yang telah memberikan doa baik seperti jazakallah.

Adapun balasan doa yang diajarkan Rosulullah SAW adalah :

وَأَنْتُمْ مَعْشَرَ الْأَنْصَارِ فَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

Artinya : “Dan kamu sekalian wahai kaum Anshar, semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan.”

Dari hadits diatas sudah jelas bahwa ketika mendapatkan doa Jazakallah Khairan maka sebaiknya doakan kembali dengan ucapan فَجَزَاك اللهُ خَيْرًا.

Penutup

Demikianlah penjelasan terkait kalimat atau doa ucapan Jazakallah Khairan yang telah ditulis dalam sebuah artikel ayovaksindinkeskdi.id.

Semoga bermandfaat untuk menambah ilmu dan juga menambah pengamalan ketika diberikan kebaikan oleh orang lain.

Sebaliknya juga saat orang lain mendoakan kebaikan setelah memberikan sesuatu yang baik tersebut maka jawablah dengan doa فَجَزَاك اللهُ خَيْرًا.

Cukup Sekian Dan Terimakasih…..

Baca Juga :

Originally posted 2022-12-13 11:13:47.