1 Desember Memperingati Hari Apa – Mari Kita Simak !

1 Desember Memperingati Hari Apa – Pada tanggal pertama dipengujung tahun banyak fakta yang belum kita ketahui. Bahkan ada beberapa peristiwa dunia yang sampai saat ini belum kita sadari keberadaanya.

Sebagai masyarakat modern tentu hal seperti ini tidak boleh ketinggalan untuk diketahui. Yang dimana sudah banyak sekali media media informasi yang dapat dicari beberapa peristiwa dunia.

Seperti halnya yang akan kita bahas kali ini. Dimana pada tanggal tersebut ada sebagian negara atau seluruh negara memperingati secara bersama. Yuk kita simak penjelasan Ayovaksindinkeskdi.id berikut ini.

1 Desember Memperingati Hari AIDS Sedunia

1 Desember Memperingati Hari AIDS Sedunia

Pada tanggal 1 desember ini masih banyak yang belum mengetahui bahwa pada tanggal tersebut memperingati hari AIDS sedunia. Yang dimana bertujuan sebagai media untuk masyarakat kepola hidup bersih dan sehat.

Dengan adanya peringatan akan hal tersebut pada tanggal 1 desember. Membuat para pelaku atau sukarelawan kampanye bukan hanya berasal dari negara luar saja, namun banyak juga terdapat dindonesia.

Biasanya pada tanggal tersebut banyak mahasiswa atau aktivis tertentu yang berkampanye menyuarakan bahayanya AIDS. Dan memberikan beberapa penyuluhan dari dampak bahaya pada penyakit menular tersebut.

Diindonesia sendiri bukan personel yang sedikit dalam menyuarakan hari AIDS sedunia yang diperingati pada 1 Desember. Dari kalangan pengguna medsos pun banyak yang menggunakan berita tagar pada setiap postingannya.

Dimana kita ketahui bahwa diindonesia sendiri banyak sekali kejadian yang tertangkap oleh pihak bewajib. Karena telah melakukan hubungan badan atau seks bebas yang menyebabkan terjangkit AIDS.

Dengan begitu penting sekali dengan adanya peringatan seperti ini seharusnya menjadi tanggung jawab tersendiri bagi masyarakat indonesia. Dan secara global untuk mengetahui betapa besarnya resiko penyakit menular yang satu ini.

Maka tidak heran jika PBB pada tahun 1988 membuat peringatan hari AIDS pada tanggal 1 desember.

Beberapa Peristiwa 1 Desember

Selain dari memperingati hari aids sedunia. Ada beberapa peristiwa yang wajib kalian ketahui sebagai sejarah dan informasi seputar dunia luar. Yang dimana diantaranya sebagai berikut ini.

1 Desember Memperingati Hari Nasional Rumania

Peristiwa 1 Desember Di dunia

Pada tanggal tersebut disebutkan bahwa bangsa rumania menetapkan sebagai hari nasional negaranya. Yang dimana rumania merupakan negara yang terletak dinegara eropa tengah.

Portugal Kembali Merdeka Dari Spanyol

Pada tanggal 1 Desember 1640 lalu. Portugal kembali merebut kedaulatannya yang membuatnya kembali merdeka dari kuasa spanyol. Yang membuat negara tersebut kembali merdeka pada tahun 1640.

Negara portugal sendiri merupakan negara kesatuan yang merupakan semi presidensial. Dengan berbentuk negara republik konstitusional dinegara bagian selatan.

Dan negara potugal ini berbatasan langsung dengan negara spanyol pada bagian utara dan timur negaranya. Sedangkan pada bagian barat negara ini berbatasan dengan samudra atlantik.

Islandia Menjadi Sebuah Kerajaan Mandiri

Pada tanggal 1 Desember 1918. Bangsa islandia menetapkan daerahnya sebagai sebuah kerjaan mandiri. Namun bangsa ini masih tergabung atau tetap satu dengan denmark.

Republik Afrika Tengah Merdeka Dari Prancis

Republik Afrika Tengah resmi merdeka dari jajahan prancis pada 1 Desember 1958. Yang dimana sebelum tahun tersebut afrika tengah masih menjadi jajakan negara prancis dan berkuasa selama beberapa tahun.

Dahulunya negara ini merupakan sebuah koloni prancis yang bernama Ubangi-Shari. Dan republik afrika tengah adalah sebuah negara pada pedalamanan afrika yang berbatasan langsung dengan sudan, republik demokratis kongo & kamerun.

Tragedi / Peristiwa Di Indonesia Pada 1 Desember

Sumatera Barat Diresmikan menjadi Kota

Jika kita membahas sebuah pertanyaan 1 desember memperingati hari apa. Tentu kalian akan penasaran dengan peristiwa apa yang terjadi pada tanggal tersebut diindonesia.

Untuk menambah wawasan kalian seputar sejarah diindonesia, dibawah ini aku sudah merangkum beberapa peristiwa. Mau tau 1 Desember Memperingati Hari Apa saja lihat penjelasannya dibawah ini.

1. 1 Desember Memperingati Hari SawahLunto, Sumatera Barat Diresmikan menjadi Kota

Pada tanggal 1 Desember 1888. Daerah pada bagian sumatera barat bernama sawahlunto resmi menjadi bagian dari kota besar disumatera barat tersebut. Kota yang terletak 95 KM dari kota padang.

Sawahlunto sendiri dikelilingi oleh beberapa kabupaten yakni kabupaten tanah datar, kabupaten solok, dan kabupaten sijunjung. Kota ini memiliki luas yakni 273,45 KM Persegi.

Dan memiliki 4 kecamatan dengan jumlah penduduk sekitar 66.962 jiwa pada data tahun 2021. Kota ini memiliki sebuatan sebagai kota tambang batubara, sempat sebagai kota mati sejak tambang dihentikan.

2. 1 Desember Memperingati Hari Hatta Mengundurkan Diri Sebagai Wapres

Dr. (H.C) Drs. H. Mohammad Hatta merupakan wakil presiden pertama yang ada diindonesia pada pemerintahan presiden soekarno. Yang merupakan seorang negarwan dan ekonom indonesia.

Hatta sendiri merupakan salah satu pemeran penting dalam terbentuknya kemerdekaan negara indonesia. Namun taukah kamu pada 1 Desember 1956 ia memutuskan untuk berhenti menjabat sebagai wakil presiden indonesia.

Peristiwa tersebut terjadi dengan kurun waktu yang cukup lama. Sejak tahun 1956 sampai dengan tahun 1973 kursi wapres RI kosong. Sontak peristiwa tersebut membuat heboh masyarakat indonesia bahkan sampai berita internasional.

3. 1 Desember Memperingati Hari Pembentukan Kabupaten Tabalong

Kabupaten Tabalong sendiri merupakan proses pemekaran dari kabupaten hulu sungai utara, kalimantan selatan. Yang dimana pemekaran tersebut terjadi pada tanggal 1 Desember 1965.

Dan saat ini kabupaten tabalong, kalimantan selatan. Telah memiliki penduduk sebanyak 218.964 Jiwa dan memiliki luas wilayah sebesar 3.767 Kilo meter persegi.

4. 1 Desember Memperingati Hari Turunnya BBM Bersubsidi

Sempat menjadi tren media masa, dan menjadi peristiwa langka. Dimana pada tanggal 1 desember 2008, pemerintah menurunkan BBM bersubsidi. Solar dari harga Rp.5.500,- menjadi Rp.5.000,- dan premium Rp.6.000,- menjadi Rp.5.500,-

Peristiwa Duka 1 Desember

Peristiwa Duka 1 Desember

Pada awal bulan desember pun tidak luput dari tragedi duka yang mengakibatkan kerugian dan korban jiwa. Yang dimana menjadi berita viral didunia, nah 1 Desember Memperingati Hari Apa saja? lihat peristiwa-peristiwanya seperti berikut.

1. 1 Desember Memperingati Hari Tragedi Boeing 727 DiDulles

Pada tanggal tersebut ada berita duka yang menggemparkan dunia penerbangan. Yang terjadi pada barat laut bandara internasional Dulles. Pesawat tersebut mengalami kecelakaan.

Dan tercatat ada 92 orang meninggal dunia pada tragedi mengenaskan tersebut. Yang merupakan berita heboh pada tahun 1974 lalu yang menyebar cepat melalui media masa.

2. 1 Desember Memperingati Hari Bandar Udara Polonia Terbakar

Pada Tahun 2007 tepatnya 1 desember merupakan hari yang kelam bagi daerah di kota medan. Yang dimana pada tanggal itu bandar udara milik daerah tersebut mengalami kebakaran.

Yang menyebabkan terhentinya kegiatan penerbangan dan mengalami kerugian. Bahkan sebelumnya pada tahun 2006 bandara ini juga mengalami kebakaran yang sama sama berasal dari arus pendek atau konsleting listrik.

Dan saat ini bandara tersebut dikenal sebagai pangkalan udara soewondo milik Tentara Nasional Indonesia. Demikian penjelasan mengenai 1 Desember Memperingati Hari Apa? Jangan lupa baca juga berita terkait lainnya seperti berikut.

Originally posted 2022-11-29 22:49:49.