Niat Sholat Qobliyah Subuh, Waktu Sholat Dan Keutamannya

Sholat Qobliah subuh merupakan salah satu dari sholat sunnah rawatib, yakni dikerjakan sebelum pelaksanaan sholat subuh.

Untuk syarat dan rukunnya sama seperti sholat pada umumnya yakni ada rukun 13 yang ikut serta dalam setiap rokaat.

Adapun salah satu dari rukun 13 tersebut adalah niat, bagi seorang muslim yang ingin melaksanakan sholat qobliah jika tidak niat maka tidak sah.

Maka dari itu perlu dipahami terkait niat sholat Qobliyah subuh tersebut agar ketika sholat tidak salah tujuan.

Bacaan Niat Sholat Qobliyah Subuh Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Niat Sholat Qobliyah Subuh

Adapun bacaan niat sholat qobliyah subuh yang perlu dipahami oleh seorang hamba yang ingin melaksanakannya adalah sebagai berikut.

اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Latin : Usholli sunnatash subhi rok’ataini qibliyatan mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.

Artinya : “Aku niat mengerjakan sholat sunnah sebelum subuh dua rakaat, menghadap kiblat karena Allah taala.”

Penting untuk dipahami, diatas merupakan lafads niat sholat qobliyah subuh, boleh dibaca didalam hati saat mulut berucap takbirotul ihrom.

Akan tetapi yang terpenting dalam niat tersebut adalah bukan hanya sekedar cara membacanya, namun diikut sertakan dalam setiap rukun yang ada didalam sholat sampai sholat tersebut selesai.

Karena pada dasarnya niat sholat hanyalah karena Allah SWT seperti yang terera dalam lafadz niat diatas.

Tidak boleh berniat melaksanakan sholat bukan selain Allah SWT, jika terjadi demikian maka cepat-cepat untuk meluruskan niat kembali.

Waktu Sholat Qobliyah Subuh berapa Rakaat

Waktu Sholat Qobliyah Subuh

Waktu pelaksanaan sholat qobliyah subuh adalah sesuai dengan nama sholatnya yakni dikerjakan sebelum melaksanakan sholat subuh atau setelah azan.

Adapun cara mengerjakannya tidak perlu lama-lama karena mengingat waktu sholat subuh tidaklah panjang.

Sebagaimana telah dijelaskan oleh Rosulullah SAW didalam sebuah hadis terkait waktu pelaksanaan sholat qobliyah subuh.

يُصَلِّى رَكْعَتَىِ الْفَجْرِ إِذَا سَمِعَ الأَذَانَ وَيُخَفِّفُهُمَا

Artinya : “Rasulullah SAW dahulu diam antara azan muazin hingga waktu sholat subuh. Sebelum mulai melaksanakan sholat subuh, beliau terlebih dahulu sholat dua rakaat ringan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Keutamaan Sholat Qobliyah Subuh

Keutamaan Sholat Qobliyah Subuh

Apabila ada sebuah amalan didalam islam yang dianjurkan oleh Rosulullah SAW atau bila dikerjakan maka terhitung ibadah sunnah.

Maka tentu memiliki keutamaan yang sangat besar dan dapat dirasakan oleh seorang hamba yang melaksanakan ibadah tersebut.

Adapun keutamaannya adalah sebagai berikut :

Lebih Baik Daripada Dunia Dan Seisinya

Keutaman yang pertama bagi seorang muslim yang mengerjakan sholat sunnah qobliah subuh yakni lebih baik daripada dunia dan seisinya.

Dengan adanya fadilah amalan sholat qobliah subuh tersebut maka seorang muslim akan senantiasa semangat dalam mengerjakannya.

Namun perlu dipahami niat hanya karena Allah SWT ketika melaksanakan ibadah sholat qobliyah subuh.

Keutamaan yang pertama ini diperjelas oleh baginda Rosulullah SAW

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya : “Dua raka’at sholat fajar (salat sunah qobliyah Subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725).

Didalam hadis lain juga Rosulullah SAW bersabda :

لَمْ يَكُنْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى شَيْءٍ مِنْ النَّوَافِلِ أَشَدَّ مِنْهُ تَعَاهُدًا عَلَى رَكْعَتَيْ الْفَجْر

Artinya : “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah melakukan satu sholat sunnah pun yang lebih beliau jaga dalam melaksanakannya melebihi dua rakaat sholat sunnah subuh.” (HR Bukhari 1093 dan Muslim 1191)

Mengikuti Sunnah Rosulullah SAW

Keutamaan yang kedua adalah dengan mengerjakan ibadah sholat qobliyah subuh maka seorang hamba bisa mengikuti sunnah Rosulullah SAW.

Karena Rosulullah SAW sangat menjaga rutinitas pelaksanaan sholat sunnah qobliyah subuh

Hal tersebut juga diabadikan dalam sebuah hadis bahwa Rosulullah SAW bersabda yang artinya :

Artinya : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu diam antara adzannya muadzin hingga shalat Shubuh. Sebelum shalat Shubuh dimulai, beliau dahului dengan dua raka’at ringan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Menyempurnakan Ibadah Sholat Wajib

keutamaan sholat qobliyah subuh selanjutnya adalah dapat menyempurnakan ibadah sholat wajib.

Dalam melaksanakan ibadah wajib tentunya banyak yang tidak diketahui terkait kekurangannya, karena sebagai manusia biasa tentunya tidak bisa sempurna saat melakukan ibadah wajib sekalipun.

Maka dari itu sangat tepat jika sebagai hamba Allah SWT yang menginginkan tambahnya ganjaran dalam ibadah rutinkanlah sholat qobliyah subuh.

Hal ini sudah disampaikan oleh baginda nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadist yang Artinya :

“Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia pada hari kiamat dari amalan-amalan mereka adalah shalat. Kemudian Allah Ta’ala mengatakan pada malaikatnya dan Dia lebih Mengetahui segala sesuatu, “Lihatlah kalian pada shalat hamba-Ku, apakah sempurna ataukah memiliki kekurangan? Jika shalatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun, jika shalatnya terdapat beberapa kekurangan, maka lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan shalat sunnah? Jika ia memiliki shalat sunnah, maka sempurnakanlah pahala bagi hamba-Ku dikarenakan shalat sunnah yang ia lakukan. Kemudian amalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu.” (HR. Abu Daud).

Di Bangunkan Rumah Oleh Allah Disurga

Selain dapat menyempurnakan ganjaran ibadah sholat wajib, keutamaan bagi seorang hamba yang rutin melaksanakan ibadah sholat sunnah qobliyah subuh.

Yakni akan dibangunkan oleh Allah SWT sebuah rumah di surga, tentunya setiap ummat muslim ingin memiliki hunian indah disurga.

Keterangan diatas dijelaskan didalam hadis yang dikatakan oleh Ummu Habibah RA.

Bahwa istri Rosulullah SAW berkata yang artinya :

“Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Seorang hamba yang muslim melakukan shalat sunnah yang bukan wajib, karena Allah, (sebanyak) dua belas rakaat dalam setiap hari, Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.” (Kemudian) Ummu Habibah radhiyallahu ‘anha berkata, “Setelah aku mendengar hadits ini aku tidak pernah meninggalkan shalat-shalat tersebut.” (HR. Muslim).

Keterangan

Semua keutamaan dalam pelaksanaan sholat qobliyah subuh bisa didapatkan, namun niatnya harus karena Allah SWT.

Apabila niat dalam pelaksanaanya karena ingin mendapatkan keutamaan seperti penjelasan diatas maka tentunya kurang pas dengan bacaan niat sholat qobliyah subuh yakni karena Allah SWT.

Jangan khawatir Allah SWT tidak pernah ingkar janji terhadap apa yang telah ditetapkan. Maka dari itu sekali lagi niatkan hanya karena Allah SWT agar nantinya Allah sendiri yang menilai seorang hamba tersebut layaknya mendapatkan kemulian.

Penutup

Hanya ini lah yang dapat disampaikan terkait Niat Sholat Qobliyah Subuh yang ditulis dalam sebuah artikel ayovaksindinkeskdi.id.

Semoga dapat bermanfaat untuk banyak ummat diseluruh dunia ini, terlebih bagi seorang muslim yang saat ini sedang mencari pemehaman tentang sholat sunnah Rawatib. Wallahu A’lam…..

Baca Juga :

Originally posted 2023-01-20 11:52:42.