15 Drama Korea Komedi Romantis Rating Tertinggi Terbaik 2023

Drama Korea komedi romantis menjadi genre tontonan populer yang banyak diminati. Bukan hanya di Korea, drakor saat ini sudah sangat booming dan disukai oleh orang yang ada di seluruh dunia, begitu juga Indonesia. 

Alur ceritanya yang menarik dan para pemain yang rupawan membuat drakor menyenangkan dan seru untuk ditonton. Premis cerita dikemas secara beragam dan tidak membosankan sehingga mampu menarik perhatian para penggemarnya.

Daftar Drama Korea Komedi Romantis yang Wajib Ditonton

Drama Korea memiliki banyak sekali genre, mulai dari fantasi, sejarah, romantis, dan lain sebagainya. Namun, drama Korea komedi romantis tetap menjadi yang paling unggulan karena memiliki alur cerita yang menarik. 

Nuansanya yang dikemas secara lucu dan berkesan romantis mampu merepresentasikan kehidupan nyata sehingga membuat penonton terhanyut dan menjadi gemas. Dihiasi dengan visual pemain yang menawan membuat jantung penonton berdebar dan baper. Inilah beberapa rekomendasi drakornya:  

1. Legend of The Blue Sea (2016)

Legend of The Blue Sea (2016)

Kepopuleran Lee Min-ho semakin menanjak di kalangan anak muda setelah berhasil membintangi drakor Boys Before Flowers. 

Di tahun 2016, Lee Min Ho membintangi drama bersama dengan artis Korea Selatan dengan bayaran termahal yaitu Jun Ji-hyun di drama Legend of The Blue Sea. 

Drama ini terinspirasi dari cerita legenda Joseon klasik tentang kehidupan percintaan anak keluarga bangsawan Kim Dam-ryeong (Lee Min-Ho) di masa lalu dengan seorang putri duyung Se Hwa (Jun Hi-hyun). 

Karakter setiap tokoh dibuat sangat kuat sehingga alurnya terasa sangat menarik. Diselipkan unsur komedi menyegarkan sehingga dapat membuat para penonton merasa terhibur. Visual yang menawan membuat drama terlihat sangat berwarna dan seru. 

Drama ini cukup panjang dengan 20 episode sehingga mampu memberikan kepuasan tersendiri. Kepopuleran drama ini mampu mengantarkannya untuk mendapatkan penghargaan dari SBS.

2. Yumi’s Cells (2021)

Yumi's Cells (2021)

Cerita drama ini mengadaptasi dari webtoon terkenal dengan judul sama. Diceritakan tentang Yumi (Kim Go-eun) yang merupakan wanita karir berusia 30-an single. Yumi merupakan tipe yang cenderung kesulitan untuk mengungkapkan perasaan. 

Namun melalui berbagai hubungan pertemanan, profesional, hingga romantis membuatnya dapat tumbuh dan menemukan kebahagiaan dalam menjalani kehidupan. Hal yang membuat drama ini menarik dan lucu adalah sel-sel yang ada di otak Yumi. 

Setiap sel melambangkan kemampuan Yumi, mulai dari cinta logika, dan lainnya. Mereka jugalah yang bekerja kerja agar Yumi dapat menghadapi berbagai masalah dan perubahan emosi yang dialaminya. 

Yumi’s Cells merupakan drama Korea komedi romantis bertema psikologis dengan ide cerita yang segar sekaligus menawarkan perspektif baru sehingga mampu memberikan nuansa yang berbeda.

3. A Business Proposal (2023)

A Business Proposal (2022)

Kisah drama Korea komedi romantis terbaru ini dikemas secara ringan sehingga cocok sekali untuk semua kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa. Cocok sekali untuk teman di waktu senggang yang menyenangkan. 

Diadaptasi melalui webtoon tahun 2017 berjudul sama, diceritakan seorang CEO muda bernama Kang Tae Mu (Ahn Hyo Seop) ikut kencan buta karena ide dari kakeknya. 

Tidak disengaja, ternyata yang menghadiri kencan buta tersebut adalah karyawannya Shin Ha-Ri (Kim Sejeong) yang menggantikan temannya dalam acara tersebut. 

Drakor dengan 12 episode ini menceritakan perjalanan hubungan palsu yang dijalin oleh keduanya untuk membohongi kakek Kang Tae Mu yang ingin cucunya segera menikah. 

Unsur komedi hadir saat Shin Ha-Ri berupaya untuk menyembunyikan identitas aslinya agar tidak ketahuan oleh bosnya.  

4. What’s Wrong with Secretary Kim (2018)

What’s Wrong with Secretary Kim (2018)

Chemistry antara pemain yang sangat kental dalam drama ini membuat Park Seo-joon dan Park Min-young sempat dikabarkan menjalin hubungan asmara. Artinya, drama ini mampu membuat para penonton menjadi baper hingga terbawa suasana. 

Dirilis tahun 2018, drama Korea komedi romantis satu ini berkisah tentang kehidupan Kim Mi-so yang menjadi sekretaris dan memiliki atasan bernama Lee Young-joon (Park Seo-joon). 

Lika-liku kehidupan hingga romansa akan dimunculkan dalam drama ini hingga membuat penonton merasa gemas hingga berdebar. 

Keputusan Kim Mi-so yang secara tiba-tiba memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan yang sudah dijalani selama 9 tahun menjadi awal cerita. Keputusan tersebut membuat Lee Young-joon kebingungan dan mencari berbagai cara lucu untuk dapat mencegahnya. 

Cerita semakin menarik dan seru dengan kemunculan kakak Lee Young-joon serta kisah trauma masa lalu yang perlahan mulai terbuka. 

5. Vincenzo (2021)

Vincenzo (2021)

Aktor ternama Korea Selatan, Song Joong-ki selalu hadir membawa kesegaran dalam setiap drama barunya. Hal inilah yang membuat drama Song Joong-ki selalu ditunggu oleh para penggemar. 

Drama Korea komedi romantis yang bagus ini diperankan oleh Song Joong-ki memiliki latar belakang cerita yang tidak biasa yaitu kehidupan tentang seorang pengacara sekaligus mafia kelas kakap yang berasal dari Italia. 

Drama ini berkisah tentang Vincenzo (Song Joong-ki) yang bekerjasama dengan pengacara Hong Cha Young (Jeon Yeo Bin) dalam membasmi kejahatan korupsi, pembunuhan, dan suap yang dilakukan oleh perusahaan ternama Babel Group. 

Alur yang misterius dibalut dengan unsur komedi sehingga terasa menyegarkan. Plot twist yang disuguhkan begitu menghibur dan menyenangkan untuk disaksikan.

6. Hometown Cha Cha Cha (2021)

Hometown Cha Cha Cha (2021)

Desa kecil bernama Gongjin yang berada di pinggir laut menjadi saksi cinta antara seorang dokter gigi yang baru pindah dengan warga setempat bernama Hong Du-Sik. Diperankan oleh Shin Min-A dan Kim Sun Ho membuat drama ini sangat populer. 

Hong Du-Sik (Kim Sun Ho) lebih dikenal oleh masyarakat setempat sebagai Chef Hong. Bukan hanya memiliki wajah tampan, namun juga memiliki segudang kemampuan dan kecerdasan. 

Hal inilah yang membuat Yoon Hye-Jin (Shin Min-A) menjadi penasaran untuk dapat mengenalnya lebih dalam. Meskipun tidak memiliki pekerjaan tetap, namun Hong Du-Sik selalu sibuk karena membantu para penduduk setempat untuk mengatasi berbagai kebutuhannya. 

Pertemuannya dengan dokter gigi menumbuhkan benih cinta diantara keduanya. Hingga mengungkap kisah trauma yang dialami Hong Du-Sik. 

Drama ini adalah hasil remake dari film Korea dengan judul Mr. Handy, Mr. Hong yang pernah tayang di tahun 2004. Karakter pemain pendukung yang lucu membuat drama ini terasa fresh, romantis namun menyentuh.

7. Twenty Five Twenty One (2023)

Twenty Five Twenty One (2022)

Sejak penayangan pertamanya, drama Korea komedi romantis bikin baper ini sudah mampu memikat penonton. Diperankan oleh pemain ternama seperti Nam Joo Hyuk, Kim Tae Ri, dan lainnya, plot kisah drama ini dimulai sejak masa SMA hingga dewasa. 

Drama ini berkisah tentang seorang atlet anggar bernama Na Hee Do siswa SMA dengan Baek Yi Jin yang bekerja paruh waktu karena bisnis keluarganya bangkrut saat umur 22 tahun. 

Plot cerita dihadirkan cukup misterius, seru, lucu, romantis, dan tidak jarang akan membuat penonton meneteskan air mata. Drama ini terdiri dari 16 episode yang sangat menarik untuk disaksikan.

8. Hospital Playlist

Hospital Playlist

Kisah persahabatan lima orang yang sudah terjalin sejak di sekolah kedokteran hingga semuanya berkecimpung di dunia kedokteran sangat menarik untuk saksikan. 

Drama ini menghadirkan bumbu lengkap, mulai dari kisah persahabatan, lucu, hingga romantis akan membuat kamu tertawa sendirian. Sejak season 1, drama ini sudah memiliki banyak penggemar hingga berlanjut ke season 2. 

Kelima dokter ini memiliki karakter yang berbeda dan mereka mengambil jurusan pekerjaan di bidang kedokteran yang berbeda juga. Hal inilah yang memberikan warna dan kesegaran baru para penonton untuk dapat terjun ke dalam alur cerita dan menikmatinya secara optimal. 

Kisah persahabatan yang seru ditengah petualangan keseharian mereka dalam bertanggung jawab merawat pasien, menjaga hubungan persahabatan, hingga percintaan menjadi plot utamanya. 

Drama ini dibintangi oleh Jo Jung-suk, Yoo Yeon-seok, Jung Kyung-ho, Kim Dae-myung, Jeon Mi-do, dan lainnya.

9. Itaewon Class (2020)

Itaewon Class (2020)

Drama Korea komedi romantis ini berkisah tentang perjalanan Park Sae-ro-yi yang berupaya melawan ketidakadilan yang diterimanya atas kematian sang ayah. 

Alur cerita drama ini diadaptasi dari webtoon sehingga sangat menarik untuk masuk dalam daftar tontonan yang akan menemani waktu senggang kamu. Dalam perjuangannya, Park Sae-ro-yi dibantu oleh Jo Yi-seo (Kim Da-mi) sehingga dapat membuka bisnis restoran di daerah Itaewon. 

Tujuannya adalah untuk mengalahkan bisnis Jang Geun-Won sebagai upaya pembalasan. Kisah perjuangan dilakukan dari 0 hingga akhirnya mampu meraih keberhasilan sehingga mampu memberikan inspirasi dan semangat bagi para penonton. 

Ditengah-tengah sulitnya bertahan dan bekerja keras untuk maju, drama ini juga menghadirkan bumbu romansa dan lucu sehingga terasa semakin seru. Didukung pemain seperti Jae-myung, Kwon Nara, dan lainnya membuat suasana cerita semakin menegangkan dan menyenangkan.

10. Dali and the Cocky Prince (2021)

Dali and the Cocky Prince (2021)

Judul drama Korea komedi romantis yang satu ini sudah sangat menarik. Drama menceritakan tentang seorang pangeran yang memiliki sikap menyebalkan.

Pangeran Jin Moo-Hak (Kim Min-Jae) adalah anak kedua yang berasal dari keluarga kaya yang mempunyai jaringan restoran waralaba terkenal bernama Dondom F&B. Meskipun merupakan anak orang kaya, namun ternyata Moo-Hak memiliki pendidikan yang kurang. 

Namun, dia sangat pandai mencari uang. Disisi lain ada Kim Da-Li (Park Gyu-Young) yang merupakan seorang peneliti galeri seni yang juga berasal dari orang kaya. Karakternya pintar dan menyenangkan, bahkan Da-Li mempunyai kemampuan menguasai 7 bahasa. 

Tapi galeri seni dan hidup Da-Li mulai mengalami kesulitan secara finansial sejak ayahnya meninggal dunia. 

Kedua tokoh utama bertemu tanpa mengenal satu dengan lainnya sebagai peminjam dan pemberi uang. Hubungan yang dijalin keduanya lama kelamaan menumbuhkan benih cinta yang membuat alur cerita terasa semakin seru.

11. My Roommate is a Gumiho (2021)

My Roommate is a Gumiho (2021)

Drama Korea komedi romantis populer satu ini mengadopsi cerita dari Webtoon yang berkisah tentang kisah asmara antara mahasiswa dengan seekor rubah berekor sembilan yang sudah berumur dan hidup ratusan tahun. 

Shin Woo-yeo (Jang Ki-yong) merupakan rubah ekor sembilan yang menggunakan sebuah kelereng untuk bisa mengumpulkan energi sehingga mampu menjadikannya manusia secara utuh. 

Namun tanpa disangka, kecelakaan terjadi sehingga membuat kelereng tersebut berpindah dan berada di dalam tubuh Lee Dam (Hye-ri) seorang mahasiswi yang mempunyai sifat ceroboh dan kocak. Karakternya sangat berbeda dengan Shin Woo-yeo yang terlihat tegas dan berwibawa. 

Cerita terasa lucu dan fresh melihat kebersamaan kedua karakter saling bekerjasama untuk dapat menyelesaikan misi dan membuat Shin Woo-yeo menjadi manusia. Akan ada kisah romansa yang membuat penonton merasa gemas sehingga sangat berwarna dan menarik.

12. She Was Pretty (2015)

She Was Pretty (2015)

Rekomendasi drama Korea komedi romantis yang satu ini sangat menghibur karena memiliki alur yang seru dan tingkah pemain yang kocak. Sejak ditayangkan pada 2015, kepopuleran drama ini tidak pernah redup dan masih disukai hingga sekarang. 

Diceritakan Kim Hye-Jin (Hwang Jung-eum) sejak kecil memiliki wajah yang cantik. Namun, bertambahnya usia membuat fisiknya menjadi berubah. Pada suatu ketika, dia bertemu kembali dengan sahabat masa kecilnya Ji Sung-joon (Park Seo-joon). 

Berbanding terbalik, sahabatnya yang dahulu sering diejek dan dikenal memiliki badan yang besar sekarang sudah tumbuh menjadi pria yang tampan dan sukses. 

Hal ini membuat Kim Hye-jin merasa malu dan meminta teman baiknya untuk berpura-pura menjadi dirinya dan menggantikannya bertemu dengan Ji Sung-joon. 

Tidak hanya menyuguhkan kisah cinta dan lika liku kehidupan kedua tokoh utama, namun drama ini mampu memberikan pesan yang menyentuh hati tentang bagaimana mencintai diri sendiri. Sentuhan komedi hadir dari Choi Si-won yang memiliki karakter konyol.

13. Crash Landing on You (2019)

Crash Landing on You (2019)

Bertabur bintang membuat drama ini mampu mencuri perhatian para penonton. Premis ceritanya sangat menarik sehingga tentu sayang sekali jika dilewatkan. 

Penghayatan yang dimainkan oleh Son Ye Jin sangat menakjubkan sehingga membuat penonton terkesima dan menilai drama ini telah masuk ke jajaran yang terbaik sepanjang masa. 

Drama bercerita tentang kehidupan konglomerat Yoon Se-ri (Seon Ye Jin) yang merupakan pewaris perusahaan ternama di Korea Selatan. 

Kisah cinta bermulai saat Yoon Se-ri yang tidak sengaja terdampar ke daerah Korea Utara karena kecelakaan paragliding. Dalam masalah tersebut, dia bertemu dengan tentara Korea utara Lee Jeong-hyuk (Hyun Bin). 

Seiring perjalanan, di hati keduanya timbul rasa saling suka diantara perseteruan yang terjadi antara kedua negara. Konflik dan cerita romansa akan menceritakan bagaimana kisah perjalanan cinta keduanya.

14. So I Married an Anti-Fan (2021)

So I Married an Anti-Fan (2021)

Kisah drakor ini menceritakan seorang reporter majalah Lee Geun-young (Choi Soo-young) yang merupakan seorang anti-fan idola K-Pop bernama Who Joon (Choi Tae-joon). Cerita bermula saat Lee Geun-young mendapatkan tugas melakukan liputan eksklusif terhadap Who Joon. 

Seiring berjalannya cerita, muncul sebuah kesalahpahaman yang mengakibatkan Lee Geun-young dituduh telah melakukan kekerasan terhadap Who Joon. Kelanjutan kisah menjadi semakin seru dan lucu karena upaya untuk meluruskan kesalahpahaman tersebut. 

Drama Korea komedi romantis menghadirkan kisah yang lucu namun meluluhkan hati. Kisah romantis keduanya sangat menyenangkan untuk disaksikan. Dikemas dalam 16 episode membuat kamu akan penasaran untuk menonton setiap episodenya.

15. Weightlifting Fairy Kim Bok-joo (2016)

Weightlifting Fairy Kim Bok-joo (2016)

Drama Korea komedi romantis yang diperankan oleh Nam Joo-hyuk dan Lee Sung-kyung menjadi jajaran yang paling populer di tahun 2016. Chemistry keduanya terbentuk sangat manis dan menggemaskan membuat keduanya digadang menjadi pasangan serasi. 

Drakor ini berkisah tentang kehidupan cinta antara atlet renang bernama Jung Joon-hyung dengan atlet angkat besi perempuan Kim Bok-joo. Awalnya Kim Bok-joo menaruh simpati dan jatuh cinta dengan seorang dokter yang saat diketahui ternyata saudara tiri Jung Joon-hyung. 

Alur cerita semakin menegangkan ketika Kim Bok-joo mulai mempertanyakan tentang hasratnya dalam bidang angkat besi. 

Namun, pada saat itu Jung Joon-hyung sudah mulai mencintai Kim Bok-joo. Tingkah dan perdebatan keduanya yang lucu membuat kamu bisa tertawa dan baper dengan nuansa romantis di antara keduanya.

Daftar drama Korea komedi romantis bisa menjadi referensi bagi kamu untuk mengisi waktu luang secara lebih menyenangkan. Drakor yang ditonton bukan hanya menarik karena pemainnya saja, namun mampu memberikan pelajaran berharga dan semangat untuk para penonton.

Baca Juga Artikel Lainnya :