Cara Cek Nomor IMEI iPhone Resmi ibox Online, Ori / Tidak

Bagaimana cara Cek IMEI iPhone? – Kita sudah tau kalau sekarang ada banyak sekali jenis handphone di pasaran, setiap bulannya smartphone jenis baru mucul dengan teknologi yang semakin canggih. Hal ini juga dilakukan oleh pasar apple dengan produknya yang bernama iphone.

Kini iphone mengeluarkan smartphone dengan versi yang lebih canggih yaitu iphone 14. Namun semakin banyaknya smartphone yang dikeluarkan oleh perusahan ini, semakin banyak pula pabrikan yang membuat versi tiruannya.

Bahkan versi tiruan ini pun sama persis dengan versi aslinya, hanya ada satu cara untuk membedakan mana iphone asli dan mana iphone yang bisa di bilang tidak resmi atau palsu.

Cara yang paling baik untuk membedakannya adalah dengan melakukan pengecekan nomor imei smartphone. Nah buat kamu yang belum tau bagaimana cara cek imei iphone, bisa lihat pembahasan berikut.

Seberapa Penting IMEI Handphone?

Seberapa Penting IMEI Handphone

Jika dilihat dari fungsinya, Nomor IMEI dapat digunakan untuk mengidentifikasi sebuah perangkat yang tidak adanya hubungan permanen atau semi permanen dengan pelanggan.

Dengan kata lain Nomor imei ini akan digunakan oleh jaringan operator GSM dalam mengidentifikasi perangkat smartphone, apakah perangkat tersebut valid atau tidak. Sehingga nomor imei ini sangat penting karena penggunaannya bisa mencegah akses jaringan di suatu negara.

Secara khusus, Nomor IMEI dapat mengaktifkan Sistem atau jaringan untuk mencegah telepon yang hilang atau dicuri saat melakukan panggilan. IMEI ini juga termasuk salah satu dari manajemen penggunaan perangkat seluler atau smartphone.

Hal ini juga biasanya dilakukan oleh orang yang sering membeli ponsel bekas, ia akan cek nomor IMEI untuk memeriksa apakah ponselnya terdaftar di Kemenperin (Kementerian Perindustrian RI) atau tidak.

Nomor IMEI ini juga dapat memberi informasi kepada pengguna terkait jaringan, asal negara dan jaringan asal perangkat, garansi, serta informasi operator yang digunakan.

Dengan demikian badan penegak hukum baik badan intelijen bisa menggunakan nomor IMEI ini untuk melacak perangkat dari mana saja meskipun jaraknya jauhnya.

Apabida terjadi sesuatu terhadap perangkat tersebut, penyedia layanan bisa menggunakan nomor IMEI untuk memasukkannya kedaftar hitam serta melakukan pemblokiran terhadap penggunaan perangkat.

Bagaimana Cara Kerja Nomor IMEI Iphone?

Bagaimana Cara Kerja Nomor IMEI Iphone

Hampir sebagian besar perangkat seluler menggunakan nomor IMEI, IMEI juga harus sudah terdaftar di Kementerian Perindustrian RI. Nah kamu juga bisa loh cek nomor IMEI sendiri.

Cara cek nomor IMEI yang paling umum adalah dengan melihat langsung pada casing yang tertera di dibalik baterai. Namun jika tidak semua bisa melakukannya, sehingga para perancang membuat cara yang mudah yaitu dengan mengetik *#06# pada papan tombol.

Tapi bagaimana jika perangkat Iphon kamu di curi? Jika perangkat seluler hilang atau dicuri, pemilik dapat menghubungi CEIR (Central Device Identity Registry) dan membuat laporan bahwa ponsel hilang atau di curi. Kemudian mereka akan memasukkan IMEI perangkat tersebut ke dalam daftar hitam.

Setelah pengguna sudah melewati tahap ini, maka telepon dengan IMEI yang dilaporkan tersebut tidak akan bisa digunakan kembali bahkan jika pencuri mengganti kartu SIM perangkat.

Meskipun ini bukan bukanlah tugas yang mudah, terkadang beberapa pihak yang terampil dan gigih dapat mengubah nomor IMEI, sehingga perangkat curian tersebut masih bisa digunakan untuk melakukan panggilan.

Nah itulah sebabnya jika kamu membeli smarphone terutama Iphone, sebaiknya simpan nomor IMEI kamu di tempat yang aman.

Cara Cek Nomor IMEI Iphone

Cara Cek Nomor IMEI Iphone

Setelah kamu mengetahui betapa pentingnya nomor IMEI ini di smartphone, pastinya kamu ingin kan cek nomor IMEI Iphone kamu. Jangan sampai karena kamu membeli smartphone bekan malah akan berdampak buruk di kemudian hari.

Ada banyak cara untuk melakukan cek nomor IMEI Iphone, beberapa diantaranya adalah seperti penjelasan berikut ini.

Cek IMEI iPhone Dari Menu Pengaturan

Cek IMEI iPhone Dari Menu Pengaturan

Cara paling mudah untuk cek IMEI di iPhone adalah dengan menu pengaturan yang ada di ponsel. Hal ini tentunya sangat mudah dan bisa dilakukan untuk semua jenis perangkat iphone. Untuk caranya lihat panduan berikut.

  • Pertama buka menu Setting.
  • Kemudian pilih menu General.
  • Lanjut dengan memilih opsi About.
  • Dalam menu ini cari dan pilih komom IMEI.
  • Jika benar kamu akan melihat 15 sampai 17 digit angka.

Cek IMEI Melalui SIM Slot

Cek IMEI Melalui SIM Slot

Jika cara adiatas tidak bisa dilakukan, ada juga cara lain, cara ini tidak mengharuskan kamu untuk membuka perangkat. Kamu bisa cek IMEI Iphone dari sLot SIM, disana akan tertera nomor seri sesuai dengan nomor IMEI iPhone yang digunakan.

Jadi untuk melakukan cara ini, kamu harus menggunakan tool yang bernama SIM Card Injector untuk membuka slot SIM. Nantinya dibagian sebelah kiri case, kamu bisa melihat angka atau nomor IMEI yang tertera.

Catatan : tidak semua jenis iphone bisa menggunakan cara cek iphone melalui slot SIM card ini.

Cek IMEI iPhone Dus Box

Cek IMEI iPhone Dus Box

Buat kamu yang baru saja membeli iPhone, baik itu baru atau pun bekas, kamu juga bisa melihat nomor IMEI langsung dari dus kemasan. Biasanya para pembeli akan langsung melihat nomor IMEI di kardus dan akan mencocokan nomor tersebut pada ponsel.

Kalau IMEI yang tertera sama, bisa dipastikan kalau iPhone tersebut adalah asli dan sudah terdaftar di Apple. Namun untuk memastikannya kembali kamu bisa cek IMEI iphone tersbut di kemenperin.go.id.

Jika kamu belum tau cara cek nomor IMEI iphone melalui kemenperin, bisa lhiat panduan berikut.

Menggunakan Situs Kemenperin.go.id

Menggunakan Situs Kemenperin.go.id
  • Buka aplikasi web browser, dan kunjungi situs kemenperin di imei.kemenperin.go.id.
  • Selanjutnya ketikkan nomor IMEI yang tertera di ponsel.
  • Kemudian pilih tombol search atau cari.
  • maka akan tampil halaman baru terkait informasi yang perangkat yang kamu gunakan apakah sudah terdaftar di Kemenperin atau belum.

Menggunakan Aplikasi Finder dan iTunes

Menggunakan Aplikasi Finder dan iTunes

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk cek IMEI iPhone adalah dengan menggunakan aplikasi Finder dan iTunes. Caranya pun sangat mudah kamu hanya perlu menyiapkan perangkat Laptop yang sudah terpasang aplikasi Finder dan iTunes.

Jika semua sudah dipersiapkan, maka bisa ikuti langkah-langkah berikut.

  • Sambungkan iPhone ke komputer yang sudah terinstal Finder dan iTunes.
  • Jika kamu menggunakan Mac dengan macOS atau versi lebih baru, buka aplikasi Finder.
  • Jika kamu menggunakan Mac dengan macOS Mojave atau versi lama, kamu bisa menggunakan aplikasi iTunes.
  • Pilih Locate your device untuk kamu yang menggunakan apliakasi Finder dan lihat nomor IMEI di General Tab.
  • Sementara bagi kamu yang menggunakan aplikasi iTunes, kamu bisa memilih Summary untuk mendapatkan informasi nomor IMEI Iphone.

Catatan : Jika tidak muncul pilih Phone Number atau Model Perangkat untuk menemukan nomor IMEI.

Cek IMEI di Situs Apple Id

Cek IMEI di Situs Apple Id

Cara yang terakhir untuk cek IMEI iPhone adalah dengan mengunjungi situs resmi Apple. Hanya sebagian orang saja yang menggunakan cara ini, namun cara ini juga bisa kamu gunakan, untuk caranya lihat langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi web browser kemudian di halaman url ketikkan https://appleid.apple.com/ atau klik disini.
  • Di halaman beranda lakukan login akun menggunakan ID terdaftar ponsel iPhone.
  • Selanjutnya pilih Device untuk melihat informasi nomor IMEI Iphone yang digunakan.

Demikian informasi yang kami berikan, semoga dapat menambah pengetahuan terkait berbagai cara cek IMEI iphone terbaru. Untuk informasi lainnya kamu bisa lihat artikel berikut.

Originally posted 2022-11-14 13:10:23.