Angka Dalam Bahasa Inggris dan Cara Membacanya (Terlengkap)

Belajar angka merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah. Belajar angka dalam bahasa Indonesia sudah dimulai sejak duduk di kelas 1 SD meskipun baru perkenalan. Bagaimanakah dengan pelajaran angka dalam bahasa Inggris

Sebagaimana bahasa Indonesia, belajar angka berbahasa Inggris umumnya juga akan diberikan pada awal pendidikan. Jika angka dalam bahasa Indonesia diberikan sejak masuk SD, angka bahasa Inggris mungkin baru dimulai ketika masuk kelas 1 SMP.

Belajar angka-angka dalam bahasa Inggris sebenarnya tidak sulit, hampir sama dengan saat mengenal dan mempelajari angka dengan bahasa Indonesia. Hanya saja, karena bahasa Inggris bukan bahasa persatuan yang digunakan sehari-hari, kadang lebih sulit mempelajarinya.

Belajar Angka dalam Bahasa Inggris : Cardinal Numbers

Belajar Angka dalam Bahasa Inggris

Angka-angka di dalam bahasa Inggris ada yang dinamakan atau digolongkan sebagai cardinal number. Apa yang dimaksud dengan cardinal numbers itu? Cardinal numbers adalah angka-angka berbahasa Inggris yang menunjukkan jumlah dalam bilangan bulat.

Cardinal number tersebut terdiri dari basic number atau angka-angka satuan, puluhan, belasan, ratusan dan seterusnya. Penggunaan cardinal numbers biasanya adalah untuk :

  • Menghitung sesuatu
  • Menyebutkan umur atau usia
  • Menyebutkan nomor telepon
  • Menyebutkan angka-angka tahun

Contoh-contoh cardinal numbers diantaranya :

  • 1 (one)
  • 10 (ten)
  • 20 (twenty)
  • 100 (one hundret)
  • 1000 (one thousand)

Pada beberapa situasi, orang-orang kadang menyebutkan angka-angka cardinal dengan cara menyingkatnya. Sebagai contoh, one hundred disebut dengan “a hundred”, one thousand disebut “a thousand” dan seterusnya. Dalam bahasa Inggris “a” artinya sebuah atau 1 (satu).

Penyingkatan penyebutan angka kerap dilakukan ketika angka tersebut jumlahnya banyak, seperti ribuan, jutaan dan ratusan ribu dan seterusnya. Misalnya, 1250 akan diucapkan dengan “a thousand and two hundred fifty

Mudahnya, pengertian cardinal numbers dalam bahasa Indonesia adalah bilangan biasa. Agar lebih jelas, lihat tabel berikut ini.


Cardinal Numbers

Bahasa Inggris 

Bahasa Indonesia

1

one

satu

10

ten 

sepuluh 

100

one (a) hundred

seratus

1.000
 one (a) thousand
seribu

10.000

ten thousand

sepuluh ribu

100.000

one (a) hundred thousand 

seratus ribu

1.000.000

one (a) million 

satu juta

Contoh kalimat yang menggunakan cardinal number.

  1. I bring ten books in my bag ( Saya membawa lima buah buka di tas)
  2. There are 30 student in my class ( Ada tiga puluh siswa di kelas saya)
  3. I am 17 years old ( Saya berumur 17 tahun)
  4. My little brother was born in 2017, and now he’s 5 years old ( Adik saya lahir pada tahun 2017 dan sekarang berusia 5 tahun).
  5. My mother buy 2 eggs for breakfast ( Ibu saya membeli 2 butir telur untuk sarapan)

Belajar Angka dalam Bahasa Inggris : Ordinal Numbers

Selain cardinal numbers, bahasa Inggris juga mengenal ordinal numbers atau angka bertingkat. Fungsi angka ordinal dalam bahasa Inggris adalah untuk menyebutkan urutan, menerangkan posisi dan juga tahapan.

Contoh ordinal numbers misalnya :

  • 1 th atau first, yang artinya urutan pertama
  • 2nd atau second, yang berarti kedua
  • 3th atau third, yang artinya ketiga
  • 4th atau forth, yang artinya keempat dan seterusnya.

Keterangan lebih jelas bagaimana menyebutkan angka dalam bahasa Inggris ordinal numbers bisa dilihat pada tabel berikut.


Ordinal Numbers

Bahasa Inggris 

Bahasa Indonesia

1st

first 

kesatu/ pertama

2nd

second 

kedua  

3th

third 

ketiga 

4th
 fourth 
keempat 

5th

fifth 

kelima 

20th

twentieth  

kedua puluh

32nd

thirty second  

ketiga puluh dua

43th

forthty third 

keempat puluh tiga

100th

one hundredth

keseratus ribu

Perlu dicatat, cara penulisan dan pengucapan ordinal numbers ini sedikit berbeda dengan cardinal numbes, karena menyatakan urutan, posisi atau tahapan. Perhatikan baik-baik cara penulisan ordinal numbers, ada penambahan “st”, “nd” dan “th” setelah angka-angka.

Penambahan tersebut bukan tidak ada artinya, justru itulah yang menunjukkan urutan dari sesuatu. Urutan pertama diakhiri dengan “st” setelah angka 1, urutan kedua ditunjukkan dengan penambahan “nd” setelah angka 2, dan 3 ditambahkan “th”. 

Nah, setelah urutan 3 maka bilangan akan selalu diakhiri dengan “th”  di belakang angka. Begitu seterusnya hingga angka yang sebesar-besarnya seperti contoh pada tabel di atas.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat menggunakan ordinal numbers.

  1. My dad birthday is on 6th of August (Ulang tahun ayah saya adalah tanggal 6 Agustus)
  2. He’s looks so cute since the first time I met him ( Dia terlihat begitu menarik sejak pertama kali saya bertemu dengannya).
  3. This is my 2n time join a english club ( Ini adalah kedua kalinya saya bergabung dengan klub bahasa Inggris).
  4. She’s my third little sisters, her name is Sintia ( Dia adalah adik ketiga saya, namanya adalah Sintia).
  5. My mom very happy because she’s gets the first place on cooking competetion ( Ibu saya sangat bahagia karena berhasil mendapatkan juara pertama pada kejuaraan memasak)

Belajar Angka dalam Bahasa Inggris : Negative Numbers

Negative Numbers

Kalau dalam bahasa Indonesia dikenal ada angka yang menggunakan minus ( – ), misalnya untuk penyebutan suhu udara, maka hal yang sama juga berlaku pada bahasa Inggris. Angka yang menunjukkan bilangan minus disebut dengan negative numbers.

Negative numbers ini termasuk penting dalam belajar angka dalam bahasa Inggris, karena mempengaruhi cara bacanya. Jika dalam bahasa Indonesia kita tetap menyebutkannya dengan “minus”, apakah peraturan yang sama berlaku pada angka bahasa Inggris?

Ternyata tidak sama dengan bahasa Indonesia, karena cara mengucapkan angka minus dalam bahasa Inggris adalah menggunakan kata “below” yang artinya di bawah atau kurang dari. Misalnya, suhu -30°C akan diucapkan “thirty below”. Kata below sendiri berarti below zero atau kurang dari nol.

Penyebutan minus dengan below terutama berlaku pada bahasa American English, atau kita mengenalnya sebagai bahasa Inggris ala Amerika. Sedangkan secara umum, ada juga orang yang tetap mengucapkan minus dengan “minus” atau “negative”.

Contoh kalimat negatif dengan pengucapan yang sama misalnya -7.5 akan dibaca “minus seven point five” atau bisa juga dibaca “negative seven point five”. Pengucapan minus yang diganti dengan below memang lebih sering digunakan untuk menyatakan suhu atau temperatur.

Belajar Angka Desimal dalam Bahasa Inggris (Decimal Numbers)

Bagaimanakah kalau kamu menemui angka-angka desimal dalam bahasa Inggris? Penulisan angka desimal atau decimal numbers pada bahasa Inggris pada prinsipnya sama dengan bahasa Indonesia, yaitu menggunakan tanda koma (,) diantara bilangan bulat dan pecahannya.

Contoh cara penulisan dan pengucapan angka desimal dalam bahasa Inggris bisa kamu lihat melalui tabel berikut.


Decimal Numbers

Bahasa Inggris 

Bahasa Indonesia

0,25

zero point twenty five

nol koma duapuluh lima

3,5

three point five 

tiga koma lima

5,0

five point zero

lima koma nol

7,3
 seven point three
tujuh koma tiga

0,05

zero point zero five 

nol koma nol lima

10,15

ten point fifthteen 

sepuluh koma lima belas

0,75

zero point seventy five 

nol koma tujuh lima 

0,001

zero point zero zero one

nol koma no nol satu

9,02

nine pont zero two

sembilan koma zero two

Belajar Fraction Numbers (Angka Pecahan)

Belajar Fraction Numbers (Angka Pecahan)

Kalau ingin memahami semua angka dalam bahasa Inggris, maka harus belajar juga tentang angka pecahan atau disebut dengan fraction numbers. Pada pelajaran matematika pastinya sudah dijelaskan bahwa angka pecahan terdiri dari angka pembilang dan angka pembagi.

Bagaimanakah cara pengucapan angka pecahan dalam bahasa Inggris, lihat pada tabel di bawah ini.


Ordinal Numbers

Bahasa Inggris 

Bahasa Indonesia

½ 

a half 

setengah

31/2 

three and a half 

tiga setengah

1/6

one sixth

seperenam 

7 2/3
 seven and two third 
tujuh dua pertiga

2/4

two fourth

dua per empat

5 4/9

five and four nineth

lima empat per sembilan

Catatan khusus pada cara pengucapan atau cara membaca angka pecahan dalam bahasa Inggris adalah pada bilangan 1/2. Angka ½ tidak dibaca one two melainkan a half. Hal yang sama berlaku untuk angka ¼.

Lazimnya, angka ¼ diucapkan “a quarter” meskipun ada juga yang tetap membacanya dengan “a fourth”.

Contohnya ketika kamu membaca jam, saat itu angka pada arloji menunjukkan jam 07.15 atau tujuh seperempat dalam bahasa Indonesia, maka di pada bahasa Inggris dibaca “a quarter of seven”. Namun, kamu tetap boleh menyebutnya dengan “seven and a fourth” meskipun tidak lazim.

Belajar Angka Persentase (Percentage Numbers)

Angka berbahasa Inggris juga ada persentase, layaknya angka dalam bahasa Indonesia. Sebagaimana dalam bahasa Indonesia, angka persentase adalah bilangan yang diikuti dengan simbol “%”. Bagaimanakah cara membaca angka persen dalam bahasa Inggris?


Percentage Numbers

Bahasa Inggris 

Bahasa Indonesia

2%

two percent 

dua persen

35% 

thirthy five percent 

tiga puluh lima persen

50%

fifty percent 

lima puluh persen

13% 
 thirthteen percent 
tiga belas persen

101%

one hundred and one percent 

seratus satu persen

Angka Nilai Uang

Angka Nilai Uang

Bagaimanakah kalau kamu diminta untuk membaca nilai uang dalam bahasa Inggris? Caranya mudah, kamu baca dulu angka atau bilangan bulatnya, setelah itu sebutkan mata uangnya. Jika nominal mata uang memakai pacahan, ucapkan desimal sebagai angka bulat.

Pembacaan angka desimal pada nilai mata uang tidak lagi memakai “point” namun langsung angkanya. Agar lebih jelas, kamu simak contohnya pada tabel berikut ini.


Nilai Mata Uang

Bahasa Inggris 

Bahasa Indonesia

2$

two dollars

dua dolar 

35$ 

thirthy -five dollars

tiga puluh lima dolar

150¥

one hundred and fifty yen

seratus lima puluh yen

250.25$
 two hundred-fifthy and twenty five cen
dua ratus ribu dua puluh lima sen

₤20.50

twenty pounds fifty 

dua puluh pounds lima puluh sen

Bahasa Inggris sebenarnya tidaklah sulit selama kamu paham bagaimana peraturannya. Begitu juga saat belajar angka-angka pada bahasa Inggris, pada prinsipnya tidak jauh beda dengan bahasa Indonesia. Jenisnya juga sama, satuan, puluhan, ratusan, ribuan dan seterusnya. 

Angka dalam bahasa Inggris juga dibagi menjadi beberapa jenis, seperti bahasa Indonesia, termasuk ada pecahan, desimal, mata uang dan sebagainya. Kamu hanya tinggal mengingat apakah jenis angka tersebut dan bagaimana rumusnya. Misalnya, urutan ditambahkan dengan akhiran “th”.

Baca Juga Artikel Lainnya: