Pidato Perpisahan Kelas 9 Pendek Yang Sangat Menyentuh

Dalam sebuah acara perpisahan, pastinya akan ada agenda pidato dari perwakilan murid yang mengadakan perpisahan. Baik itu murid kelas 9 ataupun murid kelas 9. Dalam merayakan kelulusan, pidato perpisahan kelas 9 dan kelas 12 menjadi sebuah momen penting dalam acara tersebut.

Dalam membuat rancangan sebuah pidato, susunan kata-kata yang digunakan haruslah menarik, tegas, singkat, padat dan mudah dimengerti. Hal ini bertujuan agar audiens yang mendengarkan pidato selalu tertarik dengan materi pidato dan tidak mudah bosan.

Selain itu, kata-kata yang digunakan harus bisa menyampaikan maksud dari isi pidato dengan mudah. Kerap kali penyusunan kata-kata dalam berpidato terdengar berbelit-belit dan sulit untuk dimengerti. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini disajikan beberapa contoh pidato untuk perpisahan.

Ulasan Singkat Pidato Perpisahan Kelas 9

Ulasan Singkat Pidato Perpisahan Kelas 9

Pidato yang diadakan dalam acara perpisahan kelas 9 mengutamakan tema perpisahan, rasa sedih saat akan berpisah, penyampaian kesan dan pesan selama belajar baik itu dengan guru-guru atau pun dengan teman-teman seperjuangan.

Di samping itu juga harus mencakup rasa syukur atas kelulusan dan siap melangkah memulai babak baru untuk jenjang pendidikan selanjutnya yaitu SMA. Dilanjutkan dengan pesan-pesan untuk adik-adik kelas yang akan meneruskan perjuangan sebagai siswa SMP di sekolah tersebut.

Agar pidato yang disampaikan tersebut bisa berkesan dan tidak dilupakan begitu saja, maka kamu bisa mengikuti beberapa contoh pidato menarik di bawah ini. Pastikan untuk tidak merujuk pada satu contoh pidato saja, ya!

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 Menarik dan Penuh Makna

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 Menarik dan Penuh Makna

Menghabiskan waktu selama tiga tahun baik itu di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs) tentunya banyak sekali hal menarik yang patut untuk disyukuri. Wujud rasa syukur tersebut bisa saja dituangkan dalam pidato perpisahan.

Ini tidak hanya menjadi kenang-kenangan tapi juga memberikan pelajaran dan inspirasi bagi adik-adik kelas untuk menjalani tanggung jawab sebagai siswa SMP atau MTs hingga mereka lulus. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan pentingnya agenda pidato saat acara perpisahan.

1. Pidato Perpisahan Kelas 9 dengan Bahasa Singkat

  1. Pembukaan

Selamat pagi Bapak, Ibu, Teman-teman dan adik-adik semuanya. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Yang saya hormati Bapak/Ibu Kepala Sekolah (nama sekolah yang bersangkutan) dan jajaran Wakil Kepala Sekolah. Yang saya hormati Bapak/Ibu staff pengajar dan tenaga pendidik (nama sekolah yang bersangkutan). Dan seterusnya rekan-rekan dan adik kelas yang sangat saya cintai.

Puji syukur saya ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua hingga dapat berkumpul dalam acara perpisahan kelas sembilan pada hari ini. Kita kirimkan shalawat dan salam kepada junjungan Islam yakni Nabi Muhammda SAW.

  1. Isi Pidato

Saya sebagai perwakilan rekan-rekan saya dari kelas sembilan, saya ingin menyampaikan beberapa kesan hingga pesan dan ucapan terima kasih kepada semua hadirin yang hadir pada hari ini. Tidak terasa, pada hari ini kami sampai pada penghujung perjuangan dalam masa Sekolah Menengah Pertama.

Selama menjalani kehidupan sebagai siswa SMP/MTs, kami telah mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran berharga yang kami dapat dari Bapak/Ibu guru, teman-teman hingga adik kelas kami. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas setiap pelajaran tersebut.

Pertama, untuk para guru dan seluruh staff, kami ucapkan banyak terima kasih karena dengan sabar telah mengajar dan mendidik kami menjadi generasi yang bisa diandalkan di masa depan. Terima kasih telah mengajarkan kami disiplin ilmu yang berharga dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu banyak hal.

Sehingga pada kesempatan ini saya ucapkan banyak terima kasih ata semua jasa dan pengorbanan yang sudah Bapak/Ibu berikan kepada kami. Semoga lelah dan keringatmu di balas dengan kebaikan yang berlipat ganda oleh Allah SWT.

Kedua, untuk adik-adik kelas yang akan menjadi penerus generasi kami selanjutnya. Teruslah bersemangat dalam menggapai impian. Raihlah cita-citamu dengan sungguh-sungguh agar selalu menjadi murid kebanggaan bagi guru-guru dan orang tuamu.

  1. Penutup

Para hadirin yang berbahagia, setelah lulus dan melangkahkan kaki melewati sekolah ini, kami akan terus berjuang menggapai impian dan cita-cita. Kami harap semua kenangan yang pernah terjadi selama kami menempuh pendidikan akan selalu diingat dan menjadi kenangan yang sangat indah.

Sisi positif akan kami jadikan sebagai motivasi untuk terus belajar dan menjadi lebih baik. Sisi negatif yang pernah terjadi akan kami jadikan sebagai pelajaran agar tidak terulang dan menjadi peringatan bagi kami. Mungkin hanya itu yang dapat saya curahkan dalam kesempatan kali ini.

Akhir kata saya ucapkan banyak terima kasih atas segala perhatian dan saya mohon maaf atas segala kekurangan. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Pidato Perpisahan Kelas 9 Menyentuh Hati

  1. Pembukaan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam semangat pagi dan salam sehat untuk kita semua. Pertama-tama, yang saya hormati Bapak/Ibu Kepala Sekolah (nama sekolah yang bersangkutan) beserta jajaran Wakil Kepala Sekolah.

Selanjutnya yang saya hormati Bapak/Ibu Staff Guru (nama sekolah yang bersangkutan) beserta jajaran tenaga pendidik, yang saya hormati Bapak/Ibu Wali Murid Kelas 9 yang paling berbahagia. Kemudian rekan-rekan seperjuangan dan adik-adik kelas yang saya cintai.

Melalui kesempatan dalam pidato perpisahan kelas 9 kali ini, marilah kita mengucapkan rasa syukur atas rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita dapat berkumpul dalam acara perpisahan sekaligus pelepasan kelas 9 (nama sekolah yang bersangkutan) pada pagi hari ini. 

Seterusnya tidak lupa pula kita kirimkan shalawat dan salam untuk baginda junjungan Islam yaitu Rasulullah SAW yang telah memberikan pencerahan kepada kita sebagai umatnya, dari zaman kegelapan jahiliyah menuju zaman dengan penuh ilmu pengetahuan seperti sekarang ini.

  1. Isi Pidato 1

Para hadirin, Bapak/Ibu serta rekan-rekan yang sangat berbahagia. Tibalah saatnya bagi kamu untuk meninggalkan masa sekolah di jenjang Sekolah Menengah Pertama. Tidak terasa kami telah sampai diujung perjuangan dalam menimba ilmu di jenjang pendidikan ini.

Selanjutnya kami akan meneruskan perjuangan di tingkat Sekolah Menengah Atas pilihan kami. Banyak sekali kenangan yang kami dapatkan selama bersekolah di sini. Pelajaran dan pengalaman berharga yang Bapak/Ibu guru berikan tidak akan sanggup untuk kami lupakan.

Saat pertama kali melangkahkan kaki untuk menimba ilmu di sini, kami hanyalah seorang anak kecil yang baru lulus Sekolah Dasar dan belum tahu banyak hal. Kini kami sudah beranjak remaja dan banyak sekali ilmu yang sudah kami peroleh dari Bapak/Ibu.

Kami yang awalnya tidak tahu dan tidak mengerti apapun, sekarang telah menjadi orang yang lebih berilmu dan mampu menjadi pribadi yang lebih dewasa dari sebelumnya. yang pada awalnya kami hanya tahu bermain, kini kami menjadi tahu apa arti ilmu yang sesungguhnya.

  1. Isi Pidato 2

Di sini melalui pidato perpisahan kelas 9, saya sebagai perwakilan dari rekan-rekan saya seperjuangan, ingin menyampaikan banyak terima kasih kepada Bapak/Ibu dan adik-adik semuanya. Selama bersekolah banyak sekali pelajaran baik dari segi ilmu maupun dalam segi kehidupan yang kami dapatkan.

Terima kasih telah sabar dalam menghadapi tingkah laku kami yang kadang membuat Bapak/Ibu marah, sedih bahkan jengkel. Kami adalah anak remaja yang masih belajar untuk terus memperbaiki diri dalam setiap tahap kehidupan. 

Kami juga memohon maaf atas sikap kami tersebut yang membuat Bapak/Ibu kecewa selama mengajar. Tidak ada satupun niat dalam hati kami untuk bertindak demikian. Kami hanya berusaha untuk mencari jati diri dan menyesuaikan kehidupan dalam masa peralihan ini.

Sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih dan ribuan kali permohonan maaf atas sikap dan kekhilafan kami. Kami akan selalu mengingat jasa yang sudah Bapak/Ibu korbankan untuk kami. 

Kemudian untuk adik-adik kelas, kami berharap kalian selalu semangat dalam setiap pembelajaran dan jangan mudah menyerah. Kejarlah cita-cita yang ingin kalian capai hingga kalian menjadi orang-orang yang sukses. 

Terakhir, untuk rekan-rekan seperjuangan. Setelah ini kita akan memulai babak baru. Banyak dari kita yang akan berpisah atau tetap bersama di sekolah yang baru. Teruslah berjuang dan menjadi kebanggaan untuk guru-guru dan orang tua kita.

  1. Penutup

Tidak banyak yang bisa saya sampaikan pada kesempatan di pidato perpisahan kelas 9 kali ini. Saya harap kita semua masih bisa saling berkomunikasi satu sama lain dan bisa menghadapi dunia bersama-sama. Teruslah bersyukur atas apa yang sudah didapatkan.

Setiap momen ambillah segi positif dan negatifnya. Jadikan sebagai pelajaran yang bisa membangun kehidupan menjadi lebih baik.

Mungkin cukup sekian pidato singkat saya. Saya memohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian dan saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatian yang sudah diberikan, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tips Menulis Pidato Perpisahan Kelas 9

Tips Menulis Pidato Perpisahan Kelas 9

Setelah melihat contoh naskah pidato di atas, berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu agar pidato yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh audiens.

1. Tentukan Topik dengan Tepat

Konteks atau topik pidato seperti ini pastinya sudah jelas, yakni mengenai perpisahan kelas 9. Kamu harus paham bagaimana arti dan maksud dari topik tersebut sebelum menulis pidato berdasarkan kerangkanya. Kamu bisa melakukan riset mengenai topik pidato perpisahan kelas 9.

Kemudian pokok argumentasi yang berkaitan dengan topik juga sangat penting dalam menyusun naskah pidato. Ini juga bisa menaksir durasi pidato yang akan dilakukan.

2. Mengetahui Tujuan dari Pidato

Pidato biasanya dilakukan untuk menyampaikan sesuatu terkait dengan tema tertentu. Dalam hal perpisahan, pastinya agenda pidato dijadikan sebagai momen untuk mencurahkan kesan pesan dan ucapan terima kasih baik dari pihak guru atau pun siswa.

Selain itu, kamu juga harus tahu apa yang bisa diambil oleh audiens setelah mendengarkan pidato yang disampaikan. Susun beberapa pertanyaan dan jawaban yang dapat menjawab tersebut sehingga kamu menjadi paham kenapa pidato dilakukan.

3. Memahami Karakter Audiens

Pastinya dalam menyampaikan pidato yang diharapkan adalah audiens dapat paham apa yang dibicarakan atau disampaikan. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengetahui siapa saja audiens yang terlibat, rentang umur audiens dan latar belakang audiens yang akan menghadiri agenda pidato tersebut. 

Dengan memahami penjelasan di atas, maka kamu sudah bisa membayangkan susunan atau isi pidato perpisahan kelas 9 yang akan disampaikan dalam berpidato. Jangan lupa lakukan riset dan modifikasi isi pidato sesuai dengan kondisi audiens kamu, ya!

Baca Juga Artikel Lainnya: