Cara Buat Link Whatsapp Dengan Teks dan Emoji Untuk Bisnis

WhatsApp merupakan aplikasi berbagi pesan yang saat ini menjadi aplikasi utama bagi para pengguna nya, hampir semua orang baik muda sampai orang tua sudah menggunakan aplikasi WhatsApp ini. Nah ada satu fitur baru yang bisa kamu gunakan yaitu membuat link yang akan secara langsung terhubung dengan WA kamu, bagaimana Cara Buat Link Whatsapp? Simak artikel kami ini.

WhatsApp saat ini sangat berkaitan dengan dunia bisnis tidak hanya untuk berbagi pesan biasa. Apalagi untuk para pembisnis WA sudah seperti senjata utama untuk berinteraksi dengan pelanggan, oleh sebab itu jika bisnis kamu memiliki akun Instagram atau website mungkin link WhatsApp sangat kamu butuhkan.

Apa Itu Link Whatsapp

Sebenarnya link WhatsApp adalah sebuah tautan yang akan mengarahkan orang untuk bisa secara langsung masuk kedalam WA dan bisa langsung berkomunikasi dengan kamu, tanpa harus memasukan atau menyimpan nomor WA kamu terlebih dahulu.

Contohnya sebuah website yang menjual atau memasarkan brand pakaian yang meletakan link tersebut di bagian “cotumer service” atau di bagian “hubungi kami” maka jika kamu menekan link tersebut kamu akan secara langsung masuk di aplikasi WA untuk mengirim pesan langsung ke bagian Costumer Service website tersebut.

Kamu tidak perlu repot – repot menyalin nomor telepon WA yang ada dan menyimpan nya terlebih dahulu untuk mengirim pesan kesana, karena dengan link ini semua nya menjadi otomatis.

Jika kamu seorang pembisnis dan ingin berinteraksi langsung dengan calon pelanggan kamu, maka link ini mungkin akan sangat berguna. Apalagi proses pembuatan nya yang tidak memerlukan biaya apapun alias gratis, maka tidak ada salah nya untuk kamu coba.

Saat ini sudah banyak website atau media sosial yang meletakan link ini dalam nya, mungkin kamu juga sudah pernah menggunakan link seperti ini untuk menghubungi owner atau bagian dari costumer service website atau media sosial yang kamu tuju.

Dengan menggunakan link ini maka website atau akun media sosial bisnis kamu akan terlihat semakin profesional di mata pelanggan, bahkan kamu bisa berkesempatan untuk menambah calon pelanggan dari bisnis kamu.

Cara Buat Link Whatsapp Bisnis Gratis

Cara Buat Link Whatsapp

Di dalam urusan jual beli yang di lakukan secara online maka link ini akan membantu penjual dan pembeli untuk saling berinteraksi, keuntungan bagi penjual adalah kamu bisa lebih meyakinkan pelanggan dengan keterangan produk yang kamu jabarkan secara langsung.

Dan untuk para pelanggan akan merasa puas karena bisa bertanya secara langsung mengenai produk atau jasa yang akan mereka beli atau gunakan. Oleh sebab itu untuk saat ini meletakan link WhatsApp di akun media sosial atau website bisnis adalah hal yang wajib

Membuat sebuah link WhatsApp memang sangat mudah dan juga gratis, namun cara atau langkah – langkah yang harus di lakukan akan berbeda tergantung di platform mana kamu membuat link tersebut. Untuk itu simak langkah – langkah nya di bawah ini.

1. Cara Buat Link Whatsapp dengan wa.me

Salah satu platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat link WA adalah wa.me di mana platform ini sudah banyak sekali di gunakan oleh para pembisnis di seluruh dunia untuk membuat link WhatsApp dari bisnis yang mereka jalani.

Cara untuk membuat link WA dengan situs ini juga sangat mudah bahkan jika kamu seorang yang awam sekalipun pasti kamu akan langsung terbiasa dengan situs ini, mengapa demikian, itu karena situs ini memiliki desain yang sangat minimalis.

Langkah – langkah untuk membuat link WA disini juga tergolong sangat sederhana dan mudah untuk di pahami. Apa saja langkah demi langkah nya? simak penjelasan lengkap nya di bawah ini yaa..

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuat link WhatsApp adalah memastikan jika “Nomor Telepon” yang akan kamu gunakan aktif.
  2. Pastikan juga kamu tau “Kode Negara” tampat bisnis kamu berjalan, misalkan kita di Indonesia maka kode negara nya adalah “62”.
  3. Format yang harus kamu pakai adalah “https://wa.me/Nomor WA”. Sebgai contoh kami akan memasukan nomor 08982807***.
  4. Maka format yang bisa kamu gunakan adalah “https://wa.me/628982807***”.
  5. Selesai. Nah format tersebut sudah menjadi “Link WhatsApp” dari wa yang akan kamu gunakan.

Jika kamu masih kebingungan mengapa menggunakan kode 62, itu karena wilayah Indonesia memiliki kode negara 62 dan kode ini juga bisa di gunakan sebagai pengganti dari angka 0 di dalam sebuah nomor ponsel.

2. Cara Buat Link Whatsapp Menggunakan Tulisan

Jika kamu menggunakan cara sebelum nya untuk membuat link WA maka kamu juga bisa menyematkan tulisan sebagai pesan yang akan di baca oleh pelanggan atau orang yang mau menghubungi kamu lewat link WA tersebut.

Nantinya pesan yang kamu buat akan muncul dengan otomatis dan akan bisa di baca oleh pelanggan. Format link yang bisa kamu gunakan adalah “https://wa.me/Nomor WA?text=Pesan yang Ingin Kamu Sampaikan”.

Jika pesan yang ingin kamu tampilkan terdiri dari beberapa kata maka di setiap kata kamu bisa sisipkan kode “%20” yang merupakan kode dari Spasi. Jika kamu memasukan spasi secara manual maka pesan kamu akan tampil dengan format yang berantakan.

Contoh jika kamu mau membuat link WhatsApp dan menyisipkan pesan “Ada yang Bisa Dibantu?” maka format yang harus kamu gunakan adalah “Https://wa.me/NomorTelepon?text=Ada%20yang%20Bisa%20Dibantu?”.

3. Menggunakan Situs WA.Link

Jika kamu tidak mau bersusah payah dan mau membuat link dengan cara yang lebih mudah maka kamu bisa menggunakan situs wa.link yang akan membantu kamu membuat link WA dengan otomatis. Simak langkah demi langkah nya di bawah ini.

  • Pertama kamu bisa membuka situs “wa.link” menggunakan Browser apapun.
  • Di salam form kamu bisa pilih “Kode Negara Indonesia” yaitu 62.
  • Masukan “Nomor WhatsApp” yang mau kamu gunakan. Pastikan nomor tersebut masih aktif.
  • Nah di bagian “Costumer Message” kamu bisa menambahkan “Pesan dan Emoji” yang akan di baca oleh pelanggan kamu.
  • Selanjutnya kamu bisa cek link yang kamu buat dengan klik tombol “Preview“.
  • Jika kamu rasa link yang kamu buat sudah “Sesuai” maka kamu bisa klik “generate my wa.link”.
  • Tunggu proses beberapa detik sampai selesai dan secara otomatis “Link WhatsApp” yang kamu ingin kan sudah selesai.
  • Berikutnya kamu bisa “Copy” link itu dan bagikan di manapun kamu mau.

Nah itulah cara – cara yang bisa kamu lakukan sendiri untuk membuat Link WhatApp. Sangat mudah di lakukan dan juga gratis tanpa biaya sedikitpun, apalagi link yang berhasil kamu buat tidak akan pernah kadaluarsa. Terima kasih telah menyimak artikel kami dan sampai jumpa..

Tutorial Bermanfaat Lainnya: