Tips Karier Moncer di Kantor, Langsung Naik Jabatan

Berikut ini adalah beberapa tips agar bisa memiliki karier moncer di kantor bagi para pemula alias freshgraduate agar bisa naik jabatan.

Biasanya para pemula yang baru saja lulus kuliah masih bersemangat untuk memiliki karier yang moncer di perusahaannya bekerja nanti. 

Hampir semuanya ingin punya jabatan yang mentereng dengan gaji hingga berdigit-digit banyaknya. 

Ini banyak diburu karena untuk meningkatkan status sosial yang ada di masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup. 

Karena itulah, banyak yang berlomba-lomba untuk bisa mencapai ke taraf tersebut. 

Sayangnya, karena masih pemula, umumnya masih belum tahu bagaimana caranya agar bisa punya karier yang moncer di perusahaannya bekerja. 

Ini bisa dimaklumi karena pengalaman kerjanya masih belum banyak sehingga memang pemahamannya masih terbatas. 

Karena itu, kami menghadirkan beberapa tips karier berikut ini yang pasti akan banyak membantu kinerja Anda ke depannya. 

Tips Karier Moncer

tips-karier-moncer
Pixabay
  • Punya kemampuan yang mumpuni

Kemampuan atau skill merupakan poin penting agar bisa punya karier yang moncer saat bekerja nantinya. 

Kemampuan Anda dalam bekerja pasti bakal selalu dipantau oleh atasan ataupun manajer. 

Karena itu, terus tingkatkan kemampuan dan tunjukkan jika Anda bisa bekerja secara maksimal dan baik. 

Jika perlu, tingkatkan kemampuan Anda dari banyak sumber sekaligus. 

Anda bisa mengikuti workshop, kuliah, atau kelas tambahan terkait pekerjaan yang dilakoni.

  • Karakter yang baik

Lupakan punya kemampuan genius, jika tidak memiliki karakter yang baik. 

Sudah banyak contoh seseorang gagal punya karier yang bagus karena kepribadiannya kurang baik. 

Contohnya seperti berlaku tak sopan, kebanyakan bergosip, atau menebarkan kebencian di dalam kantor. 

Kehadiran orang semacam ini, betapapun cerdasnya, akan sangat tidak disukai banyak orang. 

Ia dianggap tidak mampu menjadi bagian dari masyarakat dan akhirnya dikucilkan dari berbagai kesempatan yang datang, termasuk naik jabatan. 

  • Ikuti arahan

Dalam sebuah hierarki yang ada di kantor, kita akan punya atasan yang jabatan dan posisinya lebih tinggi. 

Saat dia memberikan sebuah instruksi, maka segera kerjakan semaksimal mungkin dan sebaik mungkin. 

Jika instruksinya kurang jelas, maka Anda bisa bertanya pada dia untuk meminta kejelasan lebih lanjut. 

Semua ini penting sebagai bagian dari diri Anda menghormati atasan. 

Jangan pernah memberikan instruksi balik kepadanya tanpa diminta. 

Kadang memang ada momen di mana kita tidak sependapat dengan dia. 

Namun, ini bukan berarti membuat kita bisa mempertanyakan segala kebijakan dan keputusan yang dia lakukan. 

Sebab, itu bukan menjadi ranah Anda dan tugas Anda adalah mematuhi instruksi dari dia.

Jangan tampil seakan menjadi lebih pintar dari atasan Anda. 

Bagaimana pun ia punya pengalaman dan ilmu yang lebih banyak di banding Anda.

  • Dekat dengan senior

Jalin kedekatan yang baik dengan para senior di tempat kerja. 

Ini bagus untuk karier Anda ke depannya karena mendapat banyak wejangan serta saran dari mereka. 

Mereka telah terjun ke bidang tersebut jauh lebih lama dari Anda. 

Karena itu, berdekatan dengan mereka bisa membuat kita tahu seluruh pengalaman dan ilmu yang mereka miliki. 

Ini menjadi kesempatan yang baik, karena Anda mendapat informasi secara cuma-cuma hanya bermodalkan kedekatan.

Ambil segala pesan positifnya, serta abaikan segala pesan negatif yang ada di dia. 

Pengaruh senior bisa membuat hidup Anda nyaman dan terjamin dari berbagai perundungan yang mungkin terjadi di kemudian hari. 

Demikian beberapa tipsnya agar karier Anda bisa moncer.

Baca Juga: