Present Continuous Tense – Pengertian, Rumus, dan Contohnya

Salah satu hal yang wajib dipelajari saat mendalami materi Bahasa Inggris adalah grammar. Dan salah satu bentuk grammar yang perlu dipelajari adalah present continuous tense, yang merupakan grammar dasar dan wajib dipahami oleh siapapun yang ingin mengerti Bahasa Inggris.

Apa sebenarnya definisi dari tense tersebut? Seperti apa contoh tense ini yang bisa membuat kamu lebih memahami grammar dalam Bahasa Inggris? Semua jawabannya sudah tertata di halaman ini. Pastikan untuk memperhatikan setiap contoh yang ada lalu coba untuk membuat kalimat sendiri.

Hal paling mendasar yang perlu dipahami mengenai tense ini adalah pengertiannya atau definition. Dengan memahami pengertiannya, kamu akan lebih mudah membayangkan seperti apa kira-kira bentuk tense tersebut. Cari tahu pengertian dan contoh tense tersebut di bawah ini.

Pengertian atau Definisi

Pengertian atau Definisi

Present continuous tense adalah suatu bentuk tense. Bentuk tense yang satu ini digunakan dengan tujuan menyatakan bahwa sesuatu sedang berlangsung selama jangka waktu tertentu. Kejadian tersebut juga sedang terjadi atau terjadi di waktu sekarang atau present.

Tense yang satu ini memperlihatkan bahwa kegiatan ini terjadi sebelum, selama, serta masih berlanjut setelah suatu kegiatan berlangsung atau setelah suatu kegiatan lain terjadi. Jadi ciri dari present continuous tense adalah adanya kata “sedang” atau “lagi”, tentunya dalam Bahasa Inggris ya.

Ada suatu rumus yang bisa membantu setiap pelajar Bahasa Inggris untuk mengenali adanya tense ini. Rumusnya adalah tambahan kata -ing di bagian akhir kata kerja. Semua bentuk kalimat, baik kalimat tanya, negatif, maupun positif akan menggunakan kata kerja dengan penambahan -ing.

Contoh Present Continuous Tense

Contoh Present Continuous Tense

Nama lain tense ini adalah present progressive tense. Nama tersebut digunakan karena tense ini bisa dipakai untuk menjelaskan adanya suatu tindakan yang bisa atau mungkin dilakukan di waktu yang akan datang. Agar lebih paham, coba lihat beberapa contoh present progressive tense di bawah ini.

1. Affirmative atau kalimat positif

Jika akan membuat kalimat positif dengan present progressive tense, maka perlu menggunakan rumus khusus. Rumus yang harus digunakan adalah subject yang diikuti dengan to be, bisa berupa am/is/are, kemudian diikuti dengan kata kerja berakhiran -ing. Lalu tambahkan keterangan lainnya.

Contoh kalimat affirmative present progressive tense atau kalimat positif
It is raining and my son is waiting for me to pick him up.
Adila is writing a letter to express her feelings to her classmate.
Aaron is dancing in the dark.
I am trying to get my math homework done.
Brittany and Bob are going to the hospital to give birth to their first baby.
The builders are leaving the project site because of the snow.
You are destroying the beautiful dress by playing in the mud.
My little girl is sleeping next to her mother in the living room.
His daddy is building this gorgeous castle for his future family.
Alexa is baking nice banana bread in the kitchen with her brother.

Semua contoh percakapan di tabel ini menunjukkan bahwa ada aksi yang sedang terjadi. Seluruh aksi tersebut menggunakan kalimat positif atau affirmative sentence. Contoh-contoh di atas terjadi hanya ketika percakapan sedang berlangsung dan bisa jadi tidak akan berlangsung untuk waktu yang lama.

2. Negative atau kalimat negatif

Present continuous tense juga bisa menggunakan kalimat yang berbentuk negatif. Rumusnya kurang lebih sama dengan kalimat positif. Kalimat negatif ini diawali dengan subject yang diikuti dengan to be yang sesuai. Lalu tambahkan kata not sebelum menggunakan verb dengan akhiran -ing.

Contoh kalimat negative present progressive tense atau kalimat negative
Cintya is not eating the burger.
Charlie is not moving the desk to the living room.
You are not dancing on the stage.
They are not reading the mystery novel.
Mom and dad are not baking their son’s wedding cake.
I am not dropping the book on the floor.
He is not going to the library with his girlfriend.
She is not crying because of her toxic boyfriend.
Dylan is not working with his father.
Debbie is not visiting his ex-boyfriend at the hospital.

Simple present continuous tense di atas menunjukkan bahwa suatu kegiatan sedang tidak terjadi ketika percakapan sedang berlangsung. Ada beberapa keterangan waktu yang bisa ditambahkan di bagian belakang setiap kalimat. Misalnya saja now, at present, at the moment, atau right now.

3. Interrogative atau kalimat tanya

Selanjutnya adalah contoh present continuous tense yang berbentuk kalimat pertanyaan atau interrogative sentence. Rumus yang digunakan untuk tense yang satu ini adalah yang paling berbeda. Gunakan to be yang diikuti dengan subject dan kata kerja dengan akhiran -ing. Contohnya adalah:

Examples of interrogative present progressive tense atau kalimat tanya
Are mom and dad visiting grandma today?
Is Esther crying in the bathroom again?
Am I eating the burger you make for mom?
Are you killing the bugs on that jasmine plant?
Is Ethan working in the library instead of in the office?
Are they stealing from the house of Mr. Edmund?
Am I carrying the right box to your bedroom?
Is she making the wedding cake I ordered?
Is he telling the truth to Mrs. Eleanor in her office?
Are you baking the right dough for the donut?

Sepuluh contoh di atas mengikuti formula yang ditetapkan untuk kalimat tanya present progressive tense. Selama kamu mengikuti rumus yang sudah ditetapkan, kamu akan bisa membuat kalimat yang tepat, baik kalimat positif, negatif, hingga kalimat tanya.

Kata Kerja yang Dilarang

Kata Kerja yang Dilarang

Memang, salah satu ciri yang menunjukkan bahwa suatu kalimat adalah present progressive tense adalah adanya kata kerja atau verb yang kemudian diikuti dengan akhiran -ing. Tapi perlu diingat bahwa tidak semua kata kerja bisa digunakan untuk tense yang satu ini.

Ada beberapa kategori kata kerja yang tidak bisa diterapkan saat membuat present progressive tense. Hal ini karena kata kerja tersebut tidak menunjukkan suatu Tindakan atau kegiatan sehingga kamu tidak bisa menambahkan -ing di bagian akhir kata tersebut.

Kata kerja yang tidak bisa ditambahkan dengan akhiran -ing merupakan kata kerja statis atau stative verbs. Ada beberapa contoh kata kerja statis yang dilarang dalam pembuatan present continuous tense, beberapa ada di bawah ini.

1. Perception and sensation

Jenis kata kerja statis yang pertama ini merupakan kata kerja yang bukan menunjukkan kegiatan tapi menunjukkan indera manusia. Contoh kata kerja yang termasuk dalam perception and sensation antara lain sound, see, smell, taste, dan hear.

2. Cognition, attitude, and emotion

Rules atau peraturan berikutnya adalah tidak boleh ada kata kerja yang akan menunjukkan sikap, emosi, serta kognisi dalam present progressive tense. Beberapa kata yang termasuk dalam jenis ini adalah disagree, agree, forget, like, doubt, adore, hate, dan love.

3. Having and being

Dalam structure present progressive tense juga tidak boleh ada kata kerja yang sifatnya menunjukkan kepemilikan. Kata kerja yang menunjukkan kepemilikan atau being and having antara lain cost, include, belong, require, have to, have, dan be. Hindari kata-kata itu saat membuat kalimat dengan tense ini.

4. Stance

Merupakan jenis kata kerja yang menunjukkan adanya suatu pendirian. Contoh kata kerja ini antara lain face, live, lie, stand, dan sit. Beberapa kata kerja tersebut tidak cocok untuk digunakan dalam present progressive tense.

Selain empat jenis utama kata kerja statis tersebut, sebenarnya masih ada lagi contoh-contoh kata kerja statis yang lainnya. Misalnya saja kata kerja seperti consist, contain, involve, contain, dan weigh. Kata-kata itu juga tidak bisa ditambah dengan akhiran -ing untuk digunakan dalam tense yang satu ini.

Variasi Penggunaan Present Continuous Tense

Variasi Penggunaan Present Continuous Tense

Selain beberapa contoh sederhana yang sudah kamu lihat sebelumnya, ada beberapa contoh lain yang perlu diperhatikan. Beberapa kalimat yang ada di tabel berikut ini menunjukkan beberapa variasi present progressive tense. Pastikan untuk mempelajarinya agar bisa membuat kalimat serupa.

1. Temporary event

Jenis kalimat yang satu ini akan menunjukkan adanya tindakan yang terjadi untuk waktu yang lebih singkat. Fungsi utama kalimat ini adalah menceritakan suatu kejadian yang berlangsung agak lama tapi sifatnya hanya sementara. Beberapa contohnya ada di tabel ini:

Contoh kalimat temporary event
She is learning a new language right now before moving to Japan next month.
He is upgrading his computer skills at present to get a job at the new company.
Mom is studying math and science now to teach kids around her house.
Dad is collecting some facts from the neighbors to show that he is not a thief. 
I am fixing the house before mom and dad visit us for Christmas.

Kejadian yang berlangsung dalam lima contoh perfect present continuous tense di atas berlangsung hingga waktu tertentu. Misalnya, pada contoh pertama, kejadian yang berlangsung akan berhenti setelah subjek pindah ke Jepang, yaitu pada bulan berikutnya.

2. A new habit or pattern

Jenis kalimat berikutnya merupakan jenis yang cukup menarik. Fungsi conversation atau kalimat ini adalah untuk menggambarkan suatu tindakan atau peristiwa baru dan berbeda. Peristiwa tersebut tidak sama dengan yang terjadi di masa lalu. Ini dia beberapa contoh kalimatnya:

Contoh kalimat new habits or patterns
These days, young people are writing text messages a lot more than they used to years ago.
People today are eating more junk food than people dozens of years ago.
Right now, girls are dressing more gorgeously and boldly than girls in the past.
At the moment, people are using less cash because of digitalization.
Today, many more people are working from home than going to the office.

Masih banyak lagi contoh present progressive tense yang sebenarnya bisa kamu pelajari. Tapi coba gunakan contoh-contoh yang sudah ada sebagai patokan untuk membuat kalimat present progressive tense sendiri. Gunakan rumus atau formula yang sudah dijelaskan.

Present continuous tense merupakan kalimat yang melibatkan kata kerja dan menggunakan akhiran -ing. Tapi perlu dipahami bahwa tidak semua kata kerja boleh dipakai dalam jenis tense ini. Cari tahu selengkapnya sebelum membuat kalimat present progressive tense sendiri.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Originally posted 2022-12-17 10:41:47.