14 Januari Memperingati Hari Apa, Cek Penjelasannya Disini!

14 Januari Memperingati Hari Apa – Bagi kamu para pecinta sejarah atau mungkin ingin tahu sejarah apa saja yang ada. Terutama peringatan pada tanggal yang akan kita bahas kali ini.

Kalau begitu kamu datang ditempat yang tepat. Karena kami akan memberikan beberapa peringatan dan juga peristiwa yang ada didunia. Tentunya akan menarik untuk kamu ketahui.

Untuk itu tanpa berlama lama lagi yuk simak beberapa penjelasan dibawah ini. Jangan lewatkan semua informasi yang ayovaksindinkeskdi.id berikan ya guys! Lets Go!!

14 Januari Memperingati Hari Layang Layang Internasional

Hari Layang Layang Internasional

Bagi kamu yang gemar memainkan layang layang, atau bahkan hobi dengan permainan tradisional yang satu ini. Maka kamu tidak boleh melewatkan informasi yang kami berikan satu ini.

Sebab ini merupakan sejarah penting bagi kamu yang merupakan seorang penghobi main layang layang. Karena banyak yang betanya mengenai tanggal 14 januari memperingati hari apa? Yakni memperingati Hari Layang Layang.

Hari Layang Layang Internasional diperingati ditanggal 14 januari disetiap tahunnya. Yang dimana layang layang ini merupakan salah satu permainan tradisional yang telah dikenal sejak lama.

Bahkan disetiap daerah bahkan negara memiliki beragam jenis ciri khas layang layang nya sendiri. Tetapi taukah kamu bahwa sebenarnya pada waktu itu layang layang hanya dimainkan oleh orang kaya atau bangsawan loh.

Walaupun sekarang ini sudah banyak berbagai kalangan memainkannya dan banyak sekali festival yang diadakan. Namun tetap saja disebagian negara layang layang merupakan permainan sakral tahunan.

Awalnya peringatan ini dibuat oleh negara bagian india. Yakni Gujarat, yang dimana pada saat itu ada banyak sekali warganya yang memainkan layang layang miliknya.

Bahkan ada lomba atau festival kecantikan layanglayang. Yang rupanya tidak hanya berbentuk seperti segitiga atau sejenisnya saja. Namun banyak sekali bentuk serta warna dan tambahan tambahan lainnya.

Dan biasanya festival besar akan diadakan pada awal musim panas dan menjelang akhir musim panas. Yang dimana musim tersebut dipilih karena mampu terbang menggunakan angin yang cukup.

14 Januari Memperingati Hari Pertempuran Kumai Indonesia

Hari Pertempuran Kumai Indonesia

14 januari memperingati hari apa lagi ya? Mungkin beberapa dari kamu banyak yang belum mengetahui akan peringatan yang satu ini. Dan sebagiannya lagi mungkin merupakan warga penduduk atau keluarga dari kalimantan.

Pertempuran Kumai Yang dimana ini merupakan salah satu peringatan dan juga sejarah peperangan yang terjadi sebelum meraih kemerdekaan.

Peristiwa ini merupakan sebuah pertikaian diantara pemerintahan RI dengan tentara kerjaan hindia belanda. Dalam upaya melawan milisi indonesia dikota kumai, kalimantan tengah.

Milisi indonesia sendiri banyak yang merupakan pemuda, tentara indonesia yang baru dibentuk. Serta ulama islam bersenjata yang dikenal sebagai barisan ulama atau barisan berjenggot.

Dalam pertikaian ini pihak indonesia melawan konvoi bersenjata yang berniat untuk mendarat dipelabuhan. Pesitiwa tersebut terjadi cukup menegangkan dan tercatat dibuku sejarah sebagai pertempuran 14 januari 1946.

Setidaknya ada 50 korban tewas dari hindia belanda, dan juga dari pihak indonesia sendiri memakan korban 21 meninggal dunia. Tetapi hasil dari pertempuran tersebut berhasil dimenangkan oleh yang kami sebutkan tadi.

Peristiwa & Sejarah 14 Januari Lainnya Yang Menarik Untuk Kamu Ketahui

Bukan hanya sebuah peringatan saja, namun kamu akan mendapatkan beberapa informasi seputar sejarah dunia. Yang dimana kami rangkum dalam daftar peristiwa lainnya yang terjadi 14 januari. Berikut beberapa diantaranya!

14 Januari Memperingati Hari Klarinet

Pecinta kartun spongebob pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya klarinet. Yang dimana kerap digunakan oleh salah satu tokoh yang ada didalamnya.

Ya kamu benar sekali klarinet adalah instrumen musik dari keluarga woodwind. Nama dari benda ini diambil dari penambahan akhiran “et” yang memiliki arti kecil. Dan “Clarino” yang berarti trompet.

Sejarahnya adalah pada tanggal 14 januari 1690 merupakan sejarah menarik bagi penggunanya. Yang dimana pada tanggal tersebut merupakan pertama kalinya alat musik tersebut diciptakan di Nuremberg, jerman.

14 Januari 1784 Perang Revolusi Amerika Serikat

Perang Revolusi Amerika Serikat

Peristiwa dan sejarah yang kali ini juga bisa menjawab salah satu pertanyaan dari 14 januari memperingati hari apa. Sebab pada tanggal ini diperingati sebagai Hari Ratifikasi Kongres AS Perjanjian Paris dengan Inggris.

Perang revolusi sendiri berawal dari sebuah perang antara kerajaan britania raya dan amerika serikat. Perang yang satu ini hasilnya dimenangkan oleh amerika serikat.

Dan perang tersebut berlangsung dengan kurun waktu yang cukup lama. Yakni dari tahun 1773 – 1783. Setelah perang dimenangi oleh amerika serikat. Tercipta lah Perjanjian Paris pada tanggal 14 januari ditahun berikutnya.

Isi dari perjanjian tersebut adalah bukti perjanjian bahwa pihak yang terkait sudah mengakhiri masa perangnya.

14 Januari Memperingati Hari Perang Kemerdekaan Yunani

14 Januari Memperingati Hari Perang Kemerdekaan Yunani

Selain itu kami ada informasi lainnya yang berasal dari wilayah yunani. Yakni terkait perang kemerdekaan yang berlangsung. Yang dimana peristiwa tersebut dikenal perebutan Acrocorinth oleh Theodoros Kolokotronis dan Demetrios Ypsilantis.

Perang kemerdekaan yunani ini sendiri berlangsung selama 1821 sampai dengan 1829. Perang ini dilancarkan oleh yunani untuk memperoleh kemerdekaan dari kesultanan Utsmaniyah.

Tetapi walaupun perang ini berlangsung cukup lama dan merupakan tragedi panjang berdarah. Namun hasilnya yunani dengan dibantu oleh britania raya, prancis, dan kekaisaran rusia merdeka melalui perjanjian konstantinopel.

14 Januari 1858 Kaisar Prancis Napoleon III

Kaisar Prancis Napoleon III

Pada tanggal ini juga merupakan tanggal yang bersejarah, dan banyak dikenal oleh negara lain. Sebab kaisar prancis yang saat itu Napoleon III berhasil lolos dari percobaan pembunuhan terhadapnya.

14 Januari 1907 Gempa Bumi Tektonik Kingston, Jamaika

Gempa Bumi Tektonik Kingston, Jamaika

Kejadian kelam mengharukan pernah terjadi ditanggal ini. Yang dimana telah terjadi gempa bumi tektonik yang sangat dahsyat terjadi di kingston, jamaika. Beberapa bagian wilayah yang terdampak mengalami kerusakan parah.

Dan bahkan tercatat pada bencan alam tersebut telah memakan korban jiwa yang cukup banyak. Yakni mencapai 1.000 orang meninggal dunia akibat gempa bumi tektonik tersebut.

14 Januari 2000 Pengadilan PBB Atas 5 Orang Kroasia-Bosnia

Pengadilan PBB Atas 5 Orang Kroasia-Bosnia

Kejadian ini juga cukup membuat berita dunia menyoroti peristiwanya. Sebab 5 orang tersebut telah melakukan pembantaian terhadap lebih dari 100 muslin disebuah desa di Bosnia Herzgovina pada 1993.

14 Januari Memperingati Hari Penyerangan Hotel Serena

14 Januari Memperingati Hari 
 Penyerangan Hotel Serena

Mungkin beberapa dari kamu pernah mendengar berita yang satu ini. Ya kejadian ini terjadi ditahun 2008 lalu. Dimana pada peristiwa tersebut adlaah penyerangan yang terjadi diwilayah Kabul, Afganistan.

Serangan tersebut berfokus kepusat pelatihan Gym dan juga Spa di hotel serena. Setidaknya terdapat 6 korban meninggal dunia. Dan 6 lagi mengalami luka luka. DIketahui pelaku tersebut bernama Taliban yang merupakan sebuah organisasi.

14 Januari 2016 Teror Bom Sarinah

Teror Bom Sarinah

Ya kejadian yang satu ini terjadi diindonesia, dan sempat menjadi berita viral dalam negeri. Mungkin sebagian besar dari kamu pernah mendengar berita menegangkan yang satu ini.

Pada tanggal 14 januari 2016, telah terjadi teror bom yang berlangsung didepan gedung sarinah. Yakni di jalan MH Tamrin. Kejadian tersebut disertai adu tembak antara terduga teroris dan aparat kepolisian.

Pada kejadian tersebut ada sekitar 7 orang meninggal dunia.

Dengan demikian selesailah pembahasan berita mengenai 14 januari memperingati hari apa dan sejarah yang pernah terjadi di tanggal ini.

Baca Juga :