19 Desember Memperingati Hari Apa, Yuk Simak Penjelasannya!

19 Desember Memperingati Hari Apa – Ada beberapa peringatan pada tanggal ini dan juga ada beberapa peristiwa didunia. Dan tentu saja menarik untuk kalian ketahui adanya.

Tanggal 19 Desember merupakan hari ke-353 dan merupakan hari ke-354 dalam tahun kabisat. Tanggal ini juga merupakan 12 hari menjelang akhir tahun dan 16 hari menjelang hari raya natal.

Dari beberapa tanggal yang ada dikalender, apakah kalian ketahui bahwa tanggal yang satu ini ada beberapa peristiwa sejarahnya. Untuk menambah informasi persejarahan yuk simak point point dibawah ini.

19 Desember Memperingati Hari Bela Negara

Hari Bela Negara

Penetapan 19 Desember sebagai Hari Bela Negara tentu saja dilatar belakangi dengan alasan kuat. Yakni telah terjadinya Agresi Militer Belanda II pada tanggal 19 Desember 1948.

Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundungan dan petinggi suatu negara. Yang dimana tentang patriotisme seseorang, kelompok, atau seluruh komponenn dari suatu negara.

Tentu saja dalam hal ini merupakan suatu kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut. Atau dapat diartikan sebagai usaha pertahanan mendhadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam negara tersebut.

Sedangkan secara Non-fisik, Bela Negara diartikan sebagai upaya untuk ikut serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dari negara. Yang dimana pada tanggal 19 Desember ini diperingati dan dirayakan untuk negara indonesia.

Yang dimana hari bela negara ini juga sebagai upaya meningkatkan pendidikan, moral, dan sosial. Ataupun juga untuk meningkatkan kesejahteraan orang atau pihak-pihak yang menyusun bahasa tersebut.

Adapun landasan konsep bela negara adalah adanya wajib militer. Subjek dari konsep ini adalah mliter atau tentara ataupun juga perangkat pertahanan negara lainnya.

Wajib militer di beberapa negara seperti israel, iran, dan singapura memberlakukan wajib militer bagi warganya yang memenuhi syarat. Namun diindonesia sendiri belum ada peraturan yang memberlakukan wajib militer di negranya.

Namun tidak menutup kemungkinan pemerintahan indonesian memberlakukan wajib militer disituasi tertentu. Seperti dihadapkan pada krisis selama masa perang.

Hari bela negara ini ditetepkan sebagai upaya kesadaran masyarakat dalam membela negaranya. Dan juga sebagai wawasan kebangsaan serta nilai-nilai luhur bangsa indonesia dalam persatuan dan kesatuan bangsa.

19 Desember Memperingati Hari Operasi Trikora

Hari Operasi Trikora

Tidak hanya hari bela negara saja yang ada diindonesia dan dirayakan pada tanggal yang sama. Yakni tanggal 19 Desember disetiap tahunnya. Namun ada lagi yang menjadi jawaban dari 19 Desember Memperingati Hari Apa.

Hari Operasi Trikora ditetapkan oleh bangsa indonesia pada tanggal 19 Desember. Trikora sendiri memiliki arti yakni Tri Komando Rakyat. Yang memiliki arti sebagai operasi militer yang dilancarkan indonesia untuk melawan pendudukan belanda.

Pada operasi militer tersebut terjadi diirian jaya atau wilayah papua diindonesia. Operasi ini dimulai pada bulan desember ditahun 1961. Dan berakhir pada bulan agustus tahun 1962 diakhiri pendudukan militer indonesia terhadap irian.

Sejarah dimulainya operasi adalah pada tanggal 19 Desember 1961. Yang dimana Soekarno sebagai presiden indonesia mengumumkan untuk pelaksanaan Trikora di alun alun utara yogyakarta.

Pada saat itu soekarno juga membentuk komando mandala, Dan disaat itu Mayor Jenderak Soeharto diangkat sebagai panglima. Tugas komando ini adalah sebagai langkah operasi militer menggabungkan irian barat dengan indonesia.

Peristiwa Lainnya 19 Desember Memperingati Hari Apa

Selain dari peringatan diatas, ada beberapa informasi tambahan bagi kalian semua tentang sejarah dunia. Yang peristiwa sejarah tersebut terjadi pada tanggal yang sama di 19 Desember. Untuk itu yuk simak bersama penjelasannya!

19 Desember 1911 Roald Amundsen – Kutub Selatan

19 Desember 1911 Roald Amundsen - Kutub Selatan

Masih banyak yang belum mengetahui tentang sejarah dunia yang satu ini. Dan juga menjadi perisitwa yang sempat menjadi peristiwa pertama kalinya didunia.

Roald Amundsen dan rekan rekannya menjadi orang pertama yang mencapai kutub utara. Yang juga tercatat sebagai manusia satu satunya yang berhasil mengirimkan ekspedisi kekutub selatan.

Roald Engrlbregt Gravning Amundsen adalah seorang penjelajah wilayah kutub yang berkebangsaan Norwegia. Ia juga sempat terkenal karena memimpin ekspedisi Antartika pertama untuk kutub selatan.

Namun sangat disayangkan pada salah satu penjelajahannya membuat ia harus hilang. Dan sampai saat ini masih belum diketahui keberadaannya sejak juni tahun 1928 lalu dalam misi penyelamatan Laut Barents.

19 Desember 1927 Wilayah Yogyakarta

Wilayah Yogyakarta

Pada tanggal ini juga menjadi peristiwa sejarah terutama bagi masyarakat indonesia khusunya Yogyakarta. Yang dimana pada tanggal tersebut wilayah yogyakarta ditingkatkan status administratifnya.

Sebelumnya status administratif wilayah yogyakarta adalah sebagai karesidenan. Namun pada tanggal tersebut pemerintahan indonesia resmi meningkatkan menjadi provinsi.

Dengan begitu secara otomatis status pemegang kuasa wilayah yogyakarta adalah Gubernur. Yang dimana penguasa tertinggi wilayah yogyakarta adalah Gubernur hingga saat ini.

19 Desember 1948 Pemerintahan Darurat Republik Indonesia

Pemerintahan Darurat Republik Indonesia

Banyak yang masih belum mengetahui akan hal ini, padahal ini merupakan peristiwa penting bagi bangsa indonesia. Yang dimana setelah kemerdekaan indonesia pada 17 agustus 1945 masih harus melawan penjajah.

Bagi yang belum mengetahui apa itu pemerintahan darurat indonesia. Dan siapa siapa saja petinggi penting indonesia yang ditangkap kembali oleh para militer belanda.

Jadi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) adalah penyelenggara pemerintahan republik indonesia. Yang dipimpin langsung oleh Syarifuddin Prawiranegara yang disebut juga sebagai kabinet darurat.

Pada tanggal 19 Desember 1948 Soekarno dan Hatta ditangkap oleh pihak belanda. Sebelumnya mereka sempat mengadakan rapat dan memberikan mandat kepada Syarifuddin Prawinegara untuk membentuk pemerintahan sementara.

19 Desember 1984 Deklarasi Bersama Tiongkok-Britania

Deklarasi Bersama Tiongkok-Britania

Hari bersejarah lainnya yang juga menjadi jawaban dari 19 Desember Memperingati Hari Apa. Kali ini datang dari negara republik tiongkok yang dimana sebagai salah satu upaya bagi kedaulatan negaranya.

Pada saat itu Republok Rakyat Tiongkok Dan juga Britania Raya menandatangani Deklarasi Bersama Tiongkok-Britania. Dalam deklarasi tersebut berisi sebuah persetujuan perpindahan kedaulatan hongkong kepada tiongkok.

Perdana Menteri RRT (Republik Rakyat Tiongkok) dan pemerintah Britania adalah kedua belah pihak yang menandatangani deklarasi tersebut. Namun deklarasi tersebut baru berlaku pada 27 Mei 1985 dengan pertukaran dokumen ratifikasi.

19 Desember 1997 Pesawat Silkair Ml 185 Jatuh Disekitaran Palembang

Pesawat Silkair Ml 185 Jatuh Disekitaran Palembang

Peristiwa sejarah lainnya terjadi didunia penerbangan, dan peristiwa tersebut terjadi diwilayah indonesia. Sebuah pesawat milik Silkair dengan nomor penerbangan Ml 185 tujuan jakarta-singapura jatuh.

SilkAir 185 adalah layanan penerbangan komersial rutin dari bandara internasional Soekarno Hatta, Jakarta, Indonesia. Ketujuan Bandara Changi, Singapura.

Namun tepatnya pada tanggal 19 Desember 1997 sekitar pukul 16:13 WIB. Pesawat Boeing 737-300 yang melayani rute tersebut mengalami kecelakaan dan jatuh diatas sungai musi, palembang, sumatera selatan.

Dalam kejadian tersebut seluruh penumpang berjumlah 104 orang yang ada didalamnya tewas meninggal dunia. Korban tersebut diantaranya 97 penumpang dan 7 awak kabin termasuk Pilot Tsu Way Ming dan kopilot Duncan Ward.

Baca Juga :